Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RISIKO DEVI YULIANTY 3215076838. Jangan berpikir bahwa kerugian itu akan terjadi pada orang lain. Ingat, hal itu juga akan terjadi pada ANDA. Dan jika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RISIKO DEVI YULIANTY 3215076838. Jangan berpikir bahwa kerugian itu akan terjadi pada orang lain. Ingat, hal itu juga akan terjadi pada ANDA. Dan jika."— Transcript presentasi:

1 RISIKO DEVI YULIANTY

2 Jangan berpikir bahwa kerugian itu akan terjadi pada orang lain. Ingat, hal itu juga akan terjadi pada ANDA. Dan jika anda TIDAK BERSIAP-SIAP maka anda akan akan benar-benar mengalami KESULITAN YANG BESAR.

3 Risiko menurut BISNIS kemungkinan kerugian yang dihubungkan dengan aset dan sumber pendapatan dari perusahaan. Risiko Pasar Ketidakpastian yang berkaitan dengan situasi, dimana hanya ada kerugian terjadi atau tidak sama sekali. Risiko Murni Ketidakpastian yang berhubungan dengan keputusan investasi. DEFINISI RISIKO

4 RISIKO terbagi menjadi 3 yaitu…. RISIKO PROPERTI RISIKO PELANGGAN RISIKO PERORANG AN Berdasarkan jenis aset (fisik atau manusia) yang membutuhkan perlindungan.

5 RISIKO PROPERTI  Kebakaran  Bencana Alam  Pencurian Toko  Penipuan Bisnis  Kebakaran  Bencana Alam  Pencurian Toko  Penipuan Bisnis RISIKO PELANGGAN  Kerugian On-Premis  Jaminan Produk  Kerugian On-Premis  Jaminan Produk RISIKO PERORANGAN  Ketidakjujuran Karyawan  Kompetisi dari Mantan Karyawan  Kehilangan Eksekutif Kunci  Ketidakjujuran Karyawan  Kompetisi dari Mantan Karyawan  Kehilangan Eksekutif Kunci

6 PENANGANAN RISIKO

7 Segala cara untuk menangani resiko yang didesain untuk mempertahankan aset dan kekuatan yang dikumpulkan dari perusahaan. PROSES Penanganan Risiko 1. Mengidentifikasi risiko 2. Mengevaluasi risiko : menilai besarnya potensi setiap risiko menghasilkan kerugian dan kemungkinan yang akan terjadi.

8 KONTROL RISIKO : Meminimalkan kerugian melalui penghindaran atau pengurangan risiko PENDANAAN RISIKO : Membuat dana yang akan dapat digunakan untuk menutup kerugian yang tidak dapat dikendalikan oleh kontrol sosial melalui pemindahan risiko atau menahan risiko 3. Memilih metode untuk menangani risiko PROSES Penanganan Risiko

9 4. Menerapkan Keputusan 5. Mengevaluasi dan Mengulangi

10 Sebutkan jenis-jenis risiko berdasarkan jenis aset secara fisik atau manusia yang membutuhkan perlindungan? Contoh Soal 1 RISIKO PROPERTIRISIKO PERSONALRISIKO PELANGGAN  Kebakaran  Ketidakjujuran dari pegawai yang ada  Kerugian on-premis  Bencana Alam  Persaingan dari mantan karyawan  Jaminan produk  Penipuan dan Pencurian Bisnis  Hilangnya eksekutif penting.  Pencurian Toko

