Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BERTERNAK SAPI BAYU WIANTO Kelas E No. Absen 33 NIM. 115050101111078.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BERTERNAK SAPI BAYU WIANTO Kelas E No. Absen 33 NIM. 115050101111078."— Transcript presentasi:

1 BERTERNAK SAPI BAYU WIANTO Kelas E No. Absen 33 NIM

2 MANFAAT BERTERNAK SAPI Menciptakan lapangan kerja bagi keluarga. Mendapatkan pupuk kandang dari kotorannya. Pemanfaatkan tenaga sapi untuk pengolahan lahan. Hasil jual ternak.

3 SYARAT PEMBUATAN KANDANG Tata Letak Kandang. Ukuran dan Bentuk Kandang. Lantai dan Atap Kandang. Perlengkapan Kandang. Pemeliharaan Kandang.

4 P ilih sapi dara yang sehat Kondisi tubuhnya padat berisi, tapi tidak gemuk Bagian leher dan bahunya lebar Bagian dada lebar, dalam dan menonjol ke depan Pemilihan Sapi Sapi untuk Calon Bibit :

5 Sapi Jantan untuk penggemukan : Pilihlah sapi jantan yang berat lahirnya tinggi Berkaki pendek dengan kondisi tubuh yang baik bagian bahu dan bagian lehernya lebar Bagian dada lebar, dalam, dan menonjol ke depan.

6 PAKAN Pakan serat : hijauan pakan ternak (rumput-rumputan, kacang-kacangan, dan daunan lainnya), dan jerami (jerami padi, jagung, kacang tanah dan sebagainya). Pakan penguat atau konsentrat.

7 PEMBERIAN PAKAN 1)Rumput yang diberikan adalah rumput yang berkualitas baik, 2)Banyaknya hijauan yang diberikan dalam jumlah cukup untuk pertumbuhan, 3)Memberikan campuran hijauan leguminosa (kacang-kacangan), 4)Usahakan hijauan pakan yang diberikan, 5)Berikan pakan penguat sebanyak 1% dari berat badan.

8 SSecara Alami IInseminasi Buatan Catatan : Perkawinan dapat dilakukan pada saat sapi betina birahi (minta kawin).

9 Tanda-tanda Sapi Birahi Sapi gelisah dan tidak tenang Sapi sering menguak/melenguh tetap diam kalau dinaiki sapi lainnya Sapi mencoba menaiki ternak lainnya Pangkal ekornya sering terangkat sedikit keluar cairan jernih transparan dari kemaluannya.

10 Menjaga sanitasi kandang Mengikuti program vaksinasi oleh Dinas Peternakan Menjaga kebersihan badan sapi Mengobati luka-luka yang ada dan memberikan desinfektan Selalu menghubungi POSKESWAN, bila ada ternak yang sakit

11


Download ppt "BERTERNAK SAPI BAYU WIANTO Kelas E No. Absen 33 NIM. 115050101111078."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google