Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ARIYADI, 4401405001 EFEKTIVITAS PEMBELAJRAN GUIDE DISCOVERY INQUIRY LABORATORY LESSON DENGAN MEDIA PREPARAT PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ARIYADI, 4401405001 EFEKTIVITAS PEMBELAJRAN GUIDE DISCOVERY INQUIRY LABORATORY LESSON DENGAN MEDIA PREPARAT PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN."— Transcript presentasi:

1 ARIYADI, EFEKTIVITAS PEMBELAJRAN GUIDE DISCOVERY INQUIRY LABORATORY LESSON DENGAN MEDIA PREPARAT PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMA 1 WONOSOBO

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ARIYADI - NIM : PRODI : Pendidikan Biologi - JURUSAN : Biologi - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - a_ndul pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Prof. Dr. Sri Mulyani E.S, MPd - PEMBIMBING 2 : DRA. ELY RUDYATMI, MSi - TGL UJIAN :

3 Judul EFEKTIVITAS PEMBELAJRAN GUIDE DISCOVERY INQUIRY LABORATORY LESSON DENGAN MEDIA PREPARAT PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMA 1 WONOSOBO

4 Abstrak ABSTRAK Ariyadi Efektifitas Pembelajaran Guide Discovery Inquiri Laboratory Lesson dengan Media Preparat Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMA 1 Wonosobo. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA UNNES Semarang. Prof. Dr. Sri Mulyani E.S, M.Pd. dan Dra. Ely Rudyatmi, M.Si Pembelajaran materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMA I Wonosobo masih terbatas pada ceramah dan buku-buku teori. Nampaknya pemahaman siswa terhadap materi masih rendah terlihat dari hasil belajar siswa belum mencapai standar ketuntasan yang ditentukan. Untuk membantu pemahaman siswa pada materi tersebut diterapkan pembelajaran Guide Discovery Inquiri Laboratory Lesson dengan media preparat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektifan penerapan pembelajaran Guide Discovery Inquiri Laboratory Lesson dengan media preparat pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada siswa kelas XI di SMA 1 Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Randomized Pretest- Posttest-Control Group Design. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas XI IPA SMA 1 Wonosobo ( 4 40 siswa ). Sampel diambil secara cluster random sampling pada kelas yang homogen dan normal, kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa hasil belajar siswa, aktivitas siswa, kinerja guru, tanggapan siswa dan tanggapan guru yang diukur dengan: tes dan LKS, lembar aktivitas siswa, lembar kinerja guru, angket tanggapan siswa dan angket tanggapan guru. Presentase hasil belajar siswa kelas eksperimen > kelas kontrol, yaitu 90% > 65%. Presentase keaktifan klasikal siswa kelas eksperimen > kelas kontrol, yaitu 76,63% > 60,50%. Presentase kinerja guru kelas eksperimen pertemuan I > pertemuan II > pertemuan III, yaitu 75% > 81,25% > 87,5%. 77,83% siswa memberikan tanggapan baik terhadap pembelajaran dan 80% guru memberikan tanggapan baik terhadap pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran Guide Discovery Inquiry Laboratory Lesson dengan media preparat lebih efektif diterapkan pada pembelajaran materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan daripada menggunakan gambar pembanding. Kata kunci: Efektifitas Pembelajaran, Guide Discovery Inquiri Laboratory Lesson, media preparat.

5 Kata Kunci Efektifitas Pembelajaran, Guide Discovery Inquiri Laboratory Lesson, media preparat.

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "ARIYADI, 4401405001 EFEKTIVITAS PEMBELAJRAN GUIDE DISCOVERY INQUIRY LABORATORY LESSON DENGAN MEDIA PREPARAT PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google