Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mengenal Analisis SWOT Strengths - Weakness – Opportunities- Threats Oleh Habriansyah Putra Dept Kebijakan Publik KAMMI Daerah Purwokerto.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mengenal Analisis SWOT Strengths - Weakness – Opportunities- Threats Oleh Habriansyah Putra Dept Kebijakan Publik KAMMI Daerah Purwokerto."— Transcript presentasi:

1 Mengenal Analisis SWOT Strengths - Weakness – Opportunities- Threats Oleh Habriansyah Putra Dept Kebijakan Publik KAMMI Daerah Purwokerto

2 SWOT METODE YANG MENGGAMBARKAN KONDISI DAN MENGEVALUASI SUATU MASALAH UNTUK MENENTUKAN STRATEGI DAN MELAKUKAN TINDAKAN Analisis SWOT hanya menggambarkan situasi yang terjadi bukan sebagai pemecah masalah.

3 Kepentingan Analisis S.W.O.T Merancang program secara S. M. A. R. T Perancangan Misi dan Visi Mendapat strategi yang tepat setelah menyediakan T.O.W.S Matriks.

4 S.M. A. R. T S = Spesifik Tepat & Pasti Jelas untuk siapa ?, berapa ?, bila ? Matlamat dan objektif ? M = Measurable Boleh diukur dan dinilai Objektif yang eksplisit Objektif tingkahlaku Hasil akhir

5 A = Achievable / Accesible Mampu dicapai R = Realistic sesuai dengan keperluan dan kemampuan Benar menepati objektif Memenuhi keperluan Mampu dilakukan. T = Time frame Dalam tempoh masa Dapat dilaksanakan mengikut masa

6 Analisis SWOT terdiri dari empat faktor, yaitu: 1.Strengths (kekuatan)Strengths (kekuatan) 2.Weakness (kelemahan)Weakness (kelemahan) 3.Opportunities (peluang)Opportunities (peluang) 4.Threats (ancaman)Threats (ancaman) S Dan W Faktor yang berasal dari luar organisasi O dan T Faktor yang berasal dari luar organisasi

7 Strengths (kekuatan) merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

8 Weakness (kelemahan) merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

9 Opportunities (peluang) merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri. misalnya kompetitor, kebijakan pemerintah, kondisi lingkungan sekitar.

10 Threats (ancaman) Merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

11 Tabel SWOT INDENTIFIKASI: KEKUATANKELEMAHANPELUANGANCAMAN

12 KELEMAHAN (W)KEKUATAN (S) PELUANG (O)ANCAMAN (T) Tabel SWOT

13 Tabel Matriks 1. Setelah dibuat pemetaan analisis SWOT maka dibuatlah tabel matriks dan ditentukan sebagai tabel informasi SWOT. 2. Dilakukan pembandingan antara faktor internal yang meliputi Strength dan Weakness dengan faktor luar Opportunity dan threat. Setelah itu kita bisa melakukan strategi alternatif untuk dilaksanakan. 3. Strategi yang dipilih merupakan strategi yang paling menguntungkan dengan resiko dan ancaman yang paling kecil.

14 Strategi WO Menghilangkan “W” dan memanfaatkan “O” Strategi SO Gunakan “S” untuk memanfaatkan “O” Strategi ST Gunakan “S” untuk Menghindarkan “T” Strategi WT Minimalkan “W” untuk Menghindarkan “T” Kelemahan [W] Kekuatan [S] Peluang [O] Ancaman [T] Faktor Internal Faktor Eksternal Perluasan Konsolidasi

15 Tabel SWOT INDENTIFIKASI: KEKUATANKELEMAHANPELUANGANCAMAN Banyaknya Kader Sudah Memiliki Nama besar Kapasitas Kader Belum mandiri secara finansial Simpatik dari masyarakat dan pemerintah Budaya Kapitalis yang menggrogoti sistem pendidiksn


Download ppt "Mengenal Analisis SWOT Strengths - Weakness – Opportunities- Threats Oleh Habriansyah Putra Dept Kebijakan Publik KAMMI Daerah Purwokerto."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google