Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Matematika berasal dari bahasa Yunani, mathein dan mathenem yang berarti mempelajari.  Mathema : pengetahuan/ilmu  Mathein: belajar/berpikir  Matematika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Matematika berasal dari bahasa Yunani, mathein dan mathenem yang berarti mempelajari.  Mathema : pengetahuan/ilmu  Mathein: belajar/berpikir  Matematika."— Transcript presentasi:

1

2  Matematika berasal dari bahasa Yunani, mathein dan mathenem yang berarti mempelajari.  Mathema : pengetahuan/ilmu  Mathein: belajar/berpikir  Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang didapat dengan berpikir (bernalar)

3  Russefendi (1988)  Matematika sering disebut sebagai ilmu deduktif  James & James (1976)  Matematika adalah ilmu tentang logika, bentuk, susunan, besaran dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan lainnya.  Johnson & Rising (1972)  Matematika adalah pola pikir, pola pengorganisasian, pembuktian yang logis.

4  Reys –dkk (1984)  Matematika adalah telaah tentang pola dan hubungan suatu seni, bahasa dan alat.  Kline (1973)  Matematika bukan pengetahuan menyendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri.

5 Artinya konsep-konsep matematika tersusun secara hierarkis, terstruktur, logis dan sistematis mulai dari konsep yang paling sederhana sampai pada konsep yang paling kompleks.

6 Apa implikasinya? Mendorong berpikir logis, sistematis, dan mengembangkan sistem dokumentasi. Mendorong siswa menemukan struktur dan desain matematika Mendorong siswa menjelaskan sifat matematika

7 a)Unsur-unsur yang tidak didefinisikan  titik, garis, bidang, bilangan, dll (Unsur-unsur ini ada, tetapi kita tidak dapat mendefinisikannya) b)Unsur-unsur yang didefinisikan  sudut, persegi panjang, segitiga, bilangan ganjil, dll c)Aksioma dan Postulat (Asumsi-asumsi)  melalui dua titik sembarang dapat dibuat sebuah garis lurus, semua sudut yang tegak lurus satu dengan lainnya sama besar d)Dalil/Teorema  jumlah 2 bilangan ganjil adalah genap, jumlah ketiga sudut pada sebuah segitiga adalah 180 derajat

8 Matematika terdiri dari simbol-simbol yang padat arti dan berlaku secara universal (umum). Apa implikasinya?

9 Karena dalam matematika sering dicari keseragaman seperti keterurutan, keteraturan, dan keterkaitan pola dari sekumpulan konsep-konsep tertentu atau model-model tertentu yang merupakan representasinya untuk dapat dibuat generalisasi yang dibuktikan secara deduktif. Karena konsep-konsep matematika satu dengan lainnya saling berhubungan

10 Apa implikasinya?  Memberikan kesempatan siswa untuk melakukan kegiatan penemuan dan penyelidikan pola-pola untuk menentukan hubungan.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan percobaan dengan berbagai cara.  Mendorong siswa memahami dan menemukan hubungan antara pengertian satu dengan lainnya.  Mendorong siswa menarik kesimpulan umum

11 Apa implikasinya?  Mendorong inisiatif dan memberikan kesempatan berpikir beda.  Mendorong rasa ingin tahu, keinginan bertanya dan kemampuan menyanggah dan kemampuan memperkirakan.  Mendorong siswa menghargai penemuan siswa lainnya.  Mendorong berpikir refleksif.

12  Artinya matematika merupakan suatu alat/ cara/ alternatif yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah.  Matematika dapat menjadi suatu pendekatan dalam menjelaskan suatu permasalahan.  Apa implikasinya?

13  Karena matematika merupakan bahasa simbol yang universal, maka matematika dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang universal.  Apa implikasinya?

14 Matematika disebut ratunya ilmu karena matematika merupakan alat dan pelayan ilmu yang lain. Apa implikasinya? Matematika sebagai pelayan ilmu yang lain, misal pada biologi, fisika dan lain-lain. Matematika dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada perdagangan, pengukuran, ramalan / perkiraan, statistika, dan sebagainya.

15 Ciri utama matematika adalah:  Berpola pikir deduktif  Memiliki kajian objek abstrak  Bertumpu pada kesepakatan  Memiliki simbol yang kosong dari arti  Memperhatikan semesta pembicara  Konsisten dalam sistemnya.


Download ppt " Matematika berasal dari bahasa Yunani, mathein dan mathenem yang berarti mempelajari.  Mathema : pengetahuan/ilmu  Mathein: belajar/berpikir  Matematika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google