Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAPEPAM WEWENANG DAN FUNGSINYA Pertemuan 1 Mata kuliah: F 0852 / ATURAN dan ETIKA PASAR MODAL Tahun: 2008 / 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAPEPAM WEWENANG DAN FUNGSINYA Pertemuan 1 Mata kuliah: F 0852 / ATURAN dan ETIKA PASAR MODAL Tahun: 2008 / 2009."— Transcript presentasi:

1

2 BAPEPAM WEWENANG DAN FUNGSINYA Pertemuan 1 Mata kuliah: F 0852 / ATURAN dan ETIKA PASAR MODAL Tahun: 2008 / 2009

3 Bina Nusantara University 3 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa dapat menyimpulkan wewenang dan fungsi Badan Pengawas Pasar Modal dalam keterkaitannya dengan usaha, tugas dan tanggung Wakil Manajer Investasi.

4 Bina Nusantara University 4 Outline Materi Materi 1: Tugas pokok dan fungsi Bapepam terhadap wewenang Wakil Manager Investasi. Materi 2: Peran Manajer Investasi dalam Reksadana

5 Bina Nusantara University 5 Tugas Pokok dan Fungsi Bapepam Sesuai dengan pasal 2. Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia no.503/ KMK.01/1997, Badan Pengawas Pasar Modal mempunyai tugas membina, mengatur dan mengawasi sehari-hari kegiatan Pasar Modal dengan tujuan mewujudkan terciptanya kegiatan pasar modal yang wajar, teratur dan efisien dengan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

6 Bina Nusantara University 6 Wewenang Bapepam Sebagaimana diatur dalam Undang-undang no.8 tahun 1995 pasal 15, Bapepam memiliki wewenang: Memberikan Izin Usaha kepada Bursa Efek, Lembaga Kliring dan Penjaminan, Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian, Reksadana, Perusahaan Efek, Penasehat Investasi dan Biro Administrasi Efek. Memberikan izin orang perseorangan bagi Wakil Perantara Pedagang Efek, Wakil Penjamin Emisi Efek, Wakil Manajer Investasi dan dan Wakil Agen Penjual Efek Reksadana. Memberikan Persetujuan bagi Bank Kustodian.

7 Bina Nusantara University 7 Manajer Investasi dalam Struktur Pasar Modal Indonesia Manajer Investasi dalam struktur organisasi, dapat merupakan salah satu dari unit kerja pada Perusahaan Efek dapat juga berdiri sebagai salah satu bentuk usaha mandiri.

8 Bina Nusantara University 8 FUNGSI dan TUGAS POKOK MANAJER INVESTASI Manajer Investasi yang dimaksud adalah Perusahaan / perorangan yang sudah memperoleh izin usaha dari Bapepam untuk para investor/nasabah baik perorangan atau kolektif. Dana nasabah kemudian diinvestasikan pada macam-macam jenis surat berharga. Pengertian Manajer Investasi tidak termasuk perusahaan asuransi, dana pensiun dan bank.

9 Bina Nusantara University 9 Peran Manajer Investasi dalam Rekadana Menurut UU no.8/1995 tentang Pasar Modal, reksadana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari investor untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio surat berharga oleh Manajer Investasi Reksadana menurut ketentuan dapat didirikan dalam bentuk hukum : Perseroan (PT) atau Kontrak Investasi Kolektif (KIK). Reksadana Perseroan (PT) merupakan badan hukum tersendiri yang didirikan untuk melakukan kegiatan reksadana. Setelah mendapat izin usaha dari Bapepam, maka perseroan dapat memperdagangkan reksadana. Surat berharga yang dikeluarkan oleh perusahaan reksadana ini berupa Saham.

10 Bina Nusantara University 10 Peran Manajer Investasi dalam Rekadana Pengelolaan portofolio dilakukan oleh Manajer Investasi berdasarkan kontrak; sedangkan untuk pengadminis- trasian dan penyimpanan portofolio ditunjuk dan dilakukan kontrak dengan Bank Kustodian. Reksadana Kontrak Investasi Kolektif bukan badan hukum tersendiri. Kegiatannya berdasarkan kontrak yang dibuat oleh Manajer Investasi dan Bank Kustodian Investor secara kolektif mempercayakan dananya kepada Manajer Investasi. Dana yang terhimpun tersebut disimpan dan diadministrasikan oleh Bank Kustodian. Dana kelolaan oleh Manajer Investasi dalam bentuk portofolio adalah milik investor secara bersama-sama dan proporsional.

11 Bina Nusantara University 11 Closing Saat ini perusahaan manajer investasi yang sudah mendapatkan izin usaha dari Bapepam sudah banyak beroperasi di Indonesi. Perusahaan ini dapat sebagai perusahaan nasional atau perusahaan patungan, mempunyai komposisi Modal Disetor dan Modal Kerja Bersih yang dapat Disesuaikan sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh Bapepam.


Download ppt "BAPEPAM WEWENANG DAN FUNGSINYA Pertemuan 1 Mata kuliah: F 0852 / ATURAN dan ETIKA PASAR MODAL Tahun: 2008 / 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google