Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WIDDHI BAGUS PANGESTI, 2501404040 Peranan Padepokan Seni Murni Asih terhadap Kelompok Musikalisasi Puisi yang Berkembang di Kota Kudus.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WIDDHI BAGUS PANGESTI, 2501404040 Peranan Padepokan Seni Murni Asih terhadap Kelompok Musikalisasi Puisi yang Berkembang di Kota Kudus."— Transcript presentasi:

1 WIDDHI BAGUS PANGESTI, Peranan Padepokan Seni Murni Asih terhadap Kelompok Musikalisasi Puisi yang Berkembang di Kota Kudus

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : WIDDHI BAGUS PANGESTI - NIM : PRODI : Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Pendidikan Seni Musik) - JURUSAN : Seni Drama, Tari, dan Musik - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - wids_x pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Wadiyo, M.Si - PEMBIMBING 2 : Drs. Bagus Susetyo, M.Hum - TGL UJIAN :

3 Judul Peranan Padepokan Seni Murni Asih terhadap Kelompok Musikalisasi Puisi yang Berkembang di Kota Kudus

4 Abstrak Latar belakang dalam penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di Padepokan Seni Murni Asih (PaSMA). Setiap malam sabtu pahing padepokan tersebut selalu diadakan pentas kesenian yang berwujud musikalisasi puisi, teater, pembacaan puisi, dan lain sebagainya. Selain itu PaSMA sering digunakan sebagai tempat untuk pertemuan dan juga sebagai tempat untuk latihan dari segala komunitas seni. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peranan PaSMA terhadap kelompok musikalisasi puisi yang berkembang di kota Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peranan PaSMA terhadap kelompok musikalisasi puisi yang berkembang di kota Kudus. etode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang memberikan gambaran data-data yang menggambarkan atau menguraikan tentang hal-hal yang berhubungan dengan keadaan. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik interaktif dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peranan PaSMA terhadap kelompok Musikalisasi Puisi yang berkembang di kota Kudus meliputi peranan anggota organisasi yang terdiri atas ketua, sekretaris, bendahara dan anggota. Selain itu tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap dan mendukung berkembangnya Musikalisasi Puisi seperti fasilitas PaSMA yang meliputi tempat pertemuan; ruang latihan; tempat pementasan; tata busana dan tata rias, metode pembelajaran dan materi pembelajaran di Padepokan Seni Murni Asih (PaSMA). Kesimpulan yang dapat diambil adalah peranan ketua, sekertaris, bendahara dan anggota sangat terkait dan tidak dapat dipisahkan, sarannya adalah agar para anggota PaSMA dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan peranannya dalam mensikapi adanya kesenian Musikalisasi Puisi yang ada di Kudus.

5 Kata Kunci Padepokan Seni Murni Asih (PaSMA), Musikalisasi Puisi

6 Referensi Arikunto, S Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Asih, Murni Padepokan Seni Murni Asih (PaSMA) Tradisional Art Centre. Kudus Aji Pengertian Musikalisasi Puisi. Berlo Pengertian Tentang Peran. Gerna Pengertian Tentang Peran. Gunawan Ekspresi Musik. Hadi, Gunawan Pelajaran Seni Musik. Surakarta: Widya Duta. Hari Musikalisasi Puisi. Hardjana, Estetika Musik. Jakarta : Dirjen Dikdasmen. Ibrahim Drama dalam Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikdasmen. Jamalus Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: CV. Rajawali. M, Miller Hugh Intruduktion to Music: a Guide to Good Listening. Yogyakarta: Yayasan Lentera Budaya. Moleong, J. Lexy Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Depdikbud. Moleong, J. Lexy Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Ganes Exsact- Bandung. Nasution Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito. Pradopo Definisi Tentang Puisi dan Unsur-Unsurnya. Rahman, Maman Strategi dan Langkah-Langkah Penelitian. Semarang : IKIP Press. Rohidi, T. R Pendekatan Sistem Sosial Budaya dalam Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press. Rochaeni Seni Musik III. Bandung: Ganesa Exact. Sedyawati, Edi Pertumbuhan Seni Pertujukan. Jakarta : Sinar Harapan. Shahnon, Ahmad Puisiku. Singarinbun, Masri Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES. Soekanto Pengertian Tentang Peranan. Soenarko Seni Musik. The Liang Gie, Garis-Garis Besar Estetika (Filsafat Keindahan). Yogyakarta : Karya POP 6.

7 Terima Kasih


Download ppt "WIDDHI BAGUS PANGESTI, 2501404040 Peranan Padepokan Seni Murni Asih terhadap Kelompok Musikalisasi Puisi yang Berkembang di Kota Kudus."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google