Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

APLIKASI KOMPUTER Dosen: Fenni Supriadi, SE.,MM

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "APLIKASI KOMPUTER Dosen: Fenni Supriadi, SE.,MM"— Transcript presentasi:

1 APLIKASI KOMPUTER Dosen: Fenni Supriadi, SE.,MM

2 Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan statistik komputer dan aplikasi SPSS, membuat variabel dan mengisi data, input dan penyajian data ke aplikasi SPSS.

3 Pokok Bahasan : Skala Dalam Statistik Penetuan Variabel Bebas dan Terikat Menginput Data Pada Aplikasi SPSS

4 Tipe Data Statistik Dalam statistik berdasarkan tingkat pengukurannya ( level of measurement) dapat dibedakan menjadi empat jenis

5 Tipe Data Statistik DATA Sifat Data -Nominal -Ordinal -Nominal -Ordinal -Interval -Rasio -Interval -Rasio Kualitatif Kuantitatif

6 Tipe Data Statistik Data Kualitatif (Qualitatif Data) Secara sederhana bisa disebut data yang bukan berupa angka. Data kualitatif terbagi dua yaitu Nominal dan Ordinal

7 Tipe Data Statistik Nominal > Data Kategori Contoh Jenis Kelamin seseorang (1)Laki-laki (2) Perempuan Atau Hasil Ujian (1) Lulus (2) Tidak Lulus Data Nominal dalam praktek statistik dikategorikan dengan angka misal dalam pengisian data SPSS jenis kelamin Laki-laki dikategorikan sebagai 1 dan Jenis Kelamin Perempuan dikategorikan sebagai 2.

8 Skala Dalam Statistik Ordinal > Data bertingkat, berjenjang, berurutan Contoh Data tentang sikap seseorang Suka, Tidak Suka, Sangat Suka Sama seperti Data Nominal, Data Ordinal tidak bisa dilakukan operasi matematika. Hanya sebagai kategori untuk tingkatan data (1) Suka (2) Tidak Suka (3)Sangat Suka

9 Skala Dalam Statistik Data Kuantitatif (Quantitatif Data) Secara sederhana bisa disebut data berupa angka. Jadi, berbagai operasi bisa dilakukan pada data kuantitatif. Data kuantitatif terbagi dua yaitu Interval dan Rasio

10 Tipe Data Statistik Interval > Data yang mempunyai jarak tertentu (sama) Contoh Temperatur Ruangan Pembakaran Roti Cukup panas jika temperatur antara 50°C - 80°C Panas jika temperatur antara 80°C - 110°C Sangat panas jika temperatur anatara 110°C-140°C

11 Tipe Data Statistik Rasio > Data yang mempunyai Hasil Pengukuran Contoh Berat Badan, Tinggi Badan, Jarak, Suhu dll

12 Tipe Data Statistik NON ANGKA ANGKA

13 Variabel adalah segala sesuatu yang akan menjadi objek pengamatan dalam penelitian. Ada juga yang menganggap variabel sebagai gejala sesuatu yang bervariasi.

14 Variabel Bebas & Terikat Dalam melakukan inferensi terhadap populasi, tidak semua ciri-ciri populasi harus diketahui. Hanya satu atau beberapa karakteristik populasi yang perlu diketahui, yang disebut sebagai variabel.

15 Variabel Bebas & Terikat Variabel Kepuasan Kerja dianggap sebagai variabel terikat (dependent) karena dipengaruhi oleh variabel-variabel yang dianggap relevan seperti perbedaan tingkat pendidikan seseorang, usia dan masa kerja (variabel bebas/independent). Perbedaan tingkatan variabel yang relevan tersebut akan mempengaruhi Variabel Kepuasan kerja seseorang.

16 Variabel Penelitian 1.Variabel bebas atau variabel penyebab (independent variables) Variabel bebas adalah variabel yang menyebabkan atau memengaruhi, yaitu faktor-faktor yang diukur, dimanipulasi atau dipilih oleh peneliti untuk menentukan hubungan antara fenomena yang diobservasi atau diamati.

17 Variabel Penelitian 2. Variabel terikat atau variabel tergantung (dependent variables). Variabel terikat adalah faktor-faktor yang diobservasi dan diukur untuk menentukan adanya pengaruh variabel bebas, yaitu faktor yang muncul, atau tidak muncul, atau berubah sesuai dengan yang diperkenalkan oleh peneliti.

18 Variabel Penelitian Contoh: Jika seorang peneliti ingin mengkaji hubungan antara dua variabel, misalnya variabel waktu untuk belajar (A) dan prestasi belajarnya (B), maka pertanyaan atau masalah yang diajukan, “Bagaimanakah prestasi belajar yang dicapai apabila waktu yang dipakai untuk belajar lebih banyak atau lebih sedikit?”

