Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas Kelompok. Dengan melihat pokok bahasan diatas maka fokus pembahasan kali ini adalah rancangan dan perencanaan Evaluasi Program Pendidikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas Kelompok. Dengan melihat pokok bahasan diatas maka fokus pembahasan kali ini adalah rancangan dan perencanaan Evaluasi Program Pendidikan."— Transcript presentasi:

1 Tugas Kelompok

2

3

4 Dengan melihat pokok bahasan diatas maka fokus pembahasan kali ini adalah rancangan dan perencanaan Evaluasi Program Pendidikan

5 Tugas Kelompok Setelah mengikuti pemaparan materi ini, diharapkan Mahasiswa memahami serta mampu membuat rancangan dan perencaan evaluasi program pendidikan.

6 Tugas Kelompok Sebelum membahas rancangan evaluasi program maka kami terlebih dahulu akan sedikit mengulang kembali tentang Evaluasi Program. Evaluasi merupakan dimensi penting dari pendidikan.

7 Tugas Kelompok Evaluasi program pendidikan dapat dikatakan sebagai proses monitoring dan penyesuaian yang dikehendaki oleh para evaluator dalam menentukan atau meningkatkan kualitas pendidikan. Evaluasi menunjukkan seberapa baik program pendidikan berjalan dan menyediakan cara untuk memperbaikinya.

8 Tugas Kelompok Untuk mengevaluasi program maka kita harus merumuskan suatu rancangan yang dapat digunakan dalam evaluasi.

9 Tugas Kelompok Hal-hal yang dicantumkan dalam rancangan program adalah : (1)Judul kegiatan, (2)Alasan dilaksanakannya evaluasi, (3)Tujuan evaluasi, (4)Pertanyaan evaluasi, (5)Metodologi yang digunakan, dan (6)Prosedur kerja dan langkah-langkah kegiatan.

10 Tugas Kelompok A.JUDUL EVALUASI Evaluasi SMA Global Madani B.ALASAN DI LAKSANAKAN EVALUASI SMA Global Madani mengacu kepada peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan menjadi lebih baik/maju, karena dirasa saat ini banyak anak-anak yang putus sekolah atau tidak mengenal pendidikan karena kesulitan ekonomi).

11 Tugas Kelompok Dalam kegiatan SMA Global Madani selama ini dirasa belum dapat menumbuhkan kreativitas belajar secara maksimal sehingga evaluator melakukan evaluasi pada beberapa aspek yang bertujuan untuk memotivasi dan dukungan belajar kepada siswa

12 Tugas Kelompok C.TUJUAN KEGIATAN Tujuan umum: Dalam tujuan ini untuk mengetahui informasi yang terkait adanya pelaksanaan SMA Global Madani sebagai pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas(SMA).

13 Tugas Kelompok Tujuan khusus: a)Context Ketercapaian tujuan SMA Global Madani b)Input Dari pengajar, sarana dan prasarana, kurikulum, dana/anggaran, di SMA Global Madani

14 Tugas Kelompok c)Proses Pelaksanaan jadwal dan metode pembelajaran SMA Global Madani. d)Product Dari hasil belajar peserta didik dan ketercapaian tujuan.

15 Tugas Kelompok D.PERTANYAAN EVALUASI Dalam SMA Global Madani pertanyaan evaluasi untuk mendukung yaitu: a. Context Apakah tujuan dari SMA Global Madani sudah sesuai dengan tujuan pendidikan nasional?

16 Tugas Kelompok b. Input Bagaimana kemampuan pengajar dalam mengajar di SMA Global Madani? Bagimana kurikulum yang digunakan? Berapa dana/ anggaran yang dikeluarkan untuk mengikuti progam SMA Global Madani ini?

17 Tugas Kelompok c.Proses a)Bagimana pelaksanaan jadwal bulanan SMA Global Madani ini? b)Bagiaman metode yang digunakan progam SMA Global Madani dalamproses belajar mengajar? d.Produk a)Bagaimana hasil belajar siswa setelah mengikuti progam SMA Global Madani?

