Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ORKOM-41 BAB IV STRUKTUR DAN FUNGSI KOMPUTER MERUPAKAN SISTEM YANG KOMPLEKS. KOMPUTER BERISI JUTAAN KOMPONEN ELEKTRONIK. UNTUK DAPAT MENJELASKAN KOMPONEN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ORKOM-41 BAB IV STRUKTUR DAN FUNGSI KOMPUTER MERUPAKAN SISTEM YANG KOMPLEKS. KOMPUTER BERISI JUTAAN KOMPONEN ELEKTRONIK. UNTUK DAPAT MENJELASKAN KOMPONEN."— Transcript presentasi:

1 ORKOM-41 BAB IV STRUKTUR DAN FUNGSI KOMPUTER MERUPAKAN SISTEM YANG KOMPLEKS. KOMPUTER BERISI JUTAAN KOMPONEN ELEKTRONIK. UNTUK DAPAT MENJELASKAN KOMPONEN – KOMPONEN TERSEBUT DENGAN MENGETAHUI SIFAT HIRARKI / TINGKATAN SISTEM – SISTEM TERSEBUT.

2 ORKOM-42 PADA SETIAP TINGKATAN, PERANCANG PERLU MEMPERHATIKAN STRUKTUR DAN FUNGSI : STRUKTUR : CARA KOMPONEN – KOMPONEN SALING TERKAIT. FUNGSI : OPERASI MASING –MASING KOMPONEN SEBAGAI BAGIAN DARI STRUKTUR

3 ORKOM-43 FUNGSI PADA KOMPUTER TERDAPAT 4 BUAH FUNGSI :  PENGOLAHAN DATA  PENYIMPANAN DATA  PEMINDAHAN DATA  KONTROL

4 ORKOM-44 DATA MOVEMENT APPARATUS CONTROL MECHANISM DATA STORAGE FACILITY DATA PROCESSING FACILITY EMPAT FUNGSI KOMPUTER SECARA UMUM

5 ORKOM-45  KOMPUTER HARUS DAPAT MEMPROSES DATA.  KOMPUTER HARUS DAPAT MEMINDAHKAN DATA ANTARA DIRINYA DENGAN DUNIA LUAR. KETIKA DATA DITERIMA DARI ATAU DIKIRIMKAN KE SEBUAH PERANGKAT YANG TERHUBUNG LANGSUNG DENGAN KOMPUTER, MAKA PROSES INI DISEBUT INPUT/OUTPUT (I/O), DAN PERANGKAT TERSEBUT DIKENAL SEBAGAI PERIPHERAL. JIKA JARAK YG DIPINDAHKAN CUKUP JAUH DIKENAL SBG KOMUNIKASI DATA.

6 ORKOM-46  KOMPUTER JUGA HARUS DAPAT MENYIMPAN DATA DAN INFORMASI YANG TELAH DIOLAH.  TERAKHIR, HARUS TERDAPAT KONTROL BAGI KETIGA FUNGSI INI. DI DALAM SISTEM KOMPUTER, SEBUAH UNIT KONTROL MENGATUR SUMBER DAYA KOMPUTER DAN MEMBERIKAN RESPON TERHADAP INSTRUKTI – INSTRUKSI.

7 ORKOM-47 STRUKTUR KOMPUTER ADALAH SEBUAH ENTITAS ATAU OBJEK YANG BERINTERAKSI DENGAN CARA TERTENTU DENGAN DUNIA (LINGKUNGAN) LUAR. SECARA UMUM DAPAT DIKLASIFIKASIKAN SEBAGAI PERANGKAT PERIPHERAL ATAU SALURAN KOMUNIKASI.

8 ORKOM-48 CPU MAIN MEMORY COMPUTER SYSTEM INTERCONNECTION INPUT OUTPUT PERIPHERAL COMMUNICATION LINES STRUKTUR ATAS KOMPUTER

9 ORKOM-49 GAMBAR DIATAS TERDIRI DARI : CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU) : MENGONTROL KOMPUTER DAN MEMBENTUK FUNGSI – FUNGSI PENGOLAHAN DATANYA. SERING DISEBUT PROCESSOR. MEMORI UTAMA : MENYIMPAN DATA I/O : MEMINDAHKAN DATA ANTARA KOMPUTER DENGAN LINGKUNGAN. SYSTEM INTERCONNECTION : CARA KERJA KOMUNIKASI ANTARA CPU, MEMORI UTAMA DAN I/O.

10 ORKOM-410 YANG PALING MENARIK DAN KOMPLEKS ADALAH CPU. TERDIRI DARI : CONTROL UNIT : MENGONTROL OPERASI CPU DAN PADA GILIRANNYA MENGONTROL KOMPUTER. ARITHMETIC AND LOGIC UNIT (ALU) : UNTUK FUNGSI PENGOLAHAN DATA KOMPUTER. REGISTER : PENYIMPAN INTERNAL BAGI CPU (SEBAGAI INGATAN). CPU INTERCONNECTION :MEKANISME KOMUNIKASI ANTARA CU, ALU DAN REGISTER.

11 ORKOM-411 ADA 3 MACAM INGATAN : 1.REGISTER : UNTUK MENYIMPAN INSTRUKSI DAN DATA YANG SEDANG DI PROSES. 2.MAIN MEMORY, UNTUK MENYIMPAN INSTRUKSI DAN DATA YANG AKAN DIPROSES DAN HASIL PENGOLAHAN. 3.EXTENAL MEMORY, UNTUK MENYIMPAN DATA DAN PROGRAM SECARA PERMANEN (TETAP).

12 ORKOM-412 TEKNOLOGI KECEPATAN KOMPUTER TERCIPTANYA PENTIUM DAN POWERPC MERUPAKAN USAHA YANG TIDAK PERNAH KENAL LELAH DALAM MENCARI KECEPATAN PROCESSOR OLEH PABRIK-PABRIK KEPING – KEPING MICROPROCESSOR. PARA PEMBUAT KEPING AKAN MENCIPTAKAN GENERASI BARU DALAM SETIAP TAHUN.


Download ppt "ORKOM-41 BAB IV STRUKTUR DAN FUNGSI KOMPUTER MERUPAKAN SISTEM YANG KOMPLEKS. KOMPUTER BERISI JUTAAN KOMPONEN ELEKTRONIK. UNTUK DAPAT MENJELASKAN KOMPONEN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google