Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDAHULUAN. APAKAH TEORI BAHASA OTOMATA ?? Merupakan teori komputasi dari komputer digital dengan konsep formalisasi dan prosedur2x efektif dalam model-model.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDAHULUAN. APAKAH TEORI BAHASA OTOMATA ?? Merupakan teori komputasi dari komputer digital dengan konsep formalisasi dan prosedur2x efektif dalam model-model."— Transcript presentasi:

1 PENDAHULUAN

2 APAKAH TEORI BAHASA OTOMATA ?? Merupakan teori komputasi dari komputer digital dengan konsep formalisasi dan prosedur2x efektif dalam model-model (gagasan) fundamental. Penerapan penting model komputasi yaitu kompilasi.

3 Bahasa manusia sampai saat ini tidak bisa diketahui bagaimana cara manusia mengartikan bahasa, sebaliknya untuk bahasa komputer dapat diketahui cara mengartikannya. Grammar adl perangkat formal yg berisi sejumlah aturan menspesifikasikan bahasa berisi semua string sesuai dg deskripsi dan definisi sintaks bahasa pemrograman dan bahasa formal lainnya.

4 Finite otomata adl mesin abstrak sederhana yg dirancang/dimodelkan utk menyelesaikan berbagai perangkat lunak. Ex: neuron nets,swiching circuit, dan perancangan kompilator. Model komputasi terdiri dari 3 model: 1.FSA ; terdiri atas DFA dan N-FA 2.PDA ; terdiri atas DPDA dan N-PDA 3.Mesin turing

5 FSA dan ER digunakan dalam perancangan Lexical analyzer yaitu bagian kompilator bertugas mengelompokkan karakter2x menjadi token-token. PDA dan CFG; utk sebarang CFG terdapat PDA yg dpt mengenal bahasa hasil CFG (ekuivalen). Ex: pemrograman,markup,kamus data,query,perintah,script,printer,parser,dll.

6 Mesin Turing ;utk mengidentifikasi ketidakmungkinan komputasi.seperti sebarang fungsi tidak ada solusi secara komputasi bila tidak dpt dikomputasi dg mesin turing.

7 Otomata adalah suatu bentuk yang memiliki fungsi-fungsi dari komputer digital.Menerima input, menghasilkan output, bisa memiliki penyimpanan sementara, dan mampu membuat keputusan dalam mentransformasikan input ke output. Otomata merupakan suatu sistem yang terdiri atas sejumlah berhingga state, dimana state menyatakan informasi mengenai input yang lalu, dan dapat pula dianggap sebagai memori mesin. Input pada mesin otomata dianggap sebagai bahasa yang harus dikenali oleh mesin. Selanjutnya mesin otomata membuat keputusan yang mengindikasikan apakah input itu diterima atau tidak. Sebuah string input diterima bila mencapai state akhir / final state yang digambarkan dengan lingkaran ganda.

8 Ilustrasi model komputasi Memori sementra Memori program CPU Memori masukan Memori keluaran

9 Dasar-dasar teori Bahasa Utk komunikasi diperlukan ‘bahasa’. berdasarkan ‘grammar’ akan terjadi pemahaman. Terminologi TBO : alphabet (himpunan simbol/karakter),penyambungan,penggabung an dan string pd alphabet V. Alphabet  kata(string)  kalimat (bahasa)

10 Alphabet adl himpunan tdk kosong yg berhingga, terdiri dari angka,huruf dan karakter khusus. Penyambungan dan penggabungan. Misal : A={‘123’} dan B = {‘abc’} A.B = {‘123abc’} adl penyambungan A+B = {‘123’,’abc’} adl penggabunganstring Misalkan V sebarang himp alphabet maka V* :himp string dlm V termasuk string kosong (empty). V + : himp string dlm V yg tidak termasuk string kosong. V o : himp yg hanya berisi string kosong (string tanpa simbol). V k : himpunan string dg panjang k. V={‘a’};V.V=V 2 ={‘aa’};V.V.V=V 3 ={‘aaa’};dst..

11 Panjang/norma suatu string Notasi : “| |” |e| =0 |a|=1 |aa|=2 |aaa|=3 |abcdf|=5 |xy| = |x|+|y|, x dan y adl string Hukum asosiatif utk penyambungan: (xy)z=x(yz) Hukum komutatif tdk berlaku utk penyambungan: xy tdk sama dg yx.

12 LEKSIK, SINTAKS & SEMANTIKS Leksik : karakter dasar yg membentuk token. V={‘a’..’z’, ‘0’..’9’, ‘,’,’.’,’;’,’:’,’!’,’^’,’%’,’=’,’>’, ’<’,’+’,’=’,’*’,’/’,’’’,’-’,’_’,’)’,’(’} Token merup bagian terkecil dari bhs pemrograman berupa keyword (kata cadangan) dan identifier. Ex: if, then, <>,, nama variabel,nama fungsi, nama prosedur.

13 Sintaks (tata cara penulisan) ; penyambungan token-token hrs memenuhi sintaks.sintaks yg tepat menghasilkan kalimat/string dlm bhs pemrog tertentu. Ex: if..then, for..to..do, function …, procedure …, dst. Semantiks (mempunyai makna) : susunan sintaks yg sesuai dengan semantiks akan diterima oleh kompilator dan diterjemahkan ke dlm bhs mesin.ex: operasi2x yg sesuai dg tipe data, ekspresi/kondisi yg tepat pd algoritma, dll.

14 Prefiks, suffiks & Substring Misal string xyz = s maka : prefiks darinya x Suffiks darinya z Prefiks dan suffiks adalah substring. Proper suffiks (suffiks asli) string s adl x dan x = s Proper prefiks (prefiks asli) string s adl x dan x = s


Download ppt "PENDAHULUAN. APAKAH TEORI BAHASA OTOMATA ?? Merupakan teori komputasi dari komputer digital dengan konsep formalisasi dan prosedur2x efektif dalam model-model."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google