11 Sebutkan dan Jelaskan proses penanganan risiko ? Contoh Soal 2 Langkah 1 : Mengidentifikasikan risiko. Penting bagi seorang pemilik bisnis untuk menyadari risiko yang dihadapi perusahaan. Metode identifikasi yang paling berguna termasuk kebijaksanaan daftar periksa, pertanyaan dan berkas keuangan, asuransi dan analisis secara hati-hati pada operasi perusahaan. Langkah 2: Mengevaluasi risiko. Besarnya potensi seriap risiko menghasilkan kerugian dan kemungkinan yang akan terjadi yaitu kritis (kerugian dapat menghasilkan kebangkrutan), penting (kerugian akan meminta tambahan modal untuk melanjutkan operasi dan tidak penting (kerugian dapat segera diganti dengan penghasilkan yang ada atau aset yang ada). Langkah 3: Memilih metode untuk menangani risiko. Langkah 4: Menerapkan keputusan Keputusan ini harus diikuti dengan tindakan. Kegagalan bertindak atau bahkan penundaan dapat menjadi kesalahan fatal. Langkah 5 : mengevaluasi dan mengulangi Perlu diketahui bahwa kondisi terus berubah dan risiko-risiko baru akan muncul dan yang lama akan menghilang. Jangan lupa untuk mengkaji ulang untuk dapat mengidentifikasikan kesalahan yang dibuat sebelumnya.

12 Contoh Soal 3 Menurut kalian, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan menghindari resiko pencurian barang? 1.Melatih pegawai : mengerahkan pegawai untuk menjaga toko dengan penuh perhatian. 2.Memberikan tanda-tanda peringatan disekitar toko bahwa kami akan menuntut orang yang akan m,elakukan pencurian 3.Menempelkan label yang akan berbunyi seperti alarm bila tidak dilepas setelah melewati kasir. 4.Melatih pegawai untuk dapat menangkap da penahan para pencuri toko 5.Menggantungkan kaca cembung un tuk menghilangkan kesan lorong yan g tidak dapat dilihat 6.Memajang barang-barang mahal pada kotak yang aman. 7.Melakukan pengaturan barang-barang 8.Memasang kamera bervideo

13 CASE STUDY (FOX MANUFACTURING)

14 INPUT Suasana akhir hari kerja pada tgl 12 MEI itu biasa saja, bagi Dale Fox (pemilik pabrik Fox Manufacturing di Alburqueque, New Mexico yang bergerak dalam bidang pembuatan perabotan bergaya barat dan kontemporer ) ketika dia menutup toko sekaligus pabriknya. 12 Jam kemudian… Toko sekaligus Pabrik milik Dale Fox mengalami kebakaran besar yang diperkirakan terbesar di New Mexico, kebakaran ini diakibatkan oleh konsleting listrik. Hingga 37 mobil kebakaran dikerahkan dan kebakaran ini menjadi Berita Lokal maupun Nasional. Semua pesanan di 3 ruang pameran (bernilai lebih dari 1 juta dolar) yang sebelumnya ditempatkan di bangunan tersebut telah habis terbakar, padahal waktu pembuatan hingga pengiriman harus dilakukan dalam tempo minggu dari waktu kebakaran itu terjadi. Dan ternyata semua rancangan perabotan yang awal nya digambar dengan tangan dan pola-pola sofa telah habis terbakar dan Fox tidak memiliki salinannya. Saat menetapkan klaim asuransi pun, banyak hal yang diperdebatkan antara akuntan,pengacara Fox dengan perusahaan Asuransi. Dan itu membuat lama nya waktu untuk mendapatkan jumlah klaim yang diharapkan.

15 PROSES Setelah kebakaran, Fox sampai bekerja 20 jam sehari,7 hari seminggu. Tugas pertamanya adalah Menemukan bangunan baru untuk menyimpan fasilitas produksinya, Membereskan reruntuhan, Membangun kembali, dan Menentukan klaim dengan perusahaan asuransi. Disaat yang sama, dia harus dengan cepat mengembalikan semua peralatan pabrik yang terbakar. Dia pergi ke berbagai negara, untuk mencari peralatan pabrik (alat penabur pasir, mesin perekat, mesin penghasil, mesin penghalus dan gergaji meja)

16 KAR KARYAWAN Awalnya Fox mengistirahatkan sebagian besar karyawan hariannya. Menempatkan 15 supervisor untuk bekerja membangun jadwal Karyawan mengisi formulir yang berisi keahlian konstruksi (pekerjaan dengan kayu, pemasangan pipa air, pemasangan metal, dan pengecatan) 2 minggu kemudian Fox telah menemukan gedung baru 65 Karyawan harian mulai bekerja untuk membentuk bangunan perusahaannya. Perancang perabotan telah menyelesaikan rancangan perabotan dengan komputer, dengan dibantu oleh para karyawan harian, membongkar perabotan yang masih tersimpan dan menggambar ulang polanya. 5 minggu kemudian Fox telah mempekerjakan kembali sebagian besar karyawannya. Mereka diupah sama seperti upah sebelum kebakaran terjadi. Dan mereka sering bekerja 20 jam sehari sebagai bukti loyalitas mereka terhadap perusahaan.

