Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AMERIKA. Disusun oleh : 1.DEWI ALFIATUS SYAROFAH (09) 2.NING ANIK MUSYAROFAH(25) 3.BELINDA REGITA AMELIA(06) 4.BHENNETA BELA AMELIA(07)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AMERIKA. Disusun oleh : 1.DEWI ALFIATUS SYAROFAH (09) 2.NING ANIK MUSYAROFAH(25) 3.BELINDA REGITA AMELIA(06) 4.BHENNETA BELA AMELIA(07)"— Transcript presentasi:

1 AMERIKA

2 Disusun oleh : 1.DEWI ALFIATUS SYAROFAH (09) 2.NING ANIK MUSYAROFAH(25) 3.BELINDA REGITA AMELIA(06) 4.BHENNETA BELA AMELIA(07)

3 PETA KONSEP AMERIKA SERIKAT BENTANG ALAMBENTANG BUDAYA LETAKIKLIMKEADAAN ALAM PENDUDUKPEREKONOMIANINDUSTRIKERJASAMA DENGAN INDONESIA KEUNIKAN …,,,

4 LETAK ASTRONOMIS DAN LETAK GEOGRAFIS Letak astronomis Amerika adalah 24 derajat 33` LU - 70 derajat 23` dan 172 derajat BT - 66 derajat BT. Letak geografisnya berada di benua amerika utara bagian tengah

5 Batas batas negara Amerika Serikat: Sebelah Utara: Kanada Sebelah Timur: Lautan Atlantik Sebelah Selatan: Mexico dan Kuba Sebelah Barat: Lautan Pasifik Letak Benua Amerika : 35 BB- 170BB dan 83 LU- 55 LS Luas Benua Amerika : km/segi

6 IKLIM Iklim laut terdapat di daerah pantai bagian Barat Iklim gurun terdapat didaerah dataran tinggi Colorado Iklim subtropis terdapat di daerah pantai Barat bagian Selatan Iklim laut tropis terdapat didaerah bagian Timur, semenanjung Florida dan kepulauan Hawai Iklim dingin terdapat di bagian Utara

7 KEADAAN ALAM 1. Mempunyai laut dan teluk: 1.laut Pasifik di bagian Barat 2.laut Atlantik di bagian Timur dan 3.teluk Mexico di bagian Selatan 2. Mempunyai beberapa gunung dan pegunungan: 1.gunung Whitney (4418 m) 2.gunung Haggin (3233 m) 3.gunung Shasta (4374 m) 4.pegunungan Rocky membujur di bagian Barat, dan 5.pegunungan Appalachia membujur di bagian Timur.

8 PENDUDUK Penduduk asli Amerika adalah suku India dan Eskimo dan penduduk pendatangnya sebagian besar dari negara bagian Utara. Setelah Amerika menjadi negara maju banyak penduduk pendatang yang mendiami Amerika yang sebagian besar berkerja tetap di sana.

9 Penduduk menjadi faktor penting yang membuat Amerika menjadi negara maju, yaitu: 1.Kuantitas Penduduk : - Pertumbuhan penduduk negara ini adalah 0,6% setiap tahunnya - Sebagian besar penduduknya tinggal di wilayah perkotaan - Komposisi penduduknya termasuk dalam kategori stasioner.

10 Penduduk menjadi faktor penting yang membuat Amerika menjadi negara maju, yaitu: 2.Kualitas penduduk: - Pendidikan penduduknya sebagian besar sudah tamat SLTA - Angka harapan penduduknya adalah 77 tahun - Penduduknya mempunyai pendapatan perkapita US $

11 PEREKONOMIAN Mata pencaharian penduduk Amerika sebagian besar pada sektor Industri 1.Pertanian Sektor pertanian sudah dikerjakan dengan menggunakan teknologi yang sangat maju. Daerah pertaniannya meliputi: a. Kapas terdapat di Texas, Arizona, Oklahoma, dan Nevada. b. Buah-buahan terdapat di California c. Padi di Lousianan d. Jeruk sitrun di Texas. e. Tebu di sepanjang Teluk Mexico

12 2. Pertambangan a. Daerah pertambangan meliputi: - Batubara terdapat di Appalachia. - Biji besi terdapat di dekat D. Superior - Molibdenum (bahan campuran untuk membuat baja liat) terbesar di dunia. - Minyak bumi di Texas, lousiana,California dan Oklahoma. 3. Industri a. Daerah industri meliputi - Besi baja di Pittasburgh - Mobil di Michigan, Indiana, dan Ohio. - Pesawat terbang di Los Angeles. - Tekstil di California dan Georgia.

