Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Titik Rofiyanti 09620040 Akuntansi III A. Laporan keuangan merupakan laporan mengenai posisi kemampuan dan kinerja keuangan perusahaan serta informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Titik Rofiyanti 09620040 Akuntansi III A. Laporan keuangan merupakan laporan mengenai posisi kemampuan dan kinerja keuangan perusahaan serta informasi."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Titik Rofiyanti Akuntansi III A

2 Laporan keuangan merupakan laporan mengenai posisi kemampuan dan kinerja keuangan perusahaan serta informasi lainnya yang diperlukan oleh pemakai informasi akuntansi.

3 Tujuan Laporan Keuangan Memberikan satu bahasa yang dimengerti oleh semua pihak. Menunjukkan logika dari hubungan timbale balik antara laporan-laporan keuangan. Memperkenalkan beberapa prinsip keuangan yang pertama. Menetapkan pentingnya arus kas yang akan datangsebagai fondasi untuk mengukur nilai sekarang (present value) dan nilai yang akan datang (future value) suatu organisasi.

4  Menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan (aktiva, kewajiban dan ekuitas.  Menyediakan informasi mengenai kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi pemakai informasi akutansi dalam pengambilan keputusan.

5 Bagian – bagian Dari Laporan Keuangan Laporan laba rugi Laporan perubahan modal Neraca Laporan arus kas Catatan atas laporan keuangan

6 Laporan rugi laba adalah laporan yang mengikhtisarkan pendapatan dan pengeluaran perusahaan selama satu periode akuntansi, yang biasanya setiap satu kuartal atau satu tahun.

7 Perubahan modal perusahaan menggambarkan peningkatan atau penurunan aktva bersih atau kekayaan selama periode bersangkutan berdasarkan prinsip pengukuran tertentu yang dianut dan harus diungkapkan dalam laporan keuangan

8 Neraca adalah salah satu laporan keuangan untuk disajikan kepada para pengambil keputusan yang mempunyai tujuan umum (general purpose ).

9 Laporan arus kas dikelompokkan menurut 3 kegiatan utama yaitu : Aktivitas operasi, yang meliputi laba bersih, depresiasi, dan perubahan dalam aktiva lancer dan kewajiban lancer di luar kas dan utang jangka pendek. Aktivitas investasi, yang meliputi investasi atau penjualan aktiva tetap. Aktiva pendapatan, yang meliputi kas yang dihimpun selama tahun berjalan dengan menerbitkan utang jangka pendek, utang panjang atau saham.

10 Catatan atas laporan keuangan harus disajikan secara sistematis. Setiap pos dalam neraca, laporan laba rugi dan laporan arus kas harus berkaitan dengan informasi yang terdapat dalam catatan atas laporan keuangan Catatan atas laporan keuangan melipti penjelasan naratif atau rincian jumlah yang tertera dalam neraca, laporan laba rugi, laporan srus kas, dan laporanperubahan modal serta informasi tambahan seperti kewajiban kontijensi dan komitmen

11 Unsur – unsur Laporan Keuangan Unsur yang berkaitan secara langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah asset, kewajiban dan modal. Sedang unsur yang berkaitan dengan pengukuran kinerja dalam laporan laba rugi adalah penghasilan dan biaya. Laporan perubahan posisi keuangan biasanya mencerminkan berbagai unsur laporan laba rugi dan perubahan dalam berbagai nusur neraca. Dengan demikian, kerangka dasar ini tidak mengidentifikasikan unsure laporan perubahan posisi keuangan secara khusus.penyajian berbagai unsur ini dalam neraca dan laporan laba rugi memerlukan proses sub klasifikasi.

12 Pemakai Laporan Keuangan Investor Karyawan Pemberi Pinjaman Pemasok dan Kreditor usaha lainnya Pelanggan Pemerintah Masyarakat

13 Konsep Dasar Penyusunan Laporan Keuangan Konsep dasar ini membahas laporan keuangan untuk tujuanumum (general financial statements) yan selnjutnya disebut laporan keuangan, termasuk laporan keuangan konsolidasi. Laporan keuangan disusun dan disajikan sekurang-kurangnya setahun sekaliuntuk memenuhi kebutuhan sejumlah besar pengguna. Beberapa diantara pengguna ini memerlukan dan berhak untuk memperoleh informasi tambahan disamping yang tercakup dalam laporan keuangan. Namun demikian, banyak pengguna sangat tergantung pada laporan keuangan sebagai sumber utama informasi keuangan dan karena itu laporan keuangan tersebut seharusnya disusun dan disajikan dengan mempertimbangkan kebutuhan mereka.


Download ppt "Oleh : Titik Rofiyanti 09620040 Akuntansi III A. Laporan keuangan merupakan laporan mengenai posisi kemampuan dan kinerja keuangan perusahaan serta informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google