Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Hukum Coulomb Coulomb ( 1736 - 1806 ). Perumusan Hukum Coulomb Besarnya gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua muatan listrik sebanding dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Hukum Coulomb Coulomb ( 1736 - 1806 ). Perumusan Hukum Coulomb Besarnya gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua muatan listrik sebanding dengan."— Transcript presentasi:

1 Hukum Coulomb Coulomb ( )

2

3 Perumusan Hukum Coulomb Besarnya gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua muatan listrik sebanding dengan besar masing-masing muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua muatan.

4 + q1q1 q2q2 r F F K = 9 x Nm 2 c -2 Alat Uji Gaya Coulomb (Neraca Puntir)

5 Elektroskop Elektroskop adalah alat untuk mengetahui apakah suatu benda bermuatan listrik atau tidak.

6 Prinsip kerja elektroskop Apabila sebuah benda bermuatan listrik didekatkan pada elektroskop, maka elektron pada bola konduktor akan bereaksi sesuai dengan jenis muatan yang didekatkan. Pada contoh, jika muatan negatif yang didekatkan, maka elektron akan bergerak dari ujung bola ke keping, sehingga kedua keping menjadi bermuatan negatif. Akibatnya terjadi gaya tolak menolak pada kedua keping sehingga kedua keping terbuka.

7 Memberi muatan dengan menyentuhkan benda bermuatan listrik. a)Benda (konduktor) bermuatan negatif didekatkan pada elektroskop (netral ). b)Terjadi perpindahan elektron dari benda ke elektroskop. c)elektroskop bermuatan listrik negatif. Benda yang diberi muatan listrik dengan menyentuhkan, jenis muatannya sama dengan benda yang disentuhkan.

8 Memberi muatan listrik dengan induksi Induksi elektrostatik adalah pemisahan muatan -muatan pada sebuah benda oleh adanya benda lain yang bermuatan. Pada saat benda bermuatan listrik didekatkan pada sebuah benda netral, terjadi pemisahan muatan pada benda netral itu. Ujung benda netral yang berdekatan dengan benda penginduksi, bermuatan sama dengan benda yang penginduksi. Bila benda tersebut dihubungkan ke bumi (misalnya dengan sentuhan), terjadinya pemindahan elektron dari atau ke bumi melalui tubuh. Setelah benda bermuatan dijauhkan, benda menjadi kekurangan atau kelebihan elektron sehingga benda netral menjadi bermuatan listrik. Benda yang dimuati listrik secara induksi, jenis muatannya berlawanan dengan jenis muatan benda yang menginduksi.

9 Medan dan Potensial Listrik Muatan listrik positif mengalami gaya listrik (gaya tolak) karena berada di sekitar muatan positif lainnya. Medan listrik adalah ruang yang di tiap titik di dalamnya muatan listrik mengalami gaya listrik.

10 Arah medan listrik

11 Sama seperti setiap massa yang berada di medan gravitasi mempunyai energi potensial gravitasi, maka setiap benda bermuatan listrik yang berada di dalam medan listrik juga memiliki energi potensial listrik.

12 Potensial listrik sebuah muatan adalah besarnya energi potensial listrik dibagi dengan besarnya muatan benda tersebut.

13

14 petirkilat. Gerakan awan di udara menyebabkan awan bermuatan listrik. Awan yang berdekatan dengan bumi (bola muatan raksasa) akan menimbulkan induksi listrik. Akibatnya akan terjadi loncatan muatan listrik yang sangat besar yang menimbulkan bunga api. Loncatan bunga api inilah yang disebut dengan petir. Petir yang sampai ke bumi disebut kilat.


Download ppt "Hukum Coulomb Coulomb ( 1736 - 1806 ). Perumusan Hukum Coulomb Besarnya gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua muatan listrik sebanding dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google