Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bab 6 Rangkaian Arus Searah. Tujuan Setelah menyelesaikan bab ini, Anda seharusnya dapat memahami tentang: Resistor dalam sambungan seri dan paralel Kaidah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bab 6 Rangkaian Arus Searah. Tujuan Setelah menyelesaikan bab ini, Anda seharusnya dapat memahami tentang: Resistor dalam sambungan seri dan paralel Kaidah."— Transcript presentasi:

1 Bab 6 Rangkaian Arus Searah

2 Tujuan Setelah menyelesaikan bab ini, Anda seharusnya dapat memahami tentang: Resistor dalam sambungan seri dan paralel Kaidah Kirchhoff Rangkaian Resistor Kapasitor (RC)

3 Resistor dalam Sambungan Seri

4 Resistor dalam Sambungan Paralel

5 Contoh Soal

6 Kaidah Kirchhoff 1.Kaidah titik percabangan Kirchhoff:  I = 0 Jumlah aljabar dari arus dalam setiap percabangan adalah nol. 2.Kaidah simpal Kirchhoff: V = 0 Jumlah aljabar dari selisih potensial dalam setiap simpal adalah nol

7 Kaidah Kirchhoff 1

8 Kaidah Kirchhoff 2

9 Contoh Soal 27-3

10 Contoh Soal 27-4

11 Contoh Soal 27-5

12 Contoh Soal 27-6

13 Instrumen Pengukur Listrik Galvanometer d’Arsonval Instrumentasi yang dapat mengukur arus, tegangan dan hambatan Ammeter Galvanometer yang ditambahkan sebuah resistor langsir (shunt) secara paralel untuk mengukur arus. Voltmeter Galvanometer yang ditambahkan sebuah resistor langsir secara seri untuk mengukur tegangan. Ohmmeter Galvanometer yang ditambahkan resistor dan sumber tge yang disambungkan seri untuk mengukur hambatan. Potensiometer Instrumen pengukur TGE sebuah sumber tanpa menarik arus dari sumber itu

14 Resistor Langsir (R sh )

15 Rangkaian Resistor-Kapasitor

16 Pengisian Muatan Kapasitor

17

18 Pengosongan Muatan Kapasitor

19

20

21 Sistem Distribusi Daya Dalam sistem pemasangan kawat rumah tangga berbagai alat listrik disabungkan paralel melalui jalur daya yang terdiri atas sepasang konduktor, satu yang “panas” dan yang lainnya “netral”. Sebuah kawat “ground” tambahan dimasukkan untuk alasan keamanan. Arus maksimum yang diizinkan dalam sebuah rangkaian ditentukan oleh ukuran kawat dan suhu maksimum yang dapat ditolerir. Perlindungan terhadap arus yang berlebihan disediakan oleh sekering dan pemutus rangkaian.

22 Pekerjaan Rumah Kerjakan soal latihan dan soal-soal bab 27 Rangkaian Arus Searah Download materi handout Pertemuan 8, Medan magnetik dan Gaya Magnetik Baca bab 28 buku Young & Freedman mulai dari Pendahuluan hingga Pertanyaan Diskusi


Download ppt "Bab 6 Rangkaian Arus Searah. Tujuan Setelah menyelesaikan bab ini, Anda seharusnya dapat memahami tentang: Resistor dalam sambungan seri dan paralel Kaidah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google