Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GAYA MAGNET Pertemuan 18 Mata kuliah: K0014 – FISIKA INDUSTRI Tahun: 2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GAYA MAGNET Pertemuan 18 Mata kuliah: K0014 – FISIKA INDUSTRI Tahun: 2010."— Transcript presentasi:

1

2 GAYA MAGNET Pertemuan 18 Mata kuliah: K0014 – FISIKA INDUSTRI Tahun: 2010

3 Bina Nusantara GAYA MAGNET 1. Gaya Magnet pada Partikel Bermuatan Muatan listrik q yang bergerak dengan kecepatan V dalam medan magnet B, akan mengalami gaya ke samping, yaitu : Bila pada muatan q juga bekerja gaya oleh medan listrik E, maka gaya total pada muatan q : (gaya Lorentz)

4 Bina Nusantara Dari Maka muatan q yang bergerak dalam medan magnet B akan mengalami percepatan : dan a = (q V B sin θ )/ m θ = sudut antara V dan B Untuk θ = 90 0, percepatan (a ) akan maximum, muatan q akan melakukan gerak melingkar beraturan dengan jari- jari R.

5 Bina Nusantara Dari : F = m a = q V B dan a = V 2 /R m V 2 /R = q V B maka : - Jari-jari dari gerak melingkar dari muatan q: R = m V / ( q B ) - Frekuensi ( f ) dari gerak melingkar muatan tersebut : dari : V = ω R = 2 π f R dan R = m V / ( q B ) maka : f = q B / (2π m)

6 Bina Nusantara 2. Gaya Magnet Pada Kawat Berarus Listrik Dari dengan V = dL/dt dan I = dq/dt maka : artinya : kawat sepanjang dL yang dialiri arus I dan berada dalam medan magnet B akan mengalami gaya : Untuk kawat arus yang lurus dan panjang L yang berada dalam medan magnet B akan mengalami gaya magnet :

7 Bina Nusantara 3. Torsi ( τ ) Pada Loop Arus Torsi (momen gaya) : z τ y O F R x P Sebuah partikel berada di titik P mengalami gaya F. Vektor posisi partikel terhadap sumbu putar ( melewati titik O ) adal R, didefinisikan torsi oleh gaya F :

8 Bina Nusantara Torsi pada loop arus z y I L x B W Medan magnet B serba sama pada bidang X-Y dan bearah sumbu x positif. Sebuah kumparan : lebar w, panjang L, dialiri arus I, terletak pada bidang X-Y

9 Bina Nusantara Torsi yang bekerja pada loop arus : Sisi kiri : Gaya : F 1 = I L j x B i = - B L I k Torsi : τ 1 = (-W / 2) i x (-B L I ) k = -(W / 2)(B L I ) j Sisi kanan : Gaya : F 2 = I (-L j ) x B i = B L I k Torsi : τ 2 = (W / 2) i x (B L I ) k = -(W/2)(B L I ) j Torsi total pada kumparan : τ = τ 1 + τ 2 = - B I LW j = - B I A j A = L W = luas kumparan

10 Bina Nusantara 4. Momen magnet, μ : Arus I yang mengalir pada suatu lintasan (loop) tertutup yang luasnya A, akan membangkitkan momen magnetik : a n = vektor satuan yang tegak lurus bidang loop μ I Apabila momen magnetik ini berada dalam medan magnetik B maka besarnya torsi τ, yang bekerja pada loop tersebut adalah :


Download ppt "GAYA MAGNET Pertemuan 18 Mata kuliah: K0014 – FISIKA INDUSTRI Tahun: 2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google