Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rangkaian Arus Searah. 7.1Rangkaian Hambatan a. Hubungan Seri Hambatan yang dihubungkan seri akan mempunyai arus yang sama.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rangkaian Arus Searah. 7.1Rangkaian Hambatan a. Hubungan Seri Hambatan yang dihubungkan seri akan mempunyai arus yang sama."— Transcript presentasi:

1 Rangkaian Arus Searah

2 7.1Rangkaian Hambatan a. Hubungan Seri Hambatan yang dihubungkan seri akan mempunyai arus yang sama.

3 b. Hubungan Paralel Hambatan yang dihubungkan paralel, tegangan antara ujung2 hambatan adalah sama, sebesar V.

4 c. Hambatan Jembatan Wheatstone Bila harga R 1 R 3 = R 2 R 4, maka R 5 tidak berfungsi, maka Sedangkan bila R 1 R 3 ≠ R 2 R 4, maka rangkaian tsb harus diganti : R 1, R 2 dan R 5 diganti menjadi R a, R b dan R c.

5 Contoh : 1. Berapa hambatan pengganti antara a dan b ? 2. Tentukan hambatan pengganti dari a ke b, jika R1 = 1 Ω, R2 = 2 Ω, R3 = 8 Ω, R4 = 4 Ω dan R5 = 5 Ω.

6 7.2Rangkaian Listrik Sederhana a. Rangkaian Terbuka b. Rangkaian tertutup Dalam kenyataannya, arus listrik (I) akan ada bila rangkaian tsb merupakan rangkaian tertutup. Sedangkan untuk rangkaian terbuka tidak ada arus.

7 Contoh : Tentukan V ab, V ac, V bc.

8 7.3Rangkaian Dua Loop a. Hukum Kirchoff I Jumlah arus menuju suatu titik cabang sama dengan jumlah arus yg meninggalkannya. b. Hukum Kirchoff II Dalam sebuah rangkaian tertutup, jumlah aljabar gaya gerak listrik (E) sama dengan jumlah aljabar penurunan potensial (I.R).

9 Contoh : Tentukan I 1, I 2, I 3.

10 7.4Energi dan Daya Listrik a. Energi Listrik b. Daya Listrik Contoh : 1. Pada sebuah lampu pijar tertera 100 W, 220 V. Tentukan hambatan lampu tsb ! 2. Lampu pijar dari 60 W, 220 V, dipasang pada tegangan 110 V, tentukan daya yg dapakai lampu tsb !

11 7.3Mengukur arus dan Tegangan a. Mengukur Arus (Dipasang seri) b. Mengukur Tegangan (Dipasang parallel)

12 7.4Potensiometer, Rangkaian pembagi tegangan Berlaku: V=V 1 +V 2 I=V / (R 1 +R 2 ) V 1 =V.R 1 / (R 1 +R 2 ) V 2 =V.R 2 / (R 1 +R 2 ) Sehingga Nilai V 1 dan V 2 dapat diatur dengan mengubah nilai R 2

13 PENGISIAN KAPASITOR Jika kapasitor yang dihubungkan dengan terminal terminal baterei akan terjadi pengisian (muatan) pada keping keping kapasitor

14 Pada t = 0, ketika S ditutup: Pada kapasitor C tidak ada muatan sehingga tak ada beda potensial di ujung ujung kapasitor. Beda potensial di ujung ujung R adalah   arus maksimum I 0 =  / R Pada t = t, pada saat setelah S ditutup: Di kapasitor sudah ada muatan Q (+Q di keping + dan –Q di keping -) Beda tegangan di ujung ujung kapasitor menjadi Q/C Akibatnya beda tegangan di ujung ujung R (dan arus I) turun.

15 k konstanta integrasi, dari syarat t = 0 muatan Q = 0, akan didapat Dari hukum Kirchhoff: Dan hubungan Didapat persamaan (1)

16 Ketika kapasitor terisi penuh, beda tegangan di ujung ujung kapasitor adalah  dan muatan di kapasitor adalah Persamaan (1) menjadi: Muatan sebagai fungsi t: Arus sebagai fungsi t:

17 Kurva Q dan I sebagai fungsi t

18 PENGOSONGAN KAPASITOR Jika ujung ujung kapasitor yang bermuatan dihubungkan dengan kawat konduktor, pada kapasitor akan segera terjadi pengosongan muatan

19 Selama S tertutup, tegangan di ujung ujung R dan C adalah sama dengan  dan muatan di kapasitor adalah Q 0 = C  Ketika S dibuka pada t = 0, muatan di kapasitor mulai berkurang dan terjadi arus melalui resistor Dari hukum Kirchhoff untuk loop (S terbuka): dan hubungan I = -dQ/dt didapat persamaan: (2)

20 Penyelesaian persamaan 2: k adalah konstanta integrasi, dari syarat t = 0 muatan Q = Q 0 didapat k = ln Q 0 Arus pada saat t = 0 adalah I 0 =  /R Arus sebagai fungsi t: Muatan sebagai fungsi t:

21 Kurva Q dan I sebagai fungsi t


Download ppt "Rangkaian Arus Searah. 7.1Rangkaian Hambatan a. Hubungan Seri Hambatan yang dihubungkan seri akan mempunyai arus yang sama."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google