Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENILAIAN Penilaian adalah kegiatan pengumpulan informasi untuk mengetahui mengetahui ketercapaian kompetensi oleh peserta didik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENILAIAN Penilaian adalah kegiatan pengumpulan informasi untuk mengetahui mengetahui ketercapaian kompetensi oleh peserta didik."— Transcript presentasi:

1

2 PENILAIAN Penilaian adalah kegiatan pengumpulan informasi untuk mengetahui mengetahui ketercapaian kompetensi oleh peserta didik.

3 PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN 1.Sahih: didasarkan pada data yangmencerminkan kemampuan yang diukur. 2.Objektif: didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai. 3.Adil: tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat-istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.

4 4.Terpadu: merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran. 5.Terbuka: prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan. 6.Menyeluruh dan berkesinambungan: mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.

5 7.Sistematis: dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku. 8.Beracuan kriteria: didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan. 9.Akuntabel: dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

6 MEKANISME PENILAIAN Penilaian oleh guru Penilaian oleh guru dimulai dari perencanaan penilaian yang dituangkan dalam silabus dan dijabarkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penilaian oleh guru meliputi ulangan harian semua kompetensi dasar yang dituntut oleh Standar Isi.

7 Penilaian oleh satuan pendidikan Satuan pendidikan dalam melakukan penilaian bersifat koordinatif, yakni penilaian yang dilakukan oleh guru dalam koordinasi satuan pendidikan. Penilaian dalam koordinasi satuan pendidikan adalah ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, dan ujian sekolah.

8 Penilaian oleh pemerintah Penilaian oleh pemerintah dilakukan dalam UN dengan langkah-langkah yang diatur dalam POS UN. UN diselenggarakan oleh BSNP bekerjasama dengan instansi terkait. Hasil UN disampaikan kepada satuan pendidikan untuk dijadikan salah satu syarat kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dan salah satu pertimbangan dalam seleksi masuk ke jenjang pendidikan berikutnya.

9 TEKNIK PENILAIAN 1.Penilaian tertulis 2.Penilaian unjuk kerja/kinerja 3.Penilaian proyek 4.Penilaian produk 5.Penilaian portofolio 6.Penilaian sikap 7.Penilaian diri

10 PROSEDUR PENYUSUNAN ALAT PENILAIAN 1.Penyusunan kisi-kisi 2.Pengembangan butir soal 3.Validasi butir soal


Download ppt "PENILAIAN Penilaian adalah kegiatan pengumpulan informasi untuk mengetahui mengetahui ketercapaian kompetensi oleh peserta didik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google