Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Suatu kerjasama ekonomi yang dilakukan antara suatu negara dengan negara lain.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Suatu kerjasama ekonomi yang dilakukan antara suatu negara dengan negara lain."— Transcript presentasi:

1 Suatu kerjasama ekonomi yang dilakukan antara suatu negara dengan negara lain

2  Mencukupi kebutuhan dalam negeri  Meningkatkan produktivitas dala negeri  Memperluas lapangan kerja  Meningkatkan pendapatan negara melalui ekspor  Memperkuat rasa persahabatan

3  Berdasarkan letak geografis  Regional : kawasan tertentu  Antar regional : dua kawasan/lebih  Internasional : seluruh dunia  Berdasarkan jumlah anggota  Bilateral : 2 negara  Multilateral : lebih dari 2 negara

4  hanya melibatkan dua negara  Hubungan kerja sama bilateral umumnya bersifat dinamis atau mudah menyesuaikan diri dengan kebutuhan bersama yang dihadapi dan meliputi berbagai bidang.

5  Organisasi Multilateral Regional adalah organisasi kerjasama ekonomi  perdagangan yang anggotanya terdiri dari beberapa negara. Keanggotaan dalam organisasi in bisa karena kedekatan wilayah geografis.

6  ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 berdasarkan Bangkok Declaration atas prakarsa lima nagara, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand dan Singapura.  Tujuan dibentuknya ASEAN adalah meningkatkan kerjasama ekonomi, perdagangan, dan sosial budaya, antar negara-negara Asia Tenggara.

7  Organisasi kerjasama ekonomi yang anggotanya terdiri dari sepuluh negara Asean, yaitu : Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Philipina, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar.  Pada tahun 2003 seluruh negara ASEAN melakukan perdagangan bebas, arus perdagangan, uang pembayaran dan faktor penunjang lainya bebas keluar masuk dalam wilayah ASEAN, hanya dengan hambatan 0 % - 5 % dan tidak ada lagi hambatan non tarif.

8  APEC adalah organisasi kerjasama ekonomi regional di kawasan Asia Pasific yang anggotanya berjumlah 18 negara  Gagasan pertama terbentuknya APEC diusulkan oleh PM Australia dan PM Jepang dalam forum kerjasama ekonomi Asia Pasific di Australia tahun 1989.

9  Tujuan pokok APEC adalah melakukan liberalisasi perdagangan dan investasi, serta meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam dan kualitas sumber daya manusia untuk meningkatkan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik.  Untuk mencapai tujuan tersebut APEC telah menyusun agenda liberalisasi secara bertahap, yaitu : 1. tahun 2010, liberalisasi perdagangan dan investasi di antara negara industri maju di kawasan Asia Pasifik, 2. tahun 2020, liberalisasi perdagangan dan investasi di antara negara di kawasan Asia Pasifik.

10  Merupakan perhimpunan yang didirikan tahun 1958 berdasarkan perjanjian Roma, Italia.  Tujuan EEC adalah untuk menyusun politik perdagangan bersama dan mendirikan daerah perdagangan bebas antar negara-negara Eropa barat.  Di dalam EEC tersebut terdapat perlakukan diskriminatif terhadap negara luar anggota terutama di bidang produk pertanian. European Economic Community merupakan embrio atau cikal bakal dari Uni Eropa.

11  Merupakan blok perdagangan yang bersifat eksklusif di kawasan Amerika Utara (USA, Kanada, Meksiko).  Beberapa alasan penting dibentuknya NAFTA adalah : 1. Adanya perubahan global baik ekonomi, perdagangan dan informasi. 2. Perubahan internal, yaitu kemajuan ekonomi negara-negara anggota. 3. Hasil kerjasama blok lainnya yang kurang menggembirakan. 4. Menggalang persatuan regional untuk meningkatkan posisi dan daya saing dan memperkecil defisit perdagangan negara anggota.  Merupakan blok perdagangan yang bersifat eksklusif di kawasan Amerika Utara (USA, Kanada, Meksiko).  Beberapa alasan penting dibentuknya NAFTA adalah : 1. Adanya perubahan global baik ekonomi, perdagangan dan informasi. 2. Perubahan internal, yaitu kemajuan ekonomi negara-negara anggota. 3. Hasil kerjasama blok lainnya yang kurang menggembirakan. 4. Menggalang persatuan regional untuk meningkatkan posisi dan daya saing dan memperkecil defisit perdagangan negara anggota.

