Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERENCANAAN PERJALANAN ECOTOURISM. Paradigma Pembangunan Kehutanan 2010-2030 1. Pergeseran Kebijakan Pemerintah dalam pengelolaan hutan, dari prinsip.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERENCANAAN PERJALANAN ECOTOURISM. Paradigma Pembangunan Kehutanan 2010-2030 1. Pergeseran Kebijakan Pemerintah dalam pengelolaan hutan, dari prinsip."— Transcript presentasi:

1 PERENCANAAN PERJALANAN ECOTOURISM

2 Paradigma Pembangunan Kehutanan Pergeseran Kebijakan Pemerintah dalam pengelolaan hutan, dari prinsip timber management menjadi resource based management, yang mengarahkan pada upaya pengembangan pemanfaatan jasa lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat. 2. Road Map Kementerian Kehutanan Tahun , menetapkan kebijakan strategis atau visi banghut “Pembangunan Kehutanan bertumpu pada Pemanfaatan Jasa Lingkungan yang bertujuan mengembangkan Perlindungan Sistem Penyangga Kehidupan, Pengawetan Biodiversity, dan Pemberdayaan Masyarakat”.

3 POTENSI EKONOMI 50 TAMAN NASIONAL NOKOMODITAS NILAI TOTAL EKONOMI (MILYAR) TENAGA KERJA (ORANG) 1KARBON WISATA ALAM AIR (AIR BERSIH, AIR MINUM DAN ENERGI) PANAS BUMI TUMBUHAN SATWA LIAR / PELESTARIAN SOSIAL DAN BUDAYA ∞ ∞ TOTAL ∞ ∞

4 Perencanaan yang baik adalah 1. Mempunyai rumusan yang jelas 3. Memuat pedoman tindakan-tindakan yang akan dilakukan 4. Bersifat fleksible 5. mempergunakan semua sumber secara efektif dan efisien

5 Manfaat perencanaan tersebut adalah 1. Mendorong pola berfikir yang sistematis 2. Penuntun koordinasi atas kegiatan dengan lebih baik 3. Penuntun pengembangan tolok ukur untuk pengendalian 5. Memungkinkan adanya kesiapsiagaan yang lebih baik terhadap perkembangan yang tiba-tiba 6. Estimasi biaya.

6 PERJALANAN WISATA Wisata sebagai suatu perjalanan adalah suatu kegiatan perjalanan yang memunyai cirri-ciri tersendiri yang memberikan warna wisata yang bersifat santai, gembira, dan untuk bersenang-senang. Hal inilah yang membedakan dengan perjalanan lainnya.

7 Perjalanan Ecotourism Ecotourism menurut The Ecotourism Society (1990) adalah suatu bentuk perjalanan wisata bertanggung jawab ke area alami yang dilakukan dengan tujuan mengkonservasi lingkungan dan melestarikan kehidupan dan kesejahteraan penduduk setempat. Ecotourism : Alam sebagai pusat atraksi utama Ecotourism : mengajak orang agar lebih menghargai alam Ecotourism sukses: Membantu melestarikan biodiversity Memberikan masukan yang adil dalam ekonomi, sosial kepada masyarakat lokal Mendatangkan wisatawan yang terus menerus / berkelanjutan

8 Kriteria Ekowisata Indonesia 1. KONSERVASI, melindungi dan melestarikan lingkungan fisik, sosial, budaya dan ekonomi, yang dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata. 2. PARTISIPASI, melibatkan masyarakat secara aktif dalam kegiatan pariwisata. 3. EDUKASI dan REKREASI, menyajikan produk pariwisata layak pasar yang bermuatan pendidikan, pembelajaran dan rekreasi dari karakteristik alam dan budaya setempat. 4. EKONOMI, memberikan sumbangan positif terhadap pembangunan ekonomi daerah dan nasional. 5. KENDALI, menekan dampak negatif sekecil dimungkinkan dari rangkaian kegiatan pariwisata.

9 Ecotourism =PRO ENVIRONMENT 1. Persyaratan menyangkut keamanan dan kenyamanan pengunjung. 2. Pembangunan sarana berwawasan lingkungan dan budaya setempat. 3. Wajib menjaga kebersihan, pemanfaatan sampah, dan pembinaan habitat/rehabilitasi. 4. Ekowisata (interpretasi, cinta flora fauna, 3M). 5. Konservasi SDA Terapan (Go Green).

10 Dalam bisnis perjalanan dikenal bebarapa istilah yang mempunyai arti yang sama dengan tour yaitu: 1. Sightseeing yaitu perjalanan keliling yang dilakukan secara singkat (3-4 jam) 2. Excursion yaitu perjalanan yang dilaksanakan kurang dari 24 jam 3. Paket wisata yaitu perjalanan yang dilaksanakan lebih dari 24 jam sehingga peserta perjalanan memerlukan jasa akomodasi.

11 Hubungan antara kebutuhan, motivasi dan aktivitas perjalanan KebutuhanMotifAktivitas PhysiologisrelaksPenurunan ketegangan SosialKecintaanBersama keluarga, hub.interpersonal/klp,bermasyarakat,etnik Aktualitas diriKecintaanPenilaian atas diri, menemukan diri sendiri, kepuasan atas Keinginan diri PrestasistatusPrestasi pribadi, lebih dari orang lain, prestige, pengemba- Ngan pribadi, professional/bisnis MengetahuiPengetahuanKebudayaan, pendidikan, perhatian pada daerah lain EstetikaApresiasi keindahan Lingkungan Pemandangan

12 Rencana perjalanan ecotourism 1. Menetapkan Tujuan 2. Memilih penyedia jasa lain - adil (lokal, pro lingk) 3. Check list ( apa saja yang harus dibawa) – menimbulkan nilai educatif 4. Apa isi/pesan yang mau disampaikan Breefing (jangan mengambil sesuatu kecuali mengambil gambar, jangan meninggalkan sesuatu kecuali, jangan membunuh sesuatu kecuali waktu) Interpretasi ( fakta tentang TN: Spesies flag ship, ancaman, etno botani, kondiasi aktual, peran TN secara global) Atraksi : aktivitas masyarakat – nilai edukasi dan budaya 5. Penutupan ( apresiasi dan ajakan bagaimana berkontribusi dalam usaha konservasi)

13 TERIMA KASIH


Download ppt "PERENCANAAN PERJALANAN ECOTOURISM. Paradigma Pembangunan Kehutanan 2010-2030 1. Pergeseran Kebijakan Pemerintah dalam pengelolaan hutan, dari prinsip."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google