Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perangkat Lunak (Software) Perangkat lunak atau software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perangkat Lunak (Software) Perangkat lunak atau software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh."— Transcript presentasi:

1

2 Perangkat Lunak (Software)

3 Perangkat lunak atau software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh salah satu televisi merupakan perangkat lunak dari suatu peralatan televisi. Contoh :

4 Pada jaman dulu sebelum ditemukannya alat penghitung elektronik (kalkulator), manusia menggunakan sempoa. Sempoa tidak memerlukan software serta tidak dapat melakukan perhitungan seperti kalkulator. Sempoa hanya merupakan alat bantu untuk perhitungan.

5 Kemudian setelah ditemukan kalkulator, manusia cukup memasukkan data, sedangkan proses perhitungannya dilakukan sepenuhnya oleh kalkulator.

6  Kenapa kalkulator dapat melakukan aneka ragam perhitungan? Kenapa kalkulator dapat mengenal angka dan mengenal tanda baca?

7 Dalam hal ini, rumus-rumus perhitungan yang ada serta pengenalan bentuk angka dan tanda baca, oleh pabrik pembuatnya telah diubah bentuknya ke dalam suatu rangkaian elektronik. Sehingga “ aneka rumus perhitungan, pengenalan bentuk angka dan tanda baca serta pengoperasian kalkulator ” inilah yang disebut sebagai software dari kalkulator.

8 Software Komputer adalah suatu aturan- aturan atau prosedur-prosedur yang digunakan komputer untuk pemrosesan data yang telah diubah bentuknya ke dalam suatu program.

9 Software dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu : System Software : yaitu suatu program yang dibuat untuk mengatur kinerja software dan hardware agar dapat saling bekerjasama sehingga para pemakai komputer dapat mengoperasikan komputer dengan mudah.

10 System Software dibagi menjadi 2, yaitu :  Compiler/Interpreter  Operating System

11  Aplication Software : yaitu suatu program yang ditulis secara khusus untuk membuat atau menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tertentu.

12 Aplication Software dibagi menjadi 2, yaitu :  Programming Language  Package Software

13 Compiler / Interpreter adalah penterjemah dari bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) menjadi bahasa mesin (low level language).

14  Menerjemahkan instruksi demi instruksi (baris per baris program), jika instruksi benar maka proses akan terus dilaksanakan tetapi jika instruksi salah maka proses akan berhenti dan muncul pesan kesalahan.

15  Jika kesalahan tidak pada baris kesatu maka masih ada output  Tidak menghasilkan file baru (bukan object program) Contoh : Bahasa Basic

16  Menterjemahkan semua instruksi yang ada Seluruh kesalahan instruksi yang ditemui akan ditampilkan pada akhir proses penterjemahan, tetapi jika tidak terdapat kesalahan instruksi maka akan menghasilkan file baru (object program) Jika terdapat kesalahan instruksi maka tidak ada output yang ditampilkan

17 Operating system ini berfungsi sebagai seperangkat program yang menyebabkan sistem komputer dapat beroperasi secara terus menerus dari suatu program ke program lain dan juga bertindak sebagai penghubung antara manusia/pemakai, komputer dan program yang sedang diproses.

18 Adalah software yang mengontrol pelaksanaan program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta pelbagai bentuk layanan yang terkait.

19  Control Program Service Program

20 Control program berfungsi untuk : Mengatur kerja input dan output Berkomunikasi dengan operator dan programmer Menghandle masalah interupsi Mencatat segala macam kegiatan yang ada

21  Menghandle masalah multi programming Menghandle masalah multi access

22 Service program berfungsi untuk : Mengambil program yang ada untuk kemudian menterjemahkannya Merawat system library

23 Definisi Programming language atau bahasa pemrograman adalah suatu bahasa ataupun tatacara yang dapat digunakan oleh manusia (programmer) untuk berkomunikasi secara langsung dengan komputer.

24  Low Level Language Adalah suatu bahasa program atau suatu tatacara yang dapat digunakan berkomunikasi dengan komputer. Dalam hal ini tatacara yang digunakan masih berorientasi dengan mesin, sehingga disebut juga bahasa mesin. Contoh : bahasa Assembly

25 High Level Language Adalah suatu bahasa program atau suatu tatacara yang dapat digunakan memberi perintah/instruksi kepada komputer. Tatacara yang digunakan sangat mirip dengan tatacara yang digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi sehingga lebih mudah untuk dipelajari. Contoh : Bahasa Basic, Cobol, Fortran, Pascal

26 Paket program ini biasanya memanfaatkan programming language yang oleh kebanyakan pemakai dianggap masih terlalu sulit untuk dimanfaatkan atau digunakan. Dengan adanya paket software ini, komputer menjadi semakin mudah untuk digunakan oleh para pemakai karena penggunaan komputer diarahkan kepada konsep User- Friendly.

27  Package Program : Merupakan suatu program jadi dan para pemakai komputer tinggal memanfaatkannya saja. Contoh : Microsoft Word, Microsoft Excel, dll.

28 Keuntungan Paket Program : Perusahaan tidak membutuhkan waktu untuk membuat program karena program dapat dibeli dan langsung dapat digunakan serta laporan yang dibutuhkan bisa langsung dihasilkan. Kemungkinan kesalahan sangat kecil.

29 Paket biasanya menggunakan standart-standart tertentu dan hal ini bisa menambah keahlian/pengetahuan dari pemakai.

30 Kerugian Paket Program : Tidak fleksibel karena dibuat berdasarkan standart pembuat dan bukan standart pemakai sehingga pemakai komputer harus menyesuaikan diri untuk penerapan paket program.

31 Objek program tidak dapat diperbaiki ataupun dimodifikasi. Perawatan sulit dilakukan karena pemakai hanya mendapatkan Objek Program dan bukan source program.

32  Tailor Made Program : Merupakan program yang dibuat secara khusus untuk kebutuhan para pemakai. Contoh : Program Sistem Informasi Akademik, Program Persediaan Barang, dll.

33 Keuntungan Tailor Made Program : Perusahaan membuat program yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Program dapat diperbaiki ataupun dimodifikasi Perawatan program mudah

34 Kerugian Tailor Made Program : Perusahaan membutuhkan waktu yang banyak untuk membuat dan menerapkan program dalam perusahaan. Biaya yang dikeluarkan mahal. Tidak semua pemakai mampu mengoperasikan program.


Download ppt "Perangkat Lunak (Software) Perangkat lunak atau software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google