Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Diana Ikasari. Definisi Akuntansi :  Merupakan bahasa bisnis  Menyediakan cara untuk menyajikan dan meringkas kejadian-kejadian bisnis dalam bentuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Diana Ikasari. Definisi Akuntansi :  Merupakan bahasa bisnis  Menyediakan cara untuk menyajikan dan meringkas kejadian-kejadian bisnis dalam bentuk."— Transcript presentasi:

1 Diana Ikasari

2 Definisi Akuntansi :  Merupakan bahasa bisnis  Menyediakan cara untuk menyajikan dan meringkas kejadian-kejadian bisnis dalam bentuk informasi keuangan kepada pemakainya. Definisi Sistem Informasi Akuntansi : sistem informasi yang mengubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya.

3 1.Mendukung operasi sehari-hari ( to support the day-to –day operation) Contohnya : karyawan yang menerima cek pembayaran, supervisor yang memeriksa penjualan tiap harinya, pelanggan yang menerima faktur, pemasok yang menerima order pembelian, dll 2. Mendukung Pengambilan keputusan manajemen (to support decision making by internal decision maker)

4 3. Memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pertanggung jawaban ( to fulfill obligations relating to stewardship) : Manajemen perusahaan perlu melaporkan kegiatannya kepada stake holder. Dalam bentuk laporan keuangan yang terdiri dari Neraca, Laporan Rugi laba, laporan arus kas

5 1. Siklus Pendapatan (Revenue Cycle) 2. Siklus Pengeluaran Kas (Expenditure Cycle) 3. Siklus Konversi (Conversion Cycle) 4. Siklus manajemen sumber Daya manusia (Human Resource management Cycle) 5. Siklus Buku besar dan pelaporan Keuangan (general ledgerband financial reporting cycle)

6

7 1. Pemrosesan Pesanan Penjualan ( sales Order Processing ) : subsistem yang menangani pemrosesan pesanan dari pelanggan. 2. Pemrosesan Sediaan (Inventory Processing) : subsistem yang menangani perubahan dalam sediaan dan memberikan informasi pengiriman dan pemesanan kembali. 3. Piutang dagang (Account Receivable) : subsistem yang mencatat piutang pelanggan dan menghasilkan faktur, pernyataan pelanggan bulanan, serta laporan manajemen kredit.

8 4. Utang Dagang (Account Payable) : subsistem yang mencatat pembelian dan pembayaran utang kepada pemasok dan menghasilkan laporan manajemen kas. 5. Pembayaran Gaji (Pay Roll) : subsistem yang menangani penggajian, termasuk jam kerja dan bukti pembayaran, serta menghasilkan laporan terkait dengan penggajian. 6. Buku Besar ( General Ledger): Mengkonsolidasikan data dari sistem akuntansi yang lainnya dan menghasilkan pernyataan- pernyataan dan laporan bisnis yang bersifat periodik.


Download ppt "Diana Ikasari. Definisi Akuntansi :  Merupakan bahasa bisnis  Menyediakan cara untuk menyajikan dan meringkas kejadian-kejadian bisnis dalam bentuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google