Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menggunakan Tools Global Forest Watch Map Musnanda Maret 2015

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menggunakan Tools Global Forest Watch Map Musnanda Maret 2015"— Transcript presentasi:

1 Menggunakan Tools Global Forest Watch Map Musnanda Maret 2015

2 Pendahuluan Global Forest Watch (GFW) adalah sistem online untuk monitoring hutan yang interaktif yang dibangun untuk penguatan semua pihak dengan menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk mengelola kawasan dengan lebih baik. Global forest watch map dibangun WRI dan masih terus mengalami penyempurnaan dengan beberapa penambahan tema dan fungsi analisis di dalamnya. Web ini menjadi sebuah platform yang dijadikan acaun dalam berbagai kegiatan terkait dengan spatial analysis dan sustainable land management.

3 WRI Tools Global Forest Watch Map – interactive maps Global Forest Watch Map – interactive maps Global Forest Watch Map Global Forest Watch Map Menampilkan peta interaktif mengenai tree loss dan gain serta data kehutanan dan lahan lain dari berbagai sumber. Country Profile Country Profile Country Profile Country Profile Menampilkan rangkuman kondisi tutupan hutan per negara GFW Fires GFW Fires GFW Fires GFW Fires Menampilkan data kebakaran (hotspots) berdasarkan pantauan satelit NASA, NOAA. GFW Commodities Menampilkan data kesesuaian lahan untuk sawit dan fungsi analisis lainnya.

4 Tampilan Antarmuka

5 Menu Utama Icon untuk memilih beberapa fungsi termasuk tools untuk forest fire dan commodities (oil palm) Data dalam Web dapat di download, WRI menyediakan link ke sumber data spatial seperti data set Hansen (untuk forest/tree loss) Menu lainnya dapat di akses termasuk bagaimana bisa berpartisipasi dalam proses update data

6 Global Forest Watch Map Merupakan peta interaktive yang menampilkan layer-layer terkait hutan dan lahan. Layer utama adalah forest/tree loss dan gain yang merupakan hasil kajian perubahan tutupan lahan dengan menggunakan data citra satelit (Landsat). Menampilkan layer-layer lain dalam menu.

7 Fungsi Analisis dalam GFW Menyediakan fungsi analisis dengan menggambarkan wilayah dalam peta. Analisis dilakukan dengan menggambar poligon langsung pada peta Akan langsung keluar hasil analisis dimana analisis ini akan sesuai dengan tema/layer peta yang ditampilkan pada menu forest change..

8 Tampilan Profile per Negara

9 Tampilan GFW Fires

10 Fungsi Analisis dalam GFW Fires Menyediakan fungsi analisis berdasarkan pulau atau wilayah provinsi. Melakukan overlay data hotspot dengan data-data lain seperti data konsesi, kawasan lindung, dll Hasil analisis (seperti sebaran titik api,overlay dengan konsesi) akan ditampilkan pada tab yang berbeda (kecepatan analisis akan tergantung pada luas wilayah dan rentang waktu).

11 Tampilan GFW Commodities

12 Menu dan Analisis Kesesuaian Menu menampilkan perubahan hutan, konservasi serta konsesi. Salah satu menu analisis standar adalah analisis kesesuaian yang bisa menggunakan parameter standar WRI atau di customize sesuai dengan user. Perubahan parameter kesesuaian ini akan langsung terlihat di peta.

13 Fungsi Analisis dalam GFW Commodities Menampilkan peta kesesuaian sawit yang dapat di modifikasi sesuai parameter kesesuaian lahan sawit. Melakukan overlay peta tree loss gain dengan data-data konsesi komoditi tertentu seperti palm oil, logging, mining. Melakukan analisis per lokasi (wilayah admin, konsesi, group) untuk melihat loss gain atau luasan. Analisis dilakukan mengikuti alur yang disediakan.

14 Halaman Mengunduh Data

15 Data Spatial Tersedia GFW menyediakan fasilitas download data dalam bentuk raw data. Beberapa data di link- kan langsung ke sumber asli data tersebut. Penggunaan data spatial hasil download dengan menyebutkan sumber data aslinya.

16 Diskusi Bagaimana peran TNC untuk mendukung GFW? Membangun link GFW dengan WebGIS berau dan rencana pembangunan dashboard informasi spatial Kaltim.

17 Terima Kasih


Download ppt "Menggunakan Tools Global Forest Watch Map Musnanda Maret 2015"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google