Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI-3 TRANSFORMASI DATA OLEH IR. INDRAWANI SINOEM, MS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI-3 TRANSFORMASI DATA OLEH IR. INDRAWANI SINOEM, MS."— Transcript presentasi:

1 MATERI-3 TRANSFORMASI DATA OLEH IR. INDRAWANI SINOEM, MS

2 Transformasi data digunakan untuk memodifika- si nilai-nilai data yang telah ada. Beberapa pe- rintah transformasi data antara lain : 1. Compute Variable 2. Random Number Sheed 3. Count 4. Recode 5. Catagorize Variable 6. Rank Case 7. Create Time Series 8. Replace Missing Value

3 Perintah-perintah tersebut tampak pada menu Transformasi berikut ini.

4 COMPUTE VARIABLE Transformasi variable akan menciptakan variabel baru atau memodifikasi nilai-nilai variabel baru tersebut akan menampung hasil dari proses komputer yang diberikan, baik fungsi-fungsi aritmatika ataupun pe- makaian fungsi lain. Transformasi variabel dapat dilakukan dgn compute variabel hanya untuk data yang bertipe numerik dan string.

5 Langkah-langkah : 1. Input data, sebagai contoh berikut :

6 2. Klik menu Transform, pilih Compute variable, maka akan muncul kota dialog untuk proses Compute variable :

7 3. Buatlah variabel penampung dalam Target Variable. Contoh kasus ini varia- bel penampung diberi nama Sisa. 4. Tentukan transformasi yang akan dila- kukan apakah tranformasi numerik atau transformasi string. Klik menu type & Label dan kemudian pilih jenis tarnsfor- masi yang dikehendaki seperti tampilan berikut ini.

8

9 5. Klik Continue 6. Tentukan ekspresi numerik proses pada kotak Numeric Expression sebagai contoh Sisa = Tabungan-Pinjaman. 7. Klik OK untuk melakukan transformasi variable dan Cancel untuk membatalkan atau Riset untuk mengganti proses transformasi variable. 8. Jika OK, maka tabel yang kita buat akan ber- tambah satu variabel, yaitu variabel Sisa.

10


Download ppt "MATERI-3 TRANSFORMASI DATA OLEH IR. INDRAWANI SINOEM, MS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google