Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas Jaringan Komputer Laili Rohmawati MI-2/10. A.Definisi Protocol Merupakan himpunan aturan-aturan yang memungkinkan komputer satu dapat berhubungan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas Jaringan Komputer Laili Rohmawati MI-2/10. A.Definisi Protocol Merupakan himpunan aturan-aturan yang memungkinkan komputer satu dapat berhubungan."— Transcript presentasi:

1 Tugas Jaringan Komputer Laili Rohmawati MI-2/10

2 A.Definisi Protocol Merupakan himpunan aturan-aturan yang memungkinkan komputer satu dapat berhubungan dengan komputer lain. Merupakan himpunan aturan-aturan yang memungkinkan komputer satu dapat berhubungan dengan komputer lain. Aturan-aturan ini meliputi tata cara bagaimana agar komputer bisa saling berkomunikasi Aturan-aturan ini meliputi tata cara bagaimana agar komputer bisa saling berkomunikasi

3 B. Elemen Penting Protocol 1. Syntax mengacu pada struktur atau format data, yang mana dalam urutan tampilannya memiliki makna tersendiri.  Contoh : sebuah protocol sederhana akan memiliki urutan pada delapan bit pertama sebagai alamat pengirim, delapan bit ke-2 sebagai alamat penerima dan bit stream sisanya merupakan informasinya sendiri. sebuah protocol sederhana akan memiliki urutan pada delapan bit pertama sebagai alamat pengirim, delapan bit ke-2 sebagai alamat penerima dan bit stream sisanya merupakan informasinya sendiri.

4 2. Semantics mengacu pada maksud setiap section bit. Dengan kata lain adalah bagaimana bit-bit tersebut terpola untuk dapat diterjemahkan. 3. Timing mengacu pada 2 karakteristik, yakni kapan data harus dikirim dan seberapa cepat data itu dikirim

5 Jenis-Jenis Protocol 1. TCP/IP 2. IPX/SPX 3. AppleTalk 4. NetBios 5. DECNet 6. PPP 7. SNA 8. SNMP 9. SLIP

6 TCP/IP  Definisi: merupakan protocol standar pada jaringan internet yang tidak tergantung pada jenis komputer yang digunakan. Protokol yang ada didalamnya: 1.Protokol Lapisan Aplikasi: bertanggung jawab menyediakan akses pada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP. 1.Protokol Lapisan Aplikasi: bertanggung jawab menyediakan akses pada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP. 2. Protokol lapisan antar-host: berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless. 2. Protokol lapisan antar-host: berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless.

7 3. Protokol lapisan internetwork: bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket- paket data jaringan menjadi paket-paket IP. 3. Protokol lapisan internetwork: bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket- paket data jaringan menjadi paket-paket IP. 4. Protokol lapisan antarmuka jaringan: bertanggung jawab untuk meletakkan frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan. 4. Protokol lapisan antarmuka jaringan: bertanggung jawab untuk meletakkan frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan.

8  Keuntungannya: * dengan menggunakan TCP/IP akan memungkinkan berbagai komputer (seperti: PC IBM/Machintosh/Sun/HP/dll) berinteraksi satu dengan lain tanpa mengalami masalah yang berarti. * dengan menggunakan TCP/IP akan memungkinkan berbagai komputer (seperti: PC IBM/Machintosh/Sun/HP/dll) berinteraksi satu dengan lain tanpa mengalami masalah yang berarti.

9 IPX/SPX  Definisi: protokol standar pada jaringan Novell Netware, untuk mengatasi masalah internetworking pada jaringan PC.  Protokol yang ada didalamnya: 1.Service Advertising Protocol (SAP): 1.Service Advertising Protocol (SAP): berfungsi untuk mengiklankan dan memohon pelayanan dari Netware Server berfungsi untuk mengiklankan dan memohon pelayanan dari Netware Server

10 2.Routing Information Protocol RIP): 2.Routing Information Protocol RIP): Jenis distance vector protocol yang digunakan untuk netware IPX Jenis distance vector protocol yang digunakan untuk netware IPX 3.Netware Link Service Protocol: 3.Netware Link Service Protocol: Jenis protokol linkstate yang dikeluarkan perusahaan Novell Jenis protokol linkstate yang dikeluarkan perusahaan Novell 4.Netware Core Protokol: protokol yang memberikan client akses ke server resource 4.Netware Core Protokol: protokol yang memberikan client akses ke server resource

11 AppleTalk  Definisi: diciptakan oleh perusahaan Apple komputer, diterapkan pada jaringan dengan komputer mesin Apple, yang diperkenalkan pada tahun 1985  Protokol yang ada di dalamnya: 1.AppleTalk Filing Protocol(AFP): adalah protokol yang mengatur penerimaan dan pengiriman file dari komputer Apple. 1.AppleTalk Filing Protocol(AFP): adalah protokol yang mengatur penerimaan dan pengiriman file dari komputer Apple. 2.Zone Information Protocol(ZIP): adalah protokol untuk mengatur suatu daerah (zone) yang dibuat jaringan AppleTalk 2.Zone Information Protocol(ZIP): adalah protokol untuk mengatur suatu daerah (zone) yang dibuat jaringan AppleTalk

