Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Teknologi Informatika Dosen : Nahot Frastian, S.Kom Disusun oleh : NPM 1. Wahyu Santoso 201243500579 2. Untari widi astuti201243500581 3. Eko.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Teknologi Informatika Dosen : Nahot Frastian, S.Kom Disusun oleh : NPM 1. Wahyu Santoso 201243500579 2. Untari widi astuti201243500581 3. Eko."— Transcript presentasi:

1 Pengantar Teknologi Informatika Dosen : Nahot Frastian, S.Kom Disusun oleh : NPM 1. Wahyu Santoso Untari widi astuti Eko Susanto Program Study : Teknik Informatika UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

2 BAB I Dasar – Dasar Perangkat Keras 1. Kerja Komputer Menurut Elias M. Awad, komputer adalah alat hitung yang memproses data yang disajikan dalam bentuk data diskret (digital) dan data kontinyu (analog). Berikut ini cara penjelasan tentang cara kerja komputer : a) Peralatan Input b) Prosesor c) Memori d) Output Device

3 2.Byte Apa yang dimaksud Bit, Byte, Mega Byte, Kilo Byte, Giga Byte,Tera Byte | Definisi Bit, Byte, Mega Byte, Kilo Byte, Giga Byte, Tera Byte | Istilah Bit, Byte, Mega Byte, Kilo Byte, Giga Byte,Tera Byte dalam Flash Disk, Har Disk, atau Memory Card. Berikut ini adalah pergertian dan definisi dari istilah-istilah tersebut : A. Bit adalah satuan paling dasar dalam jaringan komputer, atau bagian dalam komputer. B. Byte adalah 1 byte terdiri dari 8 bit. C. KiloByte adalah Kilo artinya 1000, dan byte adalah satuannya, maka bisa diartikan 1 Kb = 1000 byte. tetapi yang sebenarnya bukan itu. yang diambil adalah "pendekatan" dari angka 1000, yaitu 1024 byte. D. MegaByte adalah mega byte juga seperti kilo byte, karena 1000 kilo = 1 mega maka 1mb = 1000 kb, atau lebih tepatnya 1024 kb. E. GigaByte adalah secara konsep sama seperti diatas, 1 Gb = 1024 Mb F. TeraByte adalah sama juga, 1 Tb = 1024 Gb.

4 3. Inti Dari Komputer Inti – inti dari perangkat komputer adalah sebagai berikut : A. Prosesor. B. Motrherboard. C. Memori. D. Graphics Card. E. Sound Card. F. Power Supply.

5 4 Memori Komputer A.Pengertian Memori Merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). B.Penggunaan Memory Komponen utama dalam sistem komputer adalah Arithmetic and Logic Unit (ALU), Control Circuitry, Storage Space dan piranti Input/Output. Tanpa memori, komputer hanya berfungsi sebagai piranti pemroses sinyal digital saja, contohnya kalkulator atau media player.

6 C. Jenis – jenis Memory Beberapa jenis memori yang banyak digunakan adalah sebagai berikut: Jenis – jenis Memory Beberapa jenis memori yang banyak digunakan adalah sebagai berikut: Register prosesor RAM atau Random Access Memory Cache Memory (SRAM) (Static RAM) Memori fisik (DRAM) (Dynamic RAM) Perangkat penyimpanan berbasis disk magnetis Perangkat penyimpanan berbasis disk optik Memori yang hanya dapat dibaca atau ROM (Read Only Memory) Flash Memory Punched Card (kuno) CD atau Compact Disk DVD D.Pembagian Memory Dalam pembicaraan mengenai arsitektur komputer seperti arsitektur von Neumann, misalnya, kapasitas dan kecepatan memori dibedakan dengan menggunakan hierarki memori

7 5. Alat Input Proses Output a. Alat Input adalah alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah kedalam komputer. b. Alat Pemproses adalah alat-alat yang berfungsi mengolah data kedalam komputer setelah mengalami proses Input. Contoh dari alat pemproses adalah Processor c. Alat Output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi.

8 6. Alat Penyimpan Alat penyimpanan berfungsi sebagai tempat dimana kita dapat mengumpulkan beberapa data yang kita inginkan di bawah ini contoh-contoh dari alat penyimpanan diantaranya adalah : 1.DISKET 2. CD 3. Flash Disk

9 7. Sistem Komputer Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakanoutput dalam bentuk informasi).

10 BAB II DASAR – DASAR PERANGKAT LUNAK 1. PEMPROSESAN Komputer memproses data menjadi suatu informasi yang berguna bagi penggunanya. Dengan komputer diharapkan dapat meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai macam masalah. Sebelum menjadi informasi, data tersebut diproses melalui perangkat keras (hardware) dengan menggunakan perangkat lunak (software).

11 Hierarki Informasi Di dalam teori, hierarki informasi disusun mulai dari pengumpulan data/fakta, pengolahan dan pengurutan data dengan proses seleksi sampai menjadi sesuatu yang berguna berupa informasi. Informasi yang disusun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge (pengetahuan).

12 1. Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. 2.Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses data 3. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.

13 Perangkat lunak komputer berfungsi untuk : Mengidentifikasi program Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

14 Berdasarkan perkembangannya, perangkat lunak dibagi menjadi beberapa era, yaitu : Era Pemula (Pionir) Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antarbagian dalam komputer.Cara mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang dilubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung oleh sebuah program untuk sebuah mesin dengan tujuan tertentu. Era Stabil Pada era ini penggunaan komputer sudah banyak digunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri/perusahaan. Era Mikro Pada era ini, perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Era Modern Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesor-nya, sebuah komputer genggampun telah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, mesin cuci, AC dan microwave, telah ditanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu.

15 Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam,yaitu : 1. Sistem Operasi (Operating System) Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Fungsi utama sistem operasi: Menyimpan program dan aksesnya Membagi tugas di dalam CPU Mengalokasikan tugas-tugas penting Merekam sumber-sumber data Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data Memeriksa kesalahan sistem Multitugas pada OS/2″, Windows ‘95″, Windows ‘98″, Windows NT”, /2000/XP Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID

16 2. Program Aplikasi (Aplication Programs) Merupakan suatu program paket yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan tertentu. Word Processing (Pengolah Kata) Program Database Program Spreadsheet Program CAD (Computer Aided Design) Program Layout Artikel (Publisher)

17 3. Bahasa Pemrograman(Programming Language) Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer. Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.

18 Bahasa Pemrograman (Programming Language), Bahasa tingkat rendah (low level language), Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1. Bahasa tingkat tinggi (high level language), Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN. Bahasa generasi keempat (4 GL), Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C+

19 4. Program Bantu (Utility) Merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain. Contoh Software ini diantaranya : Norton Utility Winzip Norton Ghost Antivirus

20 Interves Pengguna Antarmuka pengguna merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan.

21 Kesimpulan Sistem operasi Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software. Program komputer Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya


Download ppt "Pengantar Teknologi Informatika Dosen : Nahot Frastian, S.Kom Disusun oleh : NPM 1. Wahyu Santoso 201243500579 2. Untari widi astuti201243500581 3. Eko."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google