Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SHELL SCRIPT KLOBODH + OLOAN. SHELL SCRIPT Shell script adalah file teks yang berisi command yang dapat dieksekusi dengan unix shell. File teks tersebut.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SHELL SCRIPT KLOBODH + OLOAN. SHELL SCRIPT Shell script adalah file teks yang berisi command yang dapat dieksekusi dengan unix shell. File teks tersebut."— Transcript presentasi:

1 SHELL SCRIPT KLOBODH + OLOAN

2 SHELL SCRIPT Shell script adalah file teks yang berisi command yang dapat dieksekusi dengan unix shell. File teks tersebut berisi unix command, informasi mengenai input dan output, dan perintah. shell script dapat ditulis dengan semua text editor yang tidak mengandung control characters

3 Terdapat beberapa macam shell dalam sistem operasi unix, antara lain : Bourne shell (sh)  prompt : $, biasa digunakan untuk pemrogaman C-shell (csh)  prompt : %, digunakan untuk keperluan umum Tenex C-shell (tcsh)  prompt : >, pengembangan dari C-shell Korn-shell (ksh)  prompt : campuran Bourne shell dan C-Shell Bourne Again Shell (bash)  prompt : bash %, pengembangan dari Bourne shell

4 Bourne Again Shell (bash) Bash adalah sebuah shell, atau interpreter perintah baris, untuk sistem operasi GNU. Bash sangat kompatibel dengan sh dan menyertakan fitur-fitur bermanfaat dari shell Korn (ksh) dan shell C (csh). Bash merupakan implementasi lengkap spesifikasi shell POSIX.2.

5 Fitur Bash (1) Pengeditan dan Pelengkapan Sejarah dan Pemasukan Kembali Perintah Kendali Kerja Fungsi Shell dan Alias Array Aritmatika

6 Fitur Bash (2) ANSI-C Quoting Kemampuan I/O Yang Diperluas Keamanan Mode POSIX Internasionalisasi Membuat Skrip Shell

7 Bourne shell (sh) Kita buat : vi latihan.sh Baris pertama sebuah script ini selalu memanggil ‘executing shell’. Sintaksnya adalah: #! /bin/bash #! latihan.sh Ketikan : echo “Halo Dunia” echo “Ini bash pertamaku”

8 JALANKAN SCRIPT Atur permission : chmod 755/777[filename] atau chmod +x [filename] Jalankan script :./[nama_file]

9 KETERANGAN Baris pertama script akan menandakan program yang akan mengeksekusi script. Baris ini biasanya disebut "shbang". Simbol "#!" adalah simbol yang digunakan kernel untuk mengindentifikasikan program yang akan menginterpretasi baris-baris script. Baris ini harus berada paling atas dalam script. Untuk file dengan pilihan menu eksekusi diakhiri dengan : “ ;; esac ”


Download ppt "SHELL SCRIPT KLOBODH + OLOAN. SHELL SCRIPT Shell script adalah file teks yang berisi command yang dapat dieksekusi dengan unix shell. File teks tersebut."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google