Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komputer Forensik dan Forensik Digital. Definisi Komputer Forensik  Juud Robin : Penerapan Secara Sederhana dari penyelidikan komputer dan teknik analisanya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komputer Forensik dan Forensik Digital. Definisi Komputer Forensik  Juud Robin : Penerapan Secara Sederhana dari penyelidikan komputer dan teknik analisanya."— Transcript presentasi:

1 Komputer Forensik dan Forensik Digital

2 Definisi Komputer Forensik  Juud Robin : Penerapan Secara Sederhana dari penyelidikan komputer dan teknik analisanya untuk menentukan bukti-bukti hukum yang mungkin.  Dan Farmer & Wietse Venema : Memperoleh dan menganalisa data dengan cara yang bebas dari distorsi atau bias sebisa mungkin, untuk merekontruksi data atau apa yang telah terjadi pada waktu sebelumnya di sistem.

3  Tedi Heriyanto : Teknik dan tool untuk mengambil, mengembalikan, mempertahankan, dan menguji bukti digital yang ada atau ditransmisikan oleh peralatan digital.  Peralatan digital mencakup : komputer, PDA, cellphone, laptop, printer, dan lain-lain.  Tedi Heriyanto : Teknik dan tool untuk mengambil, mengembalikan, mempertahankan, dan menguji bukti digital yang ada atau ditransmisikan oleh peralatan digital.  Peralatan digital mencakup : komputer, PDA, cellphone, laptop, printer, dan lain-lain.

4  Dalam satu dekade terakhir, jumlah kejahatan yang melibatkan komputer telah meningkat pesat, mengakibatkan bertabahnya perusahaan dan produk yang berusaha membantu penegak hukum dalam menggunakan bukti berbasis komputer untuk menentukan siapa, apa, dimana, dan bagaimana dalam sebuah kejahatan.  Karena itu komputer forensik telah berkembang untuk memastikan presentasi yang tepat bagi data kejahatan komputer di pengadilan.

5 Bukti digital adalah informasi yang didapat dalam bentuk/format digital (scientific Working Group on Digital Evidence, 1999). Contoh barang bukti digital :  1. , Alamat  2. File Wordprocessor / spreadsheet  3. Source code perangkat lunak  4. File berbentuk image (.jpeg,.tip, dan sebagainya)  5. Web Browser bookmarks, cookies.  6. Kalender, to-do list Bukti digital adalah informasi yang didapat dalam bentuk/format digital (scientific Working Group on Digital Evidence, 1999). Contoh barang bukti digital :  1. , Alamat  2. File Wordprocessor / spreadsheet  3. Source code perangkat lunak  4. File berbentuk image (.jpeg,.tip, dan sebagainya)  5. Web Browser bookmarks, cookies.  6. Kalender, to-do list

6  1. Dapat Diterima.  2. Asli.  3. Lengkap.  4. Dapat Dipercaya.  1. Dapat Diterima.  2. Asli.  3. Lengkap.  4. Dapat Dipercaya.

7  File yang di-undelete  File terhapus  Registry Windows  File spool printer  File hibernasi  File temporer  Slack space  File Swap  Cache Browser  Partisi alternatif atau tersembunyi  Beragam media removable (floppy,tape, flash disk, dll)  File yang di-undelete  File terhapus  Registry Windows  File spool printer  File hibernasi  File temporer  Slack space  File Swap  Cache Browser  Partisi alternatif atau tersembunyi  Beragam media removable (floppy,tape, flash disk, dll)

8  Menurut U.S Department of Justice ada tiga hal yang ditetapkan dalam memperoleh bukti digital:  1. Tindakan yang diambil untuk mengamankan dan mengumpulkan barang bukti digital tidak boleh mempengaruhi integritas data tersebut.  2. Seseorang yang melakukan pengujian terhadap data digital harus sudah terlatih.  3. Aktivitas yang berhubungan dengan pengambilan, pengujian, penyimpanan atau pentrasferan barang bukti digital harus didokumentasikan dan dapat dilakukan pengujian ulang.  Menurut U.S Department of Justice ada tiga hal yang ditetapkan dalam memperoleh bukti digital:  1. Tindakan yang diambil untuk mengamankan dan mengumpulkan barang bukti digital tidak boleh mempengaruhi integritas data tersebut.  2. Seseorang yang melakukan pengujian terhadap data digital harus sudah terlatih.  3. Aktivitas yang berhubungan dengan pengambilan, pengujian, penyimpanan atau pentrasferan barang bukti digital harus didokumentasikan dan dapat dilakukan pengujian ulang.

9

10

11  Identifikasi bukti digital yang potensial  Pengamanan dan penyalinan bukti digital  Pengujian yang cermat atas salinan bukti  Pelaporan  Identifikasi bukti digital yang potensial  Pengamanan dan penyalinan bukti digital  Pengujian yang cermat atas salinan bukti  Pelaporan

12

13

14

15  Hariyanto, Tedi.2007.Komputer Forensik Menggunakan Aplikasi Open Source.Jakarta:Kemkominfo


Download ppt "Komputer Forensik dan Forensik Digital. Definisi Komputer Forensik  Juud Robin : Penerapan Secara Sederhana dari penyelidikan komputer dan teknik analisanya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google