18 Tugas Kelompok E.METODE YANG DIGUNAKAN Dalam mengevaluasi program ini, evaluator menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Untuk lebih jelas apa saja yang akan dievaluasi berdasarkan aspek CIPP adalah sebagai berikut:

19 Tugas Kelompok A. Context Dalam context evaluasi ini adalah tujuan program SMA Global Madani. Indikatornya adalah : a)Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi peserta didik sesuai dengan kebutuhan, gaya belajar, kekuatan dan keterbatasan yang dimilikinya

20 Tugas Kelompok b)Membentuk peserta didik menemukan minat dan bakatnya serta mengembangkan bakat dan minat peserta didik secara optimal c)Membentuk peserta didik menjadi manusia pembelajar seumur hidup yang mempunyai kepedulian sosial yang tinggi dan karakter yang kuat d)Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh hubungan dari pelajaran yang dipelajarinya dengan kehidupan nyata.

21 Tugas Kelompok B. Input 1. Pengajar: Kemampuan awal yang dimiliki dalam mengajar 2. Kurikulum: Menggunakan KTSP Mengacu pada Peraturan Mentri pendidikan Nasional

22 Tugas Kelompok 3. Dana/anggaran a)Untuk komunitas  Uang pangkal  Uang bulanan  Uang semester b)Distance learning  Uang pangkal  Uang semseter  Uang mingguan

23 Tugas Kelompok C. Proses a)Jadwal pelaksanaan Jadwal mingguan Jadwal bulanan b)Metode yang digunakan Pengajar menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan Metode yang digunakan disertai dengan media pembelajaran.

24 Tugas Kelompok D. Produk Hasil belajar Ketercapaian tujuan SMA Global Madani Prestasi yang diraih dalam proses pembelajaran SMA Global Madani.

25 Tugas Kelompok Harus kita sadari bahwa perencanaan merupakan suatu cara untuk memproyeksi maksud dan tujuan. Seperti yang telah kita tahu, perencanaan berkaitan dengan konsep masa depan, masalah-masalah yang memerlukan imajinasi dan pilihan (choice), pemikiran yang ditujukan ke masa depan, dan proses mencapai suatu tujuan.

26 Tugas Kelompok Oleh karena itu, perencanaan mencerminkan upaya yang penuh pertimbangan. Perencanaan diakui sebagai cara yang paling andal (reliable) untuk mewujudkan tujuan dan sasaran. Perencanaan merupakan suatu cara untuk menentukan serangkaian tindakan untuk mengarahkan tindakan tersebut agar sesuai dengan visi.

27 Tugas Kelompok Perencanaan Evaluasi Program dimulai dengan menganalisis Kebutuhan. Analisis kebutuhan adalah merupakan sarana atau alat yang konstruktif dan positif untuk melakukan sebuah perubahan, yakni perubahan yang didasarkan atas logika yang bersifat rasional,

28 Tugas Kelompok sehingga kemudian perubahan ini menunjukkan upaya formal yang sistematis menentukan dan mendekatkan jarak kesenjangan antara “seperti apa yang ada” dengan “bagaimana seharusnya” dengan sasarannya adalah siswa, kelas dan sekolah.

29 Tugas Kelompok Untuk mengetahui dan menganalisa kebutuhan tersebut dilakukan dengan dua cara yaitu : Pertama, secara objektif. Dimulai dari identifikasi lingkup tujuan penting program, menentukan indikator

30 Tugas Kelompok dan cara pengukuran tujuan, menyusun kriteria standar untuk tiap-tiap indikator, menyusun alat ukur tiap-tiap indikator dan terakhir membandingkan kondisi yang diperoleh dengan kriteria.

31 Tugas Kelompok Kedua, secara subyektif. Cara ini dimulai dengan identifikasi lingkup tujuan penting program, menyusun kriteria yang sesuai dengan setiap tujuan masing-masing indikator, menyusun skala bertingkat digunakan untuk mempertimbangkan tingkat penampilan indikator,

32 Tugas Kelompok yang terakhir adalah merupakan ciri khas dari cara kedua ini yaitu mengumpulkan semua evaluator untuk kemudian secara bersama-sama menentukan skala prioritas kebutuhan.

