Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Praktikan : Demi Yan Triani Siwi / 7101408179 Lina Budi Astuti / 7101408180 Guru Pamong : Sugyarti, S.Pd.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Praktikan : Demi Yan Triani Siwi / 7101408179 Lina Budi Astuti / 7101408180 Guru Pamong : Sugyarti, S.Pd."— Transcript presentasi:

1 Praktikan : Demi Yan Triani Siwi / Lina Budi Astuti / Guru Pamong : Sugyarti, S.Pd

2 Standar Kompetensi : Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa. Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.

3 Indikator : 1. Mendefinisikan pengertian dasar akuntansi. 2. Merumuskan kualitan akuntansi informasi. 3. Menjelaskan proses akuntansi dan informasi akuntansi. 4. Mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi masing-masimg pemakai. 5. Mengidentifikasi macam-macam bidang spesialisasi akuntansi. 6. Mengisentifikasi etika profesi akuntan.

4 Tujuan pembelajaran 1. Dengan metode ceramah dan diskusi Siswa mampu mendefinisikan pengertian dasar akuntansi dengan benar 2. Dengan metode ceramah dan diskusi Siswa mampu merumuskan kualitan akuntansi informasi dengan benar 3. Dengan metode ceramah dan diskusi Siswa mampu menjelaskan proses akuntansi dan informasi akuntansi dengan benar 4. Dengan metode ceramah dan diskusi Siswa mampu mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi masing-masing pemakai dengan benar 5. Dengan metode ceramah dan diskusi Siswa mampu mengidentifikasi macam-macam bidang spesialisasi akuntansi dengan benar 6. Dengan metode ceramah dan diskusi Siswa mampu mengisentifikasi etika profesi akuntan dengan benar

5 SISTEM INFORMASI AKUNTANSI Sistem Informasi Akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang merubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya.

6 Dalam SIA ada 2 pemakai informasi akuntansi yaitu: 1. Pihak ekstern  Para langganan  Para leveransir (supplier)  Para pemegang saham (stockholder)  Para pegawai  Para pemberi pinjaman  Instansi Pemerintah 2. Pihak Intern SIA menyiapkan informasi bagi manajemen dengan melaksanakan operasi-operasi tertentu atas semua data sumber yang diterimanya dan juga mempengaruhi hubungan organisasi perusahaan dengan lingkungan sekitarnya.

7 1. Untuk mendukung operasi-operasi sehari-hari (to Support the –day-to-day operations). 2. Mendukung pengambilan keputusan manajemen (to support decision making by internal decision makers). 3. Untuk memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pertanggung- jawaban (to fulfill obligations relating to stewardship). TUJUAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

8 KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI Informasi akuntansi yang berkualitas harus memenuhi syarat-syarat berikut ini: 1. Perbandingan antara manfaat dan biaya 2. Dapat dimengerti 3. Relevan 4. Dapat dipercaya 5. Nilai prediksi 6. Feedback (umpan balik) 7. Tepat waktu 8. Dapat dibandingkan (konsisten) 9. Materiality(cukup berarti)

9 Kegunaan informasi akuntansi A. Secara umum Untuk memperoleh informasi tentang perusahaan yang akurat sehingga para pemakai dapat mengambil keputusan dengan tepat. Sebagai alat pertanggungjawaban manajemen kepada para pemilik perusahaan. Untuk mengetahui perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun.

10 Kegunaan Sistem Informasi Akuntansi B. Secara Khusus Memberikan informasi keuangan yang dapat dipercaya mengenai informasi aktiva, kewajiban dan modal suatu perusahaan. Memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai perubahan dari aktiva bersih suatu perusahaan yang timbul dari kegiatan usaha dalam rangka memperoleh laba.

11 Memberikan informasi kepada pemakai laporan keuangan untuk memprediksi kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba Memberikan informasi penting lainnya seperti aktivitas pembiayaan dan investasi

12 Bidang Spesialisasi Akuntansi Bidang profesi akuntansi antara lain: akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, akuntansi pemeriksaan, akuntansi anggaran, akuntansi pemerintahan, akuntansi perbankan, akuntansi pendidik, sistem akutansi

13 REFERENSI 1. Buku Akuntansi kelas XI semester I, Yudistira


Download ppt "Praktikan : Demi Yan Triani Siwi / 7101408179 Lina Budi Astuti / 7101408180 Guru Pamong : Sugyarti, S.Pd."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google