Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 12 : 1. Annisa Rakhmi Rokhmah (K1310009) 2. Ellisa Putri Zelvianesti (K1310029) 3. Tri Ratna Ningsih (K1310079)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 12 : 1. Annisa Rakhmi Rokhmah (K1310009) 2. Ellisa Putri Zelvianesti (K1310029) 3. Tri Ratna Ningsih (K1310079)"— Transcript presentasi:

1 Kelompok 12 : 1. Annisa Rakhmi Rokhmah (K ) 2. Ellisa Putri Zelvianesti (K ) 3. Tri Ratna Ningsih (K )

2 Pro kontra dalam Ujian Nasional terjadi disebabkan rasa kecewa masyarakat yang menilai pemerintah tidak konsisten, karena dengan Ujian Nasional tetap dijadikan sebagai faktor penentu kelulusan siswa ketimbang sarana pemetaan standar mutu pendidikan di Indonesia. Dari tahun ke tahun standar kelulusan terus meningkat belum diimbangi dengan pemerataan fasilitas pendidikan di beberapa daerah secara tidak langsung membuat siswa mengalami kesulitan untuk untuk memenuhi target yang ada. Sehingga tidak sedikit siswa terpaksa harus mengulang, disebabkan nilainya kurang memenuhi standar.

3 Angka kelulusan siswa terus dinaikkan dari tahun ke tahun berikutnya. Hal ini tidak akan menjadi persoalan jika hasil evaluasi Ujian Nasional diumumkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ditindaklanjuti dengan memberikan perlakuan khusus bagi daerah-daerah yang diketahui dari hasil Ujian Nasional tersebut memiliki nilai rata-rata kelulusan rendah.

4 1. Apa pengertian Ujian Nasional? 2. Bagaimana tujuan dan fungsi Ujian Nasional? 3. Bagaimana dampak negatif dari Ujian Nasional? 4. Bagaimana solusi dari Ujian Nasional?

5 A. Pengertian Ujian Nasional Ujian Nasional atau biasa disingkat UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan Depdiknas di Indonesia dengan berpedoman pada Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003.

6 B. Tujuan dan Fungsi Ujian Nasional  Ujian Nasional dimaksudkan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan untuk memperoleh keterangan mengenai mutu pendidikan.  Tujuan Ujian Nasional untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran IPTEK.  Fungsi Ujian Nasional: a. Pemetaan mutu program dan / atau satuan pendidikan. b. Dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya. c. Penentu kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan d. Dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

7 C. Dampak Negatif Ujian Nasional  Dampak negatif dari sistem Ujian Nasional yang ada sekarang ini adalah bergesernya paradigma bagi para praktisi pendidikan, peserta didik, dan wali peserta didik.  Berbagai dampak negatif yang nyata terjadi di sekolah sebagai akibat diterapkannya UN di sekolah, diantaranya: ☺ Terjadinya disorientasi pendidikan di sekolah ☺ Proses pembelajaran yang tidak bermakna ☺ Upaya-upaya yang tidak fair ☺ Hanya ranah kognitif yang terukur ☺ Keputusan yang tidak fair ☺ Menutup akses pendidikan berkualitas bagi masyarakat miskin

8 D. Solusi UN jalan terus,dan dianggap tidak ada masalah dalam penyelenggaraannya. UN bisa berjalan seperti sekarang, dengan syarat penyempurnaan terhadap beberapa hal yang mampu mengatasi faktor ketidakadilan akibat standar mutu pendidikan yang beragam. UN dapat dilanjutkan, tetapi hanya untuk pemetaan standar mutu pendidikan.

9 A. Kesimpulan  Ujian Nasional: sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah.  Ujian Nasional dimaksudkan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan untuk memperoleh keterangan mengenai mutu pendidikan.  Tujuan Ujian Nasional: menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran IPTEK.

10  Fungsi Ujian Nasional: a.Pemetaan mutu program dan / atau satuan pendidikan. b. Dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya. c. Penentu kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan d. Dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.  Dampak negatif dari sistem UN yang ada sekarang ini adalah bergesernya paradigma bagi para praktisi pendidikan, peserta didik, dan wali peserta didik.

11  Dampak negatif yang nyata terjadi di sekolah, diantaranya: ☺ Terjadinya disorientasi pendidikan di sekolah ☺ Proses pembelajaran yang tidak bermakna ☺ Upaya-upaya yang tidak fair ☺ Hanya ranah kognitif yang terukur ☺ Keputusan yang tidak fair ☺ Menutup akses pendidikan berkualitas bagi masyarakat miskin  Solusi: 1. UN jalan terus,dan dianggap tidak ada masalah dalam penyelenggaraannya. 2. UN bisa berjalan seperti sekarang, dengan syarat penyempurnaan terhadap beberapa hal yang mampu mengatasi faktor ketidakadilan akibat standar mutu pendidikan yang beragam. 3. UN dapat dilanjutkan, tetapi hanya untuk pemetaan standar mutu pendidikan. Bukan sebagai penentu kelulusan

12 B. Saran  Sebaiknya Ujian Nasional tidak perlu terus dinaikkan setiap tahunnya. Karena akan membuat peserta didik menjadi sangat terbebani dengan nilai standardisasi itu.  Pihak pemerintah melalui Depdiknas harus merancang sistem ujian atau penilaian yang sistematis, bertahap, dan berkelanjutan.  Sistem penilaian harus dapat difungsikan untuk mendeteksi potensi dan kompetensi siswa sekaligus bisa memetakan kompetensi guru dalam keberhasilan pembelajaran di kelas.  Hasil UN juga harus ditindaklanjuti dengan berbagai program yang dapat meningkatkan mutu pendidikan secara komprehensif.

13 Sekian & Terima Kasih


Download ppt "Kelompok 12 : 1. Annisa Rakhmi Rokhmah (K1310009) 2. Ellisa Putri Zelvianesti (K1310029) 3. Tri Ratna Ningsih (K1310079)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google