Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Memahami Prinsip Kebijakan Luar Negeri India dan Pakistan Ahmad Qisa’i, Ph.D. Departemen Hubungan Internasional, FISIP UI भारत गणराज्य اسلامی جمہوریہ پاکِستان.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Memahami Prinsip Kebijakan Luar Negeri India dan Pakistan Ahmad Qisa’i, Ph.D. Departemen Hubungan Internasional, FISIP UI भारत गणराज्य اسلامی جمہوریہ پاکِستان."— Transcript presentasi:

1 Memahami Prinsip Kebijakan Luar Negeri India dan Pakistan Ahmad Qisa’i, Ph.D. Departemen Hubungan Internasional, FISIP UI भारत गणराज्य اسلامی جمہوریہ پاکِستان

2 Definisi Kebijakan Luar Negeri Kumpulan prinsip-prinsip dan cara- cara yang digunakan oleh sebuah negara untuk mendefinisikan, menjustifikasi dan mencapai tujuan kepentingan nasionalnya dalam hubungannya dengan negara lain.

3 Tujuan Kebijakan Luar Negeri  Menjaga keutuhan wilayah dan keinginan warga sebuah negara, baik di dalam maupun di luar batas negara tersebut;  Menjaga hubungan suatu negara dengan anggota komunitas internasional lainnya dan pengadopsian kebijakan untuk berkonflik atau bekerja sama dengan negara lain dengan tujuan utama untuk mensukseskan kepentingan nasional negara tersebut;  Mempromosikan dan memperluas kepentingan nasional sebuah negara;  Mempromosikan kepentingan ekonomi dari sebuah negara; dan  Meningkatkan pengaruh dari sebuah negara terhadap negara lain baik melalui peningkatan jangkauan pengaruhnya atau menciptakan status ketergantungan kepada negara tertentu.

4 Faktor Internal dan Eksternal dalam Kebijakan Luar Negeri Faktor Internal  Ukuran negara;  Bentuk geografis;  Budaya dan sejarah;  Pembangunan ekonomi;  Teknologi;  Kapasitas nasional;  Struktur sosial;  Keinginan publik;  Organisasi politik;  Peran media;  Akuntabilitas politik;  kepemimpinan. Faktor Eksternal  Struktur kekuatan negara;  Organisasi internasional;  Reaksi negara lain;  Persekutuan;  Pendapat publik dunia.

5 Beberapa Prinsip Dasar Kebijakan Luar Negeri India  Non-Blok/Bebas;  Anti-Kolonialisme and Imperialisme;  Menolak Rasialisme  Panch Sheel;  Memperkuat hubungan dengan Asia;  Hubungan Dekat dgn Persemakmuran;  Patuh kepada PBB;  Mendukung Perlucutan Senjata, khususnya nuklir;  Nuklir untuk Tujuan Damai;  Diplomasi dan Dialog (soft power/ persuasive approach).

6 Panch Sheel (Lima Sila – 1954)  Penghormatan terhadap integritas teritorial dan kedaulatan masing-masing negara;  Penolakan terhadap agresi militer;  Tidak mencampuri urusan internal masing-masing negara;  Persamaan dan keadaan yang saling menguntungkan; dan  Perdamaian.

7 Kebijakan Luar Negeri India dari Waktu ke Waktu  Perang Dingin Non-blok; Anti neo-kolonialisme; Panch Sheel (Zhou Enlai dan Jawaharlal Nehru).  Pasca Perang Dingin Doktrin Gujral (bertetangga yang damai, sikap tidak membalas terhadap negara-negara di Asia Selatan, menghilangkan intervensi kekuatan luar di Asia Selatan); Kebijakan “Look East” (hubungan ekonomi dengan Asia Timur dan Tenggara).  Pasca 9/11 Dari ideologi ke pragmatisme demi pemenuhan pembangunan dan kebutuhan ekonomi India.

8 Beberapa Prinsip Dasar Kebijakan Luar Negeri Pakistan  Perlindungan terhadap kemerdekaan dan kedaulatan;  Menjalin hubungan baik dengan negara- negara Muslim;  Tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain;  Patuh pada Konvensi PBB;  Mendorong perdamaian dunia;  Non-Blok;  Menolak penjajahan dan diskriminasi rasial.

9 Kebijakan Luar Negeri Pakistan dari Waktu ke Waktu  Perang Dingin Aliansi dengan negara-negara Islam (OIC); Aliansi dengan kekuatan besar: CENTO (1955 – 1979) and SEATO (1954 – 1977).  Pasca Perang Dingin Aliansi dengan Amerika Serikat melemah; Percobaan nuklir 1998; Melemahnya ekonomi Pakistan;  Pasca 9/11 Aliansi dengan Amerika Serikat menguat kembali karena faktor keamanan internasional/terorisme.

10


Download ppt "Memahami Prinsip Kebijakan Luar Negeri India dan Pakistan Ahmad Qisa’i, Ph.D. Departemen Hubungan Internasional, FISIP UI भारत गणराज्य اسلامی جمہوریہ پاکِستان."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google