13 Sejak Menteri Luar Negeri Clinton mengunjungi Indonesia pada 2009 dalam lawatan luar negeri pertamanya sebagai menteri luar negeri dan dua tahun setelah peluncuran Kemitraan Komprehensif, hubungan Amerika Serikat-Indonesia belum pernah sekuat ini. Komitmen Presiden Obama dan President Yudhoyono dalam meningkatkan hubungan bilateral dengan mengintensifkan konsultasi dan mengembangkan kebiasaan kerja sama meletakkan dasar bagi kemitraan yang secara strategis vital antara negara demokrasi terbesar pertama dan kedua tersebut. Menteri Luar Negeri AS dan Menteri Luar Negeri RI mengetuai bersama Komisi Gabungan untuk memastikan terciptanya momentum berkelanjutan dalam menjaga kemitraan. Beberapa pencapaian yang patut dicatat adalah:

14 1. KERJA SAMA GLOBAL DAN REGIONAL a)AS dan Indonesia bekerja sama erat dalam lembaga-lembaga multilateral, termasuk ASEAN Regional Forum/Forum Regional ASEAN (ARF) dan East Asia Summit/KTT Asia Timur (EAS). Keputusan AS untuk bergabung di EAS dan partisipasi Presiden Obama menunjukkan komitmen AS dalam memperdalam keterlibatannya di kawasan Asia-Pasifik.

15 1. KERJA SAMA GLOBAL DAN REGIONAL b)Di bawah keketuaan Indonesia di ASEAN selama tahun 2011, Indonesia bekerja sama dengan Amerika Serikat serta negara pemilik senjata nuklir (P5) lainnya untuk menangani berbagai permasalahan yang belum teratasi, yang telah menghambat P5 dalam menandatangani Protokol untuk Traktat Zona Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara/Protocol to Asia Nuclear-Weapon-Free Zone (SEANWFZ) Treaty. Perundingan sukses diakhiri pada EAS bulan November 2011.

16 2.EKONOMI, PERDAGANGAN DAN INVESTASI Indonesia akan menjadi tuan rumah Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) pada tahun AS berkomitmen untuk mendukung tahun ketuanrumahan Indonesia, mempererat kerja sama dengan APEC, serta membangun dari momentum tahun keketuaan AS yang kuat pada 2011 lalu. Nota Kesepahaman Infrastruktur AS-Indonesia yang ditandatangani pada 8 Agustus 2012 akan mendukung kerjasama bilateral yang lebih luas dan proyek-proyek infrastruktur.

17 3. PENDIDIKAN Jumlah visa AS yang dikeluarkan bagi siswa Indonesia telah meningkat sebesar 25% selama dua tahun belakangan. Kedua pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan jumlah siswa yang belajar di negara satu dan lainmua selama lima tahun kedepan. Program pascasarjana USAID memberikan $20 juta dalam bentuk beasiswa bagi siswa Indonesia untuk belajar di Amerika Serikat dan di Indonesia. Perluasan program pendidikan dasar USAID akan memberikan $83 juta untuk pelatihan guru serta pengembangan strategi program membaca tingkat awal.

18 4. PEMBANGUNAN Pada 2010, program United States Peace Corps di Indonesia dibuka kembali dan kini telah memiliki 63 sukarelawan di Jawa Timur dan tiga di Jawa Barat. Tahun depan, Peace Corps akan menempatkan 40 sukarelawan baru di Jawa Timur dan 20 lainnya di Jawa Barat. Kemitraan Mobile Money USAID akan segera memberikan jasa perbankan melalui telepon seluler dan perangkat bergerak lainnya bagi penduduk desa. OPIC meluncurkan fasilitas kredit kedua bernilai $20 juta untuk mendukung lembaga keuangan mikro.

19 5. IKLIM, LINGKUNGAN, DAN ENERGI Melalui project Indonesia Clean Energy Development senilai $16 juta, USAID membantu Indonesia dalam mengembangkan pasokan energi domestiknya serta memenuhi komitmennya dalam mengurangi emisi gas rumah kaca di sektor energi dan transportasi. Prakarsa “Kesejahteraan Hijau” MCC akan meningkatkan investasi sektor swasta dalam mendukung strategi pertumbuhan hijau Indonesia.

20 KEUNIKAN DARI AMERIKA SERIKAT Banyak fenomena yang unik di amerika yang sangat berbeda dengan yang ada di Indonesia. Antara lain: 1.Penghormatan terhadap pejalan kaki 2.Sepeda kendaraan utama 3.Penjadwalan dan Tepat Waktu 4.Green Live 5.Tidak ada Strata Sosial

21

22 PEMBAHASAN kerjasama bilateral : hubungan kerja sama hanya antar dua negara. kerjasama regional : hubungan kerja sama antar negara yang berada di satu regional semisal ASEAN, hubungan antara negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. multilateral : hubungan kerja sama antara lebih dari dua negara. semisal OPEC. Kemitraan Komprehensif artinya menempatkan negara Indonesia menjadi negara bagian atau negara jajahan Amerika


Download ppt "AMERIKA. Disusun oleh : 1.DEWI ALFIATUS SYAROFAH (09) 2.NING ANIK MUSYAROFAH(25) 3.BELINDA REGITA AMELIA(06) 4.BHENNETA BELA AMELIA(07)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google