33 Tugas Kelompok Dalam membuat perencanaan evaluasi, selain jenis informasi yang akan dikumpulkan, kita juga harus mempertimbangkan pendekatan evaluasi yang nantinya akan kita lakukan

34 Tugas Kelompok Pada dasarnya, ada tiga jenis pendekatan evaluasi yang bisa dipertimbangkan dalam perencanaan evaluasi, yaitu (1) goal-based evaluation, (2) process-based evaluation, dan (3) outcome-based evaluation.

35 Tugas Kelompok Perencanaan evaluasi hendaknya didokumentasikan dengan baik agar bisa memastikan evaluasi bisa dilaksanakan secara rutin dan efisien. Perencanaan itu hendaknya memuat cukup informasi sehingga pihak luar (non-evaluator) dapat memahami apa yang akan anda evaluasi dan cara mengevaluasinya.

36 Tugas Kelompok 1.Halaman Judul (nama organisasi yang akan dievaluasi, produk/ layanan/ program yang akan dievaluasi; tanggal) 2.Daftar Isi

37 Tugas Kelompok 3.Executive Summary (satu halaman, sinopsis singkat mengenai temuan atau rekomendasi) 4.Tujuan dari Laporan Perencanaan valuasi (jenis evaluasi yang akan dilakukan, kegunaan dari temuan evaluasi, dsb.)

38 Tugas Kelompok 5.Latar Belakang mengenai Lembaga dan Produk/ Layanan/ Program yang akan dievaluasi a) Sejarah/Gambaran Lembaga

39 Tugas Kelompok b)Deskripsi Produk/Layanan/Program (yang akan dievaluasi) i.Perumusan Masalah ii.Keseluruhan Sasaran dari Produk/ Layanan/ Program iii.Outcomes (or dampak bagi klien) and Pengukuran Kinerja (yang dapat diukur sebagai indikator outcomes)

40 Tugas Kelompok iv.Aktivitas/teknologi dari Produk/ Layanan/ Program (gambaran umum mengenai cara mengembangkan dan melaksanakan produk/ layanan/ program) v.Staffing (uraian jumlah staff yang akan melakukan evaluasi dan peran lembaga yang relevan dengan produk/ layanan/ program)

41 Tugas Kelompok 6.Keseluruhan Sasaran Evaluasi (mis., apa pertanyaan yang akan dijawab oleh evaluasi tersebut) 7. Metodologi a)Jenis data/informasi yang akan dikumpulkan b)Bagaimana data/informasi dikumpulkan (instrumen apa yang akan digunakan, dsb.) c)Bagaimana data/informasi akan dianalisis d)Keterbatasan evaluasi (mis., yang berkaitan dengan temuan/simpulan dan cara menggunakan temuan/simpulan, dsb.)

42 Tugas Kelompok 8.Interpretasi dan Kesimpulan (dari analisis data/informasi) 9.Rekomendasi (yang berkaitan dengan putusan yang harus dibuat mengenai produk/ layanan/ program)

43 Tugas Kelompok 10.Lampiran: isi lampiran bergantung pada tujuan laporan perencanaan evaluasi, misalnya: a)Instrumen yang akan digunakan untuk mengumpulkan data/ informasi

44 Tugas Kelompok b)Data, misalnya, dalam format tabel, dsb. c)Pernyataan, komentar yang dibuat oleh para pengguna produk/ layanan/ program d)Studikasus pengguna yang telah menggunakan produk/ Layanan/ program e)Literatur yang berkaitan

45 Tugas Kelompok Dari uraian di atas, jelaslah bahwa membuat rancangan dan perencanaan evaluasi itu memang merupakan suatu langkah yang sangat penting.

46 Tugas Kelompok Dengan kata lain, perencanaan evaluasi akan memudahkan evaluator dalam melakukan implementasi evaluasi untuk subjek tertentu dalam kurun waktu tertentu.

47 Tugas Kelompok Suharsimi Arikunto, Dr. Prof., Evaluasi Program,2009, Bumi Aksara. -evaluasi-program.htmlhttp://yusufjailani.blogspot.com/2013/01/rancangan -evaluasi-program.html, di poskan Yusuf Jailani

48 Tugas Kelompok


Download ppt "Tugas Kelompok. Dengan melihat pokok bahasan diatas maka fokus pembahasan kali ini adalah rancangan dan perencanaan Evaluasi Program Pendidikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google