19 Variabel Penelitian Banyak sedikitnya waktu belajar yang dipakai oleh pebelajar diidentifikasikan sebagai variabel bebas, sedangkan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Variabel ini (waktu belajar) dimanipulasi atau diubah untuk menyebabkan terjadinya perubahan pada variabel lainnya (prestasi belajar).

20 Variabel Penelitian 3. Variabel Moderator Variabel moderator adalah faktor-faktor atau aspek-aspek yang diukur, dimanipulasi, atau dipilih oleh peneliti untuk menentukan apakah variabel tersebut mengubah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat.

21 Variabel Penelitian Contoh: Hipotesis : Kecermatan membaca siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki- laki setelah mereka mendapat pembelajaran membaca cepat dan lambat. Variabel bebas : pembelajaran membaca cepat dan lambat Variabel moderator : siswa perempuan danlaki-laki Variabel terikat : kecermatan

22 Variabel Penelitian 4. Variabel Kontrol Variabel yang dinetralisasi yang diidentifikasi sebagai variabel kontrol atau kendali, atau variabel kontrol adalah variabel yang diusahakan untuk dinetralisasi oleh peneliti. Dalam penelitian di samping strategi pembelajaran dan tingkat kecerdasan, peneliti juga mempertimbangkan tingkat usia, misalnya kelompok umur tertentu, maka umur dalam penelitian ini dianggap sebagai variabel kendali.

23 Variabel Penelitian 5. Variabel Intervening Adalah yang tidak pernah diamati dan hanya disimpulkan berdasarkan pada variabel terikat dan bebas.

24 Variabel Penelitian Contoh: Hipotesis: Pada siswa yang memiliki minat yang meningkat terhadap tugas yang diberikan, unjuk kerja terhadap tugas yang diukur meningkat. Variabel bebas : minat terhadap tugas Variabel intervening : belajar Variabel terikat : unjuk kerja tugas

25 Pengenalan Umum SPSS 1. Data View Data View adalah tab sheet yang menampilkan nilai data yang sebenarnya atau label nilai yang didefinisikan. Pada tab sheet inilah, anda mengentri data ke SPSS (lihat Gambar). Diatasnya terdapat menu-menu seperti File, Edit, View, Windows, dan Help seperti halnya menu-menu umum pada aplikasi under Windows lainnya. Menu-menu utama SPSS adalah:

26 Pengenalan Umum SPSS

27 Data View Data. Menu ini menampilkan submenu untuk melakukan perubahan-perubahan data, seperti mengurutkan data, memisahkan isi file dengan kriteria tertentu, menggabungkan data, etc. Transform. Menu untuk transformasi data, seperti menghitung variabel data, mengubah data, merangking data, etc.

28 Pengenalan Umum SPSS Analyze. Menu yang menjadi pusat pengolahan data, seperti mengolah statistik deskriptif, regresi, korelasi, etc. Graphs. Menu untuk menampilkan data dan hasil pengolahan data dalam bentuk grafik dan chart, seperti bar charts, histogram, scatter diagram, etc.

29 Pengenalan Umum SPSS Utilities. Menu pelengkap dalam pengoperasian SPSS, seperti menampilkan informasi variabel, mendefinisikan dan menampilkan variabel data, etc.

30 Pengenalan Umum SPSS 2. Variabel View Variable View adalah tab sheet yang menampilkan kamus metadata di mana setiap baris mewakili sebuah variabel dan memperlihatkan nama variabel, jenis data (misal: numeric, string, date), lebar cetak, dan berbagai karakteristik lain.

31 Pengenalan Umum SPSS

32 Pengenalan Umum SPSS 2. Variabel View Menu yang tersedia dalam Variabel View diantaranya: Name. Kolom ini untuk memberikan informasi tentang nama variabel data. Nama variabel yang kita tuliskan di sini akan muncul pada Data View.

33 Pengenalan Umum SPSS Name. Beberapa aturan penamaan variabel: Nama variabel maksimal 8 karakter. Nama diawali dengan huruf (tidak bisa dimulai dengan angka), sisanya dapat berisi huruf, angka, titik, atau #, _, atau $. Kosong dan karakter khusus lain (misal: !, ?, ‘, dan *) tidak dapat digunakan.

34 Pengenalan Umum SPSS Name. Nama tidak bisa berakhir dengan titik dan tidak harus diakhiri dengan garis bawah “_”. Nama variabel harus unik; duplikasi tidak diperbolehkan. Nama-nama variabel tidak case sensitif, “Nama”, “nama”, dan “naMa” semua dianggap sama.