12  Organisasi multilateral internasional adalah organisasi kerjasama perdagangan internasional yang anggotanya terdiri dari hampir seluruh negara di dunia. Contohnya GATT/WTO, UNCTAD, dan lainya.

13  Merupakan organisasi internasional mengenai persetujuan umum tentang tarif dan perdagangan yang didirikan berdasarkan Havana Charter pada tahun  Tujuan dari organisasi ini adalah meningkatkan arus perdagangan internasional (perdagangan bebas)

14  Organisasi ini didirikan pada tahun 1960 oleh negara- negara pengekspor minyak untuk mengatur pemasaran minyak bumi dengan cara menetapkan harga yang seragam.  Anggota OPEC antara lain Iirak, Iran, Uni Emirat Arab, Qatar, Libia, Nigeria, Venezuela, dan Indonesia.  Saat ini pengendalian harga ditempuh dengan cara menetapkan jatah produksi atau quota produksi.

15  Merupakan organisasi yang terdiri dari para produsen dan konsumen timah.  Produsen timah di ataranya adalah Malaysia, Indonesia, Australia, Bolivia, Zaire, dan Nigeria. Sedangkan negara- negara konsumen terdiri dari 22 negara termasuk Amerika Serikat, Jepang, Jerman, dan lain-lain.  Organisasi ini mencoba untuk menstabilkan harga, penawaran dan permintaan timah dunia.

16  IBRD atau Bank Dunia, yaitu lembaga ini didirikan pada tanggal 27 Desember 1945 dan berkedudukan di Washington, USA.  Indonesia menjadi anggota IBRD tahun  Tujuan dibentuk IBRD adalah memberikan pinjaman dengan bunga relatif murah kepada berbagai negara untuk mendorong pembangunan ekonomi, namun tetap berdasarkan profit oriented.

17  IMF atau Dana Moneter Internasional didirikan tanggal 27 September  Tujuan pokok IMF adalah ingin meningkatkan bisnis internasional guna meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat di negara anggota.

18  UNDP atau organisasi pembangunan PBB adalah badan PBB yang memberikan sumbangan untuk membiayai program-program pembangunan terutama bagi negara-negara yang sedang berkembang.

19  Merupakan suatu organisasi yang didirikan PBB tahun 1964, dengan tujuan meningkatkan kerjasama perdagangan dan pembangunan di antara kelompok Negara-negara industri maju dan negara-negara yang sedang berkembang.

20  UNIDO atau Organisasi Pembangunan Internasional PBB didirikan pada tanggal 24 Juli 1967 dan berkedudukan di Wina, Austria.  Tujuan utama dari lembaga ini adalah untuk meningkatkan pembangunan di bidang industri bagi negara-negara yang sedang berkembang.

21  IDA dikenal dengan Organisasi Pembangunan Internasional PBB yang didirikan untuk tujuan memberikan pinjaman kepada negara-negara yang sedang berkembang, dengan bunga yang relatif murah jika dibanding dengan IBRD.

22  Merupakan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB yang didirikan pada tanggal 16 Oktober 1945 dan berkedudukan di Roma, Italia. Organisasi  tersebut bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan mutu persediaan pangan, dan membantu negara-negara yang kekurangan pangan.

23  Merupakan Organisasi Perburuhan Internasional PBB yang didirikan pada tanggal 11 April 1949 dan berkedudukan di Jenewa, Swis.  Tujuan dari organisasi ini adalah untuk memperjuangkan nasib dan hak-hak kaum buruh

24  IFC atau Kerja sama Keuangan Internasional didirikan di Washington tanggal 24 Juli  Tujuannya memberikan penjaman kepada pengusahapengusaha swasta dan membantu pengalihan investasi luar negeri ke negara-negara yang sedang berkembang.

25 1. Kerjasama untuk memperlancar perdagangan regional dan internasional 2. Bentuk kerja sama pengaturan perdagangan komoditi. 3. Bentuk kerja sama berbagai bidang

26


Download ppt "Suatu kerjasama ekonomi yang dilakukan antara suatu negara dengan negara lain."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google