Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 10. Memahami SAN  Sebuah cara/protokol untuk menghubungkan perangkat penyimpanan melalui jaringan menggunakan TCP/IP.  Hal ini dapat digunakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 10. Memahami SAN  Sebuah cara/protokol untuk menghubungkan perangkat penyimpanan melalui jaringan menggunakan TCP/IP.  Hal ini dapat digunakan."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 10

2 Memahami SAN

3  Sebuah cara/protokol untuk menghubungkan perangkat penyimpanan melalui jaringan menggunakan TCP/IP.  Hal ini dapat digunakan melalui LAN, WAN, atau Internet.  Server/PC penyimpanan (Target) dan server/PC pengakses (Initiator)

4  SAN (Storage Area Network)  NAS (Network Attached Storage) Sistem media penyimpanan terpusat dalam jaringan, yang memungkinkan komputer server atau client untuk menggunakan media penyimpanan tersebut seolah-olah menggunakan penyimpanan lokal (local disk).

5  Sebuah jaringan berkecepatan sangat tinggi yang khusus, terdiri dari server dan penyimpan (storage)  Terpisah & berbeda dengan LAN/WAN

6  Untuk menangani trafik data dalam jumlah besar antara server dan penyimpan (storage), tanpa mengurangi bandwidth yang ada di LAN/WAN  Biasanya tersambung melalui Fiber Channel, sebuah teknologi komunikasi data berkecepatan sangat tinggi, menjadikan SAN sebuah jaringan dedicated yang platform-independent yang beroperasi di belakang server

7

8  Cara tradisional dalam menyambungkan server dengan media penyimpanannya tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan saat ini untuk akses secara cepat data dalam jumlah yang besar  Konsep tradisional hubungan penyimpan-server mengacu pada pendapat bahwa pemilik media penyimpan (storage) tersebut adalah server, hal ini menyebabkan terjadi limitasi dalam akses data  Storage Area Network (SAN) adalah enabling technology yang memungkinkan sumber daya penyimpanan untuk di share, sambil memberikan servis akses data secara terus menerus, cepat dan mudah

9  Availability: satu copy dari data dapat di akses oleh semua host melalui jalur yang bebeda dan semua data lebih efisien di manage-nya.  Reliability: infrastruktur transport data yang dapat menjamin tingkat kesalahan yang sangat minimal, dan kemampuan dalam mengatasi kegagalan.  Scalability: server maupun media penyimpanan (storage) dapat ditambahkan secara independent satu dan lainnya, dengan tanpa pembatas harus menggunakan sistem yang proprietary.  Performance: Fiber Channel (standar enabling teknologi untuk interkonektifitas SAN) mempunyai bandwidth 100MBps bandwidth dengan overhead yang rendah, dan SAN akan memisahkan trafik backup dengan trafik standar LAN/WAN.

10  Manageability: berkembangnya perangkat lunak dan standar, baik untuk FC-AL (Fibre Channel Arbitrated Loop) maupun Fiber Channel fabric memungkinkan manajemen dilakukan secara terpusat, koreksi dan deteksi kesalahan yang proaktif.  Return On Information Management: Karena tingkat redudansi, kemampuan managemen yang baik, dan kemampuan untuk di tambahkan server dan media penyimpan (storage) secara independen, SAN memungkinan biaya kepemilikan yang rendah pada saat yang sama menaikan Return On Information Management (ROIM) di bandingkan metode penyimpanan tradisional.

11  Storage vs Network Protocol: Sebuah LAN akan menggunakan protokol jaringan yang mengirimkan potongan kecil data dan meningkatkan overhead komunikasi, dan mengurangi bandwidth. SAN menggunakan protokol penyimpanan (SCSI), sehingga memungkinkan untuk mengirimkan potongan besar data sambil mengurangi overhead dan meningkatkan bandwidth  Server Captive Storage: Sistem berbasis LAN menghubungkan server dengan client, setiap server memiliki dan mengontrol akses ke media penyimpanannya sendiri, yang pada akhirnya membatasi aksesibilitas data. Sebuah SAN memungkinkan sumber daya penyimpanan data (storage) untuk di kaitkan langsung ke jaringan tanpa perlu terhubung ke server yang spesifik.

12

13 SAN merupakan sebuah sistem dimana 2 atau lebih server bisa mengakses sebuah storage (bisa juga lebih dari 1), Komponen-komponen SAN itu terdiri dari:  Server: melakukan semua operasi ke client dan ke storage  SAN SWITCH: menghubungkan storage ke server dan mengatur pembagian akses  Storage: sebuah media dimana data disimpan perlu diingat kalau yang digunakan SAN maka protokol yang digunakan adalah block jadi tidak sembarangan client yang bisa mengkases, biasanya hanya server saja yang bisa mengkases data di SAN. NAS adalah network attach storage, jadi storage yang ada dikoneksi kan kejaringan melalui dedicated line, tidak hanya server saja tapi PC client biasa bisa mengakses storage dan yang membedakan antara SAN dan NAS adalah SAN menggunakan Block dan NAS menggunakan File

14


Download ppt "Pertemuan 10. Memahami SAN  Sebuah cara/protokol untuk menghubungkan perangkat penyimpanan melalui jaringan menggunakan TCP/IP.  Hal ini dapat digunakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google