Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Attention  Setiap orang tahu apa yang disebut dengan perhatian. Yaitu menetapnya pikiran dalam bentuk yang nyata dan jelas pada satu benda atau serangkaian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Attention  Setiap orang tahu apa yang disebut dengan perhatian. Yaitu menetapnya pikiran dalam bentuk yang nyata dan jelas pada satu benda atau serangkaian."— Transcript presentasi:

1 Attention  Setiap orang tahu apa yang disebut dengan perhatian. Yaitu menetapnya pikiran dalam bentuk yang nyata dan jelas pada satu benda atau serangkaian pikiran. Fokus, konsentrasi dan kesadaran merupakan bagian intinya. William James

2 Aspek Perhatian  Selectivity/ Pemilihan - Merupakan aspek selektif dari perhatian kita. Kita memperhatikan beberapa aspek dari lingkungan kita dan mengabaikan yang lainnnya.  Konsentrasi Investasi upaya mental pada satu atau lebih tugas.

3 Teori Perhatian  Bottleneck theory/ teori leher botol - Model saringan Broadbent Pada fase pengenalan pola terjadi fenomena leher botol, dimana informasi masuk dalam jumlah banyak namun hanya beberap saja yang lolos saringan. Perhatian menjadi penentu mana informasi yang akan mencapai tahap pengenalan pola/ pattern recognition. - Di sini perhatian menjadi saringan/ filter agar otak kita tidak terbebani dengan terlalu banyak informasi dari persepsi/ penginderaan kita.

4 A mechanical model of attention/ Broadbent’s model

5 Theories of attention … cont  Treisman’s attenuation model - Teori ini mementingkan efek konteks. - Filter  Membedakan informasi berdasar karakteristik fisik, seperti lokasi, intensitas, nada (untuk suara) - Ada semacam kamus/ Dictionary pikiran kita yang mengkonfirmasi dan mengenali informasi tersebut. - threshold/ ambang: Aktivasi minimal yang diperlukan untuk menyadari stimulus. - Attenuation/ Penyingkiran: berkurangnya intensitas stimulus pada informasi yang tidak kita perhatikan 9sehingga kemudian stimulus tersebut kita abaikan, kita memperhatikan stimulus lainnya).

6 Context Effects The context in which an object appears influences our perception of it. In Example A of this illustration, you perceive a B or an 8 depending on whether you read the row of letters or the column of numbers. In Example B, the green circles are the same size but appear to be different sizes because of the context of the surrounding red circles.

7 Theories of attention … cont  Deutsch Memory Selection Model - Menurutnya kepadatan informai (sehingga jam dan menjadi fenomena leher botol) terjadi setelah pengenalan pola. - Masalah perhatian muncul tidak pada persepsi tapi pada bagaimana seleksi terhadap stimulus itu untuk masuk ke dalam memory, setelah persepsi muncul. Dari pengertian ini teori Deutsch disebut sebagai - Late selection model (Model seleksi tertunda)

8 Stroop Effect

9 Capacity Model (KAHNEMAN)  Tugas memperhatikan membutuhkan upaya mental (yaitu jumlah kapasitas mental yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas)  Terjadi proses alokasi kapasitas. Informasi yang membutuhkan perhatian ini akan memperebutkan kapasitas yang kita miliki.  Arousal: Kedaan fisiologis yang mempengaruhi distibusi kapasitas. Semakin tinggi picu biologi yang dimunculkan memerlukan kapasitas mental lebih banyak.  Bagaimana kita memutuskan untuk meperhatikan objek yang akan kita perhatikan? begantung pada beberapa hal: - disposisi mental yang kita miliki yang berdasar pada prinsip perhatian otomatis. Peristiwa yang janggal, benda yang tiba-tiba bergerak, atau pemanggilan nama kita akan membuat kita memperhatikan. Hal ini dapat terjadi manakala stimulus itu tidak melebihi kapasitas yang kita miliki. - Momentary intention: keputusan yang disadari untuk memilih mana yang harus kita perhatikan.

10 Automatic processing Posner and Snyder (1975)  Muncul tanpa perhatian  Tidak memerlukan kesadaran untuk melakukannya.  Tidak saling mengganggu aktivitas mental lainnya.


Download ppt "Attention  Setiap orang tahu apa yang disebut dengan perhatian. Yaitu menetapnya pikiran dalam bentuk yang nyata dan jelas pada satu benda atau serangkaian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google