12 3.Routing Table Maintance Protocol (RTMP): merupakan protokol routing bagi AppleTalk yang berjenis distance vector. 3.Routing Table Maintance Protocol (RTMP): merupakan protokol routing bagi AppleTalk yang berjenis distance vector. 4.Name Binding Protocol (NPB): berfungsi untuk mengadakan translasi suatu nama dari alamat Appletalk 4.Name Binding Protocol (NPB): berfungsi untuk mengadakan translasi suatu nama dari alamat Appletalk 5.Datagram Delivery Protocol (DDP): 5.Datagram Delivery Protocol (DDP): Berfungsi memberikan alamat yang unik bagi setiap node di dalam jar.Appletalk Berfungsi memberikan alamat yang unik bagi setiap node di dalam jar.Appletalk 6.Ethertalk, Tokentalk dan FDDItalk: protokol- protokol yang menunjang jaringan Rthernet, Token dan FDDI di jar.AppleTalk 6.Ethertalk, Tokentalk dan FDDItalk: protokol- protokol yang menunjang jaringan Rthernet, Token dan FDDI di jar.AppleTalk 7.Appletalk address: terdiri 2 bagian yaitu 16 bit untuk no jar. Dan 8 bit untuk no node 7.Appletalk address: terdiri 2 bagian yaitu 16 bit untuk no jar. Dan 8 bit untuk no node 8.Appletalk Zone 8.Appletalk Zone 9.Apple Talk Discovery Mode 9.Apple Talk Discovery Mode

13 Net Bios :  Definisi: NetBIOS (singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: Network Basic Input/Output System) adalah sebuah spesifikasi yang dibuat oleh International Business Machine (sebenarnya dibuat oleh Sytek Inc. untuk IBM) dan Microsoft yang mengizinkan aplikasi-aplikasi terdistribusi agar dapat saling mengakses layanan jaringan, tanpa memperhatikan protokol transport yang digunakan. Versi NetBIOS paling baru adalah NetBIOS versi 3. Implementasi versi awal dari NetBIOS hanya mengizinkan jumlah node yang terhubung hingga 72 node saja. Versi-versi selanjutnya memperluas jumlah node yang didukung hingga ratusan node dalam sebuah jaringan. NetBIOS yang berjalan di atas protokol TCP/IP (NetBIOS over TCP/IP) didefinisikan dalam RFC 1001, RFC 1002, dan RFC 1088.

14 DECnet:  Definisi: suatu protokol yang mendukung Ethernet-style LAN dan baseband maupun broadband WAN terutama jalur private dan jalur public. DECnet menghubungkan PDP, VAX, PC, Mac dan workstation lainnya.

15 PPP(point to point protocol)  Definisi: adalah data link protocol yang menyediakan akses dial-up melalui port serial. PPP dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IEEE) pada tahun 1991, dan menjadi populer karena kualitasnya yang baik untuk membangun koneksi berkecepatan tinggi antarnode komputer dengan dial-up networking melalui jalur komunikasi publik (PSTN) PPP dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IEEE) pada tahun 1991, dan menjadi populer karena kualitasnya yang baik untuk membangun koneksi berkecepatan tinggi antarnode komputer dengan dial-up networking melalui jalur komunikasi publik (PSTN)

16 SNA (Systems network architecture)  Definisi: sebuah protokol yang menjadi standar jaringan mainframe IBM yang diperkenalkan pada tahun Awalnya merupakan arsitektur terpusat dengan sebuah host komputer yang mengatur banyak terminal.

17 SNMP(Simple Network Management Protocol)  Definisi: adalah sebuah protokol yang digunakan untuk memantau dan mengontrol jaringan dari tempat lain(jauh). Data dilewatkan dari SNMP agent yang berupa hardware atau software yang melaporkan suatu aktifitas/proses pada beberapa perangkat jaringan seperti hub, router, bridge dll

18 SLIP (Serial Line IP)  Definisi: adalah sebuah data link protocol untuk dial-up acces ke jaringan TCP/IP. Biasanya digunakan untuk mendapatkan akses internet.  Protokol yang ada didalamnya: 1.AX.25: adalah turunan dari protokol X.25 akan tetapi digunakan sebagai protokol penghubung dalam jaringan packet radio. 1.AX.25: adalah turunan dari protokol X.25 akan tetapi digunakan sebagai protokol penghubung dalam jaringan packet radio.

19 2.UUCP (Unix to unix copy program) 2.UUCP (Unix to unix copy program) awalnya dikembangkan untuk mengirimkan file antarmesi Unix. File-file ini dapat berupa surat elektronik ( ) maupun konferensi elektronik (news). awalnya dikembangkan untuk mengirimkan file antarmesi Unix. File-file ini dapat berupa surat elektronik ( ) maupun konferensi elektronik (news).

20


Download ppt "Tugas Jaringan Komputer Laili Rohmawati MI-2/10. A.Definisi Protocol Merupakan himpunan aturan-aturan yang memungkinkan komputer satu dapat berhubungan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google