35 Pengenalan Umum SPSS Type. Kolom ini untuk memberikan jenis variabel data yang digunakan, apakah Numeric, String (data berupa karakter, misal “Nama”), Date, etc. Klik ikon dalam kolom Type maka akan muncul dialog box Variable Type.

36 Pengenalan Umum SPSS Pada dialog box ini, kita dapat mengubah jenis data dan juga lebar kolom (Width) dan jumlah angka desimal (Decimal Places). Secara default, SPSS memberikan jenis data numeric dengan lebar 8 digit dan 2 angka desimal di belakang koma.

37

38 Pengenalan Umum SPSS Label. Kolom ini menunjukkan tambahan informasi dengan memberi label pada variabel data yang kita inginkan.

39 Pengenalan Umum SPSS Misalnya: variabel: ”barang” kita beri label: ”nama barang” variabel: ”X” kita beri label ”Permintaan” variabel ”Y” kita beri label ”Ramalan Permintaan” Pemberian label dapat membantu dalam interpretasi hasil analisis (output) karena definisi output lebih jelas.

40 Pengenalan Umum SPSS Value. Kolom ini untuk memberikan label string yang diterapkan untuk nilai numeric tertentu, biasanya untuk data yang bersifat ordinal dan interval, misal angka 1 untuk laki- laki dan angka 2 untuk perempuan.

41 Pengenalan Umum SPSS Klik ikon pada kolom Values maka akan muncul dialog box Value Labels. Misalnya untuk variabel ”gender” kita akan mendefinisikan ”jenis kelamin” dengan memberi label: Isi [Value] dengan angka 1 dan [Label] dengan “Laki-laki” lalu klik [Add], kemudian ulangi langkah-langkah tersebut untuk jenis kelamin “Perempuan.

42 Pengenalan Umum SPSS Nantinya pada variabel gender, kita tidak perlu menuliskan laki-laki dan perempuan melainkan cukup mengisi 1 untuk laki-laki dan 2 untuk perempuan.

43 Pengenalan Umum SPSS

44 Pengenalan Umum SPSS Missing. Kolom ini menunjukkan nilai yang hilang (missing value) dalam data (jika ada). Responden dapat menolak untuk menjawab pertanyaan tertentu, mungkin tidak tahu jawabannya, atau mungkin menjawab dalam bentuk lain. Jika anda tidak mengidentifikasi data ini, analisis anda mungkin tidak memberikan hasil yang akurat.

45 Pengenalan Umum SPSS Klik ikon pada kolom Missing maka akan muncul dialog box Missing Values. Pada form Discrete, isi angka yang akan dijadikan pengganti missing value, misal: 9, 99, 999, etc. Jika kita memilih angka 9, maka setiap ada data yang tidak diisi (missing value) angka 9 yang harus diisikan, jangan dibiarkan kosong.

46 Pengenalan Umum SPSS

47 Pengenalan Umum SPSS Columns. Kolom ini menunjukkan lebar kolom. baik jenis data numeric maupun string, lebar maksimal 255 digit. Align. Kolom ini menunjukkan posisi data pada tiap cell. Terdapat tiga pilihan posisi data, yaitu: left, right, dan center.

48 Pengenalan Umum SPSS Measure. Kolom ini menunjukkan jenis ukuran data yang digunakan. Terdapat tiga pilihan jenis ukuran data, yaitu: Scale, Nominal, dan Ordinal.

49 Penginputan Data Pada Aplikasi SPSS Tampilan IBM SPSS Statistic 19 pertama kali dibuka

50 Penginputan Data Pada Aplikasi SPSS Tampilan IBM SPSS Statistic 19 pertama kali dibuka

51 Penginputan Data Pada Aplikasi SPSS SPSS Data Editor mempunyai 2 bagian pada bagian kiri bawah gambar

52 Penginputan Data Pada Aplikasi SPSS DATA VIEW, tempat untuk menginput data statistik VARIABEL VIEW, tempat untuk menginput variabel statistik (memasukkan dan mendefinisikan variabel- variabel) Pertama kali yang dibuka adalalah VARIABEL VIEW untuk dilakukan proses pemasukan variabel (bukan data). Setelah selesai, proses selanjutnya adalah pemasukan data menggunakan DATA VIEW.

53 Berat Badan 15 Responden Pria dan Wanita yang diambil secara acak (berat dalam kilogram)

54 Terlihat ketiga nama Variabel yang telah selesai diinput di VARIABEL VIEW SPSS

55 Tampilan pada DATA VIEW ketika penginputan data selesai dilakukan

56 SELESAI SEMOGA BERMANFAAT


Download ppt "APLIKASI KOMPUTER Dosen: Fenni Supriadi, SE.,MM"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google