Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X PUSTAKA K. I. MATERI K. D. & INDIKATOR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X PUSTAKA K. I. MATERI K. D. & INDIKATOR."— Transcript presentasi:

1

2 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X PUSTAKA K. I. MATERI K. D. & INDIKATOR

3 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X PUSTAKA K. I. MATERI Kompetensi Inti 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. Kompetensi Inti 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. K. D. & INDIKATOR

4 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X PUSTAKA K. I. MATERI KOMPETENSI DASARINDIKATOR Pengingkaran Kewajiban1. Menjelaskan pengertian pengingkaran kewajiban warga negara 2. Menjelaskan macam-macam kewajiban warga negara 3. Mengidentifikasi kasus-kasus pengingkaran kewajiban warga negara 4. Memberikan contoh kasus pengingkaran kewajiban warga negara K. D. & INDIKATOR

5 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X K. I. K. D. & INDIKATOR MATERI PUSTAKA 1. Pengertian pengingkaran kewajiban warga negara Pengingkaran merupakan proses, cara, atau perbuatan mengingkari. Pengingkaran juga bisa diartikan sebagai pelanggaran. Sehingga pengingkaran kewajiban warga negara merupakan pelanggaran warga negara terhadap kewajiban-kewajibannya.

6 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X K. I. K. D. & INDIKATOR MATERI PUSTAKA 2. Macam-macam kewajiban warga negara a. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dari serangan musuh. b. Setiap warga negara membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Setiap warga negara wajib menaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum pemerintah tanpa terkecuali serta dijalankan dengan sebaik- baiknya. c. Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk, dan patuh terhadap segala hukum yang di wilayah negara Indonesia d. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.

7 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X K. I. K. D. & INDIKATOR MATERI PUSTAKA 3. Bentuk pengingkaran kewajiban warga negara a. Tidak membayar pajak c. Tidak mentaati peraturan lalu lintas d. Tidak membayar listrik e. Dan lain-lain

8 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X K. I. K. D. & INDIKATOR MATERI PUSTAKA 4. Contoh kasus pengingkaran kewajiban warga negara Pengingkaran kewajiban yang dilakukan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) Masih ditemukanya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang melakukan pelanggaran, seperti tidak menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, masuk kerja hanya sekedarnya saja tanpa memberikan produktifitas yang jelas dalam pengelolaan pemerintahan adalah bentuk pengingkaran atas nikmat yang diberikan Alloh SWT. Jangankan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, atau menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya, untuk sekedar masuk dan mentaati jam kerja, seperti melaksanakan apel pagi dan sore maupun kewajiban-kewajiban sederhana lainnya masih saja harus terus di ingatkan.

9 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X K. I. K. D. & INDIKATOR MATERI PUSTAKA E. DAFTAR PUSTAKA 1. Buku - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Buku Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X Semester II. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2. Internet - Wikipedia. - Dan lain-lain.

10


Download ppt "PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X PUSTAKA K. I. MATERI K. D. & INDIKATOR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google