Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Didirikan tanggal 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh 5 negara pemrakarsa yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand  Delegasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Didirikan tanggal 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh 5 negara pemrakarsa yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand  Delegasi."— Transcript presentasi:

1

2  Didirikan tanggal 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh 5 negara pemrakarsa yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand  Delegasi masing-masing negara  Indonesia : Adam Malik  Malaysia: Tun Abdul Razak  Singapura: S. Rajaratnam  Filipina: Narsisco Ramos  Thailand: Thanat Khoman

3  Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara  Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional  Meningkatkan kerjasama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik,ilmu pengetahuan, dan administrasi  Memelihara kerjasama yang erat di tengah - tengah organisasi regional dan internasional yang ada  Meningkatkan kerjasama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara

4  Filipina (negara pendiri)  Indonesia (negara pendiri)  Malaysia (negara pendiri)  Singapura (negara pendiri)  Thailand (negara pendiri)  Brunei Darussalam (7 Januari 1984)  Vietnam (28 Juli 1995)  Laos (23 Juli 1997)  Myanmar (23 Juli 1997)  Kamboja (16 Desember 1998)

5 - Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas wilayah nasional, dan identitas nasional setiap negara - Hak untuk setiap negara untuk memimpin kehadiran nasional bebas daripada campur tangan, subversif atau koersi pihak luar - Tidak mencampuri urusan dalam negeri sesama negara anggota - Penyelesaian perbedaan atau perdebatan dengan damai - Menolak penggunaan kekuatan yang mematikan - Kerjasama efektif antara anggota

6 a. Politik Di bidang politik, ASEAN sepakat untuk menyelesaikan segala permasalahan melalui meja perundingan. ASEAN sepakat untuk menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai kawasan bebas senjata nuklir. b. Ekonomi Di bidang ekonomi, ASEAN berupaya menciptakan kerja sama perdagangan yang saling menguntungkan. Bentuk kerja sama ekonomi dapat direalisasikan, antara lain sebagai berikut: 1) membuka pusat promosi ASEAN untuk perdagangan, investasi, dan pariwisata di Tokyo; 2) menyediakan cadangan pangan (terutama beras); 3) membangun proyek-proyek industri ASEAN, seperti proyek pabrik pupuk urea amonia di Indonesia dan Malaysia, proyek industri tembaga di Singapura, proyek pabrik mesin diesel di Singapura, dan proyek pabrik superfosfor di Thailand; 4) menciptakan preference trading arrangement (PTA) yang bertugas menentukan tarif rendah untuk beberapa jenis barang komoditas ASEAN.

7  c. Sosial Di bidang sosial, ASEAN melakukannya kerja sama, antara lain sebagai berikut:  1) pencegahan narkoba dan penanggulangannya; 2) penanggulangan bencana alam; 3) perlindungan terhadap anak cacat; 4) pemerataan kesejahteraan sosial masyarakat. d. Budaya Di bidang budaya, ASEAN melakukan kerja sama, seperti berikut:  1) tukar menukar pelajaran dan mahasiswa; 2) pemberantasan buta huruf; 3) program tukar menukar acara televisi ASEAN; 4) temu karya pemuda ASEAN; 5) festival lagu ASEAN.

8  ASEAN Vaccine Project, yaitu proyek pabrik vaksin di Singapura  ASEAN Copper Fabrication Project, yaitu proyek industri tembaga di Filipina  Rock Salt and Soda Ash Project, yaitu proyek pabrik abu soda di Thailand  ASEAN Urea Project, yaitu proyek pabrik urea di Malaysia  ASEAN Aceh Fertilizer Project, yaitu proyek pabrik urea amonia di Indonesia

9 APEC dibentuk di Canbera, Australia pada tahun APEC merupakan kerja sama ekonomi negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Saat ini jumlah anggota APEC sudah mencapai 21 negara yang di antaranya sebagai berikut. 1. Dari Benua Amerika adalah: Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, dan Chili. 2. Dari Benua Asia adalah: China, Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, dan Rusia. 3. Dari Benua Australia adalah: Australia, Selandia Baru, dan Papua Nugini. 4. Dari ASEAN adalah: Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, dan Vietnam. Tujuan APEC adalah membentuk kerja sama perdagangan, investasi, pariwisata, dan peningkatan sumber daya manusia yang saling menguntungkan. APEC ingin membentuk perdagangan bebas di kawasan Asia Pasifik.

10 Anggota : - Anita Dewi Wiranti(IX G/02) - Fenni Nursita Sari(IX G/12) - Larisa Gita Cahyani(IX G/16) - Sofia Yogi Rahmani(IX G/23)


Download ppt " Didirikan tanggal 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh 5 negara pemrakarsa yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand  Delegasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google