Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

m otivasi BEBERAPA PANDANGAN  motivasi berhubungan erat dengan perilaku & prestasi  motivasi diarahkan untuk mencapai tujuan  perbedaan fisiologis,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "m otivasi BEBERAPA PANDANGAN  motivasi berhubungan erat dengan perilaku & prestasi  motivasi diarahkan untuk mencapai tujuan  perbedaan fisiologis,"— Transcript presentasi:

1

2 m otivasi

3 BEBERAPA PANDANGAN  motivasi berhubungan erat dengan perilaku & prestasi  motivasi diarahkan untuk mencapai tujuan  perbedaan fisiologis, psikologis & lingkungan merupakan faktor penting untuk diperhatikan “Alasan utama mengapa perilaku karyawan berbeda-beda, karena kebutuhan & tujuan orang berbeda- beda”

4 3 JENIS MOTIVASI 1.FEAR MOTIVATION “ motivasi yg didasarkan atas rasa takut, misal : orang patuh pada bos karena takut dipecat. 2.ACHIEVEMENT MOTIVATION “ motivasi karena ingin mencapai sesuatu tujuan/prestasi” 3. INNER MOTIVATION “ motivasi yang didasarkan oleh misi atau tujuan hidupnya. Misalnya: seseorang bekerja bukan sekadar untuk tujuan material, tetapi proses belajar untuk mencapai misi hidupnya.

5 Proses Motivasi ? kebutuhan yang tidak terpenuhi mencari jalan untuk memenuhi kebutuhan perilaku yang berorientasi pd tujuan hasil karya (evaluasi dari tujuan yang tercapai) imbalan atau hukuman kebutuhan yang ingin dipenuhi dinilai kembali kebutuhan yang tidak terpenuhi.

6 USAHA Tenaga yang dikeluarkan dalam melakukan pekerjaan KEMAMPUAN kecakapan, kecerdasan dan keterampilan VARIABEL KEORGANISASIAN pola pekerjaan, rentang kendali, gaya kepemimpinan, Kelompok.. KEPUASAAN konsekuensi dari imbalan & hukuman yang dihubungkan dengan prestasi yang lalu Faktor yang Berpengaruh dalam Proses Motivasi ?

7 Hirarki-Maslow ERG-Alderfer Realisasi DiriGrowth Penghargaan Sosial & Cinta Keselamatan & keamanan fisiologis Relatedness Existence

8 Manajer harus memperhatikan Kebutuhan yang belum terpenuhi & yang terpenuhi. Kebutuhan yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan frustasi, konflik, dan tekanan.

9 Teori 2 Faktor-Herzberg Dissatisfier Factors a. Upah b. Keamanan kerja c. Kondisi kerja d. Status e. Prosedur perusahaan f. Mutu supervisi g. Mutu hubungan interpersonal Satisfier Factors a.Prestasi b.Pengakuan c.Tanggung Jawab d.Kemajuan e.Pekerjaan itu sendiri f.Kemungkinan berkembang

10 Teori Kebutuhan-Mc Clelland  Kebutuhan akan prestasi ( n Ach ) (Need For Achievement)  Kebutuhan akan afiliasi ( n Aff ) (Need For Affiliation)  Kebutuhan akan kekuasaan ( n Pow ) (Need For Power)

11 Modal dasar 4 K “untuk memotivasi orang lain” 1.KEBUTUHAN “orang akan terdorong melakukan suatu tindakan karena adanya motivasi” 2. KOMPETENSI “orang akan terdorong dalam bekerja bila merasa kemampuannya diakui & dihargai” 3. KEAKRABAN “saling menghormati, menghargai, mengasihi dan menganggap penting akan mendo- rong orang bekerja dengan motivasi yang tinggi” 4. KOMUNIKASI “ orang akan terdorong bekerja lebih baik bila ia tahu apa dan bagaimana mengerjakan tugas”


Download ppt "m otivasi BEBERAPA PANDANGAN  motivasi berhubungan erat dengan perilaku & prestasi  motivasi diarahkan untuk mencapai tujuan  perbedaan fisiologis,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google