17 PARA KONSUMEN Pegawai penjualan mulai menghubungi dan memanggil semua konsumen, untuk menjelaskan apa yang telah terjadi dan menyakinkan bahwa perusahaan akan secepatnya bangkit kembali. Beberapa hari kemudian, Kedua putra Fox menghubungi para konsumen yang sama melalui telepon untuk menguatkan pembicaraan sebelumnya dan menyakinkan bahwa keluarga Fox menghargai kesabaran mereka. Minggu berikutnya.. Para konsumen menerima lebih dari 3 atau 4 telepon untuk memberitahukan perkembangan perusahaan Fox menyewa papan iklan di Alburqueque untuk mengumumkan bahwa perusahaan berencana segera membuat perabotan lagi.

18 ASURANSI Fox menghubungi akuntan publik dan pengacaranya secepatnya setelah dia mendapatkan berita tentang kebakaran di Sabtu pagi tsb. Selama berminggu-minggu akuntan dan pengacaranya menilai aktiva yang hilang dan melakukan tawar menawar dengan perusahaan asuransi. Seperti perusahaan asuransi hanya akan mengklaim separuh dari nilai yang diklaim oleh Fox. Salah satunya atas biaya penggantian pemasangan kabel listrik yang diklaim Fox sebesar dolar, tapi perusahaan asuransi mengklaim dolar.

19 OUTPUT Padahal bencana seperti itu banyak memaksa banyak perusahaan untuk keluar dari bisnis tersebut. Tapi tidak yang terjadi pada Pabrik milik Dale Fox, hanya 8 minggu setelah kebakaran, potongan perabotan pertama telah berada di bagian pemasangan di pabrik yang baru sekaligus di gedung yan g baru. Begitu juga dengan pesanan yang ada, setelah mereka melakukan pendekatan dengan konsumen seperti yang dilakukan oleh Fox, karyawan dan keluarganya, tercatat bahwa perusahaan hanya kehilangan 3% dari semua pesanan sebelum kebakaran tersebut. Jika hal itu tidak dilakukan, sudah dapat dipastikan mereka akan kehilangan lebih dari 50% dari pesanan yang ada. Dalam menetapkan Klaim asuransi bukan hal yang mudah, karena banyak hal yang diperdebatkan, akan tetapi setelah melakukan perundingan dan memanggil ahli listrik yang terbiasa mengurus pabrik Fox, klaim yang di minta oleh Fox pun dapat diterima yaitu sebesar dolar. Bahkan perusahaan itu mampu meningkatkan penjualan di tahun yang sama. Dan sekarang, 3 tahun kemudian, perusahaan telah menjadi kuat dari sebelumnya dan Rata-rata penjualan tahunan bisa sampai sekitar 3,5 juta dolar hingga 5 juta dolar.

20 UMPAN BALIK Seharusnya Fox mempersiapkan pengurangan risiko jika kondisi terburuk menimpa perusahaannya seperti mengawasi keamanan konstruksi bangunan, memasang pemadam kebakaran otomatis yang lengkap, menyediakan persediaan air yang cukup. Sehingga kondisinya dapat diminimalisir. Adanya arsip cadangan desain maupun pola perabotan yang dibuat dan dijual oleh perusahaan sangatlah penting, dan sebaiknya disimpan pada tempat-tempat yang berbeda. (penghindaran risiko)

21 DAFTAR PUSTAKA Buku Kewirausahaan Bab 23 “Risiko dan Asuransi” Internet

22


Download ppt "RISIKO DEVI YULIANTY 3215076838. Jangan berpikir bahwa kerugian itu akan terjadi pada orang lain. Ingat, hal itu juga akan terjadi pada ANDA. Dan jika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google