Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Hartanto, SIP, MA. Prolog Satu kata yang paling menonjol dan menjadi ciri khas negara-negara di Timur Tengah dan menjadi magnet bagi negara-negara lain.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Hartanto, SIP, MA. Prolog Satu kata yang paling menonjol dan menjadi ciri khas negara-negara di Timur Tengah dan menjadi magnet bagi negara-negara lain."— Transcript presentasi:

1 Hartanto, SIP, MA

2 Prolog Satu kata yang paling menonjol dan menjadi ciri khas negara-negara di Timur Tengah dan menjadi magnet bagi negara-negara lain terutama negara-negara Besar adalah ‘minyak’.

3 Sekilas Data Konsumsi Minyak Dunia Menurut data yang dilansir oleh Energy Information Agency (EIA), prospek konsumsi energi dunia akan naik menjadi 71 persen dari tahun 2003 sampai 2030 dan kebanyakan konsumsi ini sebagian besar didapat dari Bahan Bakar Minyak. Dari sumber yang sama pula disebutkan bahwa antara rentang tahun 2005 sampai 2030 konsumsi dunia dan Amerika Serikat terhadap minyak akan naik sebesar 39 persen dan 23 persen. (International Energy Outlook 2006 dalam Bowman.2008: 78).

4 KEPENTINGAN AS DI KAWASAN TIMUR TENGAH Timur Tengah merupakan poros dari jalur dunia bagi kawasan Eropa, Asia, dan Afrika. Timur Tengah menyimpan 70% cadangan minyak dunia Hal ini yang membuat Amerika Serikat melakukan politik luar negeri di kawasan tersebut.

5 FAKTOR KEPENTINGAN AS DI KAWASAN TIMUR TENGAH Bidang ekonomi Bidang politik Bidang militer

6 Bidang ekonomi Arab saudi memiliki 70% cadangan minyak dunia sementara AS hanya memiliki 3% cadangan minyak Kepentingan AS di Timur Tengah dilakukan demi kelancaran suplai minyak Menjaga hak-hak eksplorasi Amerika Serikat di kawasan Timur Tengah Amerika Serikat mengekspor senjata ke kawasan Timur Tengah yang rawan konflik dengan keuntungan mencapai 10 milyar USD

7 Bidang politik AS menyuarakan liberal kapitalis dan membendung ideologi-ideologi yang bersifat sosialis-radikal menurut Sidik jatmika (2001; ) kepentingan AS di bidang politik adalah untuk menghadapi dan membendung gerakan oleh kelompok-kelompok islam yang disebutnya sebagai funddamentalis, ekstrimis, atau terorisme islam

8 Bidang militer Memperkokoh pangkalan militernya di kawasan Timur Tengah Menekan gerakan-gerakan radikal Memelihara status quo atas saluran minyak dari Timur Tengah Membendung kekuatan persatuan Timur Tengah dengan mendirikan basis-basis militer

9 Bidang politik Sementara menurut Mayor Inf Andy Irawan Ch, S.Sos, yang merupakan Kasidokin Ditjakstra Strahan Kemhan RI keikut sertaan Amerika Serikat dalam masalah di Timur Tengah tidak terlepas dari doktrin baru yang muncul paska perang dingin yaitu perluasan hegemoni yang berlandaskan atas keyakinan bahwa dunia baru akan dikuasai oleh liberalismenya amerika

10 kesimpulan Kepentingan amerika serikat tersebut paling utama dilandaskan pada faktor ekonomi, di mana kawasan timur tengah merupakan kawasan dengan 70% cadangan minyak dunia. Melalui politik domino dan pengaruhnya yang kuat di PBB, AS semakin gencar menyebarkan hegemoninya di kawasan Timur Tengah

11 Kepentingan AS Menurut Bowman (2008: 78), ada tiga kepentingan utama Amerika Serikat di Timur Tengah, pertama dan yang dalam jangka panjang adalah kepentingan untuk mengamankan dan tidak dirintanginya aliran minyak dari kawasan teluk persia ke Amerika Serikat dan negara-negara industri lainnya.

12 Kepentingan AS Kepentingan kedua Amerika Serikat di Timur Tengah yakni memastikan bahwa baik aktor negara maupun non-negara di kawasan tersebut tidak mengembangkan, memperoleh, atau menggunakan senjata pemusnah massal atau Weapon of Mass Destruction demi keamanan sekutunya Israel (Bowman.2008: 79).

13 Kepentingan AS Kemudian kepentingan Amerika Serikat yang ketiga yakni membantu kawasan tersebut agar tidak menjadi sarang, panggung aksi, ataupun pengekspor ekstrimis Islam yang mengandalkan kekerasan (Bowman.2008: 80).

14 Kepentingan Prancis Minyak Pengaruh

15 Inggris Minyak Pengaruh

16 Russia Penyeimbang Ideologi Pasar bagi produk senjata Sumber Daya Alam (Minyak)

17 China Pasar bagi produk China Sumber Daya Alam (Minyak)

18


Download ppt "Hartanto, SIP, MA. Prolog Satu kata yang paling menonjol dan menjadi ciri khas negara-negara di Timur Tengah dan menjadi magnet bagi negara-negara lain."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google