Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SEJARAH PERANG DUNIA I (1914-1918). Penyebab Perang Dunia I Sebab Umum : 1.Politik Mencari Kawan 2.Kemajuan Industri (industri yang memproduksi senjata.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SEJARAH PERANG DUNIA I (1914-1918). Penyebab Perang Dunia I Sebab Umum : 1.Politik Mencari Kawan 2.Kemajuan Industri (industri yang memproduksi senjata."— Transcript presentasi:

1 SEJARAH PERANG DUNIA I ( )

2 Penyebab Perang Dunia I Sebab Umum : 1.Politik Mencari Kawan 2.Kemajuan Industri (industri yang memproduksi senjata ) 3.Politik Kolonialisme dan Imperialisme 4.Perdamaian Bersenjata

3 Politik Mencari Kawan Adanya persekutuan 2 blok yaitu : Triple Alliance 1882, (Jerman, Austria-Hungaria, dan Italia) Triple Entente 1902, ( Perancis, Inggris, dan Rusia ).

4 Kemajuan Industri : kemajuan industri di Eropa menimbulkan masalah baru dalam kehidupan masyarakat, baik dalam bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya. Masing-masing negara berusaha untuk memajukan industri dalam negaranya, sehingga menimbulkan terjadinya persaingan diantara negara-negara Eropa.

5 Politik Kolonialisme dan Imperialisme Dengan kemajuan industri, maka negara-negara Eropa berusaha untuk mencari wilayah jajahan yang luas dan digunakan untuk pengambilan bahan mentah maupun tempat pemasaran hasil-hasil industri dan penanaman modal.

6 Perdamaian Bersenjata Masing-masing negara berusaha untuk meningkatkan kewaspadaaan jika terjadi perang besar, maka terjadinya persaingan dalam memproduksi senjata dan kecanggihannya

7 Sebab Khusus : Terbunuhnya putra mahkota Austria Frans Ferdinand di Sarajevo oleh Gavrilo Princip (Serbia)

8 Kronologi Perang Tanggal 1 Agustus 1914, Jerman mengumumkan perang dengan Rusia. Tanggal 3 Agustus 1914, Perancis melancarkan serangan kepada Jerman. Tanggal 14 Agustus 1914, Inggris menyerang Jerman Dengan demikian, perang segera berkobar ke seluruh wilayah Eropa.

9 Jalannya Perang Pihak-pihak yang terlibat dalam PD I 1. Pihak Sentral (Blok Jerman) : (Jerman, Turki, Bulgaria, Austria-Hongaria) 2. Pihak Sekutu (Blok Perancis) : (Perancis, Rusia,Inggris, Italia, Amerika Serikat, Belgia, Rumania, Yunani, Portugal, Jepang, dll)

10 Akhir Perang Dunia I Kekalahan Jerman menyebabkan rakyat Jerman menjadi susah sehingga di Jerman sendiri muncul pemberontakan dari kaum komunis (spartacis) Jerman juga harus menghadapi musuh yaitu Sekutu

11 Perjanjian – perjanjian Perdamaian setelah PD I Perjanjian Versailles (28 Juni 1918), Jerman dan Sekutu : 1. Jerman menyerahkan Alsace-Lorraine kepada Perancis dan Eupen Malmedy kepada Belgia 2. Danzig dan sekitarnya menjadi kota merdeka di bawah LBB 3. Jerman kehilangan semua tanah jajahannya yang diambil oleh Inggris, Perancis, dan Jepang 4. Jerman harus membayar ganti rugi perang sebesar 132 milyar Mark emas 5. Angkatan Perang Jerman diperkecil 6. Kapal perang maupun kapal dagang Jerman diambil alih oleh Inggris 7. Daerah Saar diperintah oleh LBB selam 15 tahun

12 Dalam Perjanjian Versailles itu peranannya dipegang oleh Woodrow Wilson (Presiden AS), Georges Clemenceau (Perancis), Lloyd George (Inggris), dan Vittorio E O (Italia). Keempat orang ini dikenal dengan The Big Four.

13 Perjanjian St.German (10 November 1919) antara Sekutu dan Austria, isinya : 1. tidak diperkenankan adanya gabungan antara Jerman-Austria 2. Austria harus menyerahkan daerah Tirol Selatan, Istria kepada Italia, dan Bohemia, Moravia kepada Cekoslovakia

14 Perjanjian Neuilly (27 November 1919)

15 Perjanjian Trianon (4 Juni 1920)

16 Perjanjian Sevres ( 20 Agustus 1920 )


Download ppt "SEJARAH PERANG DUNIA I (1914-1918). Penyebab Perang Dunia I Sebab Umum : 1.Politik Mencari Kawan 2.Kemajuan Industri (industri yang memproduksi senjata."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google