Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROTOTYPING. Pengertian Suatu metode dalam pengembangan sistem yang menggunakan pendekatan untuk membuat susuatu program dengan cepat dan bertahap sehingga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROTOTYPING. Pengertian Suatu metode dalam pengembangan sistem yang menggunakan pendekatan untuk membuat susuatu program dengan cepat dan bertahap sehingga."— Transcript presentasi:

1 PROTOTYPING

2 Pengertian Suatu metode dalam pengembangan sistem yang menggunakan pendekatan untuk membuat susuatu program dengan cepat dan bertahap sehingga dapat dievaluasi oleh pemakai.

3 UCD (User Centered Design) Memahami user dan kebutuhannya. Fokus pada user pada tahap awal desain dan mengevaluasi hasil desain. Mengidentifikasi, membuat dokumentasi dan menyetujui kegunaan dan tujuan pengalaman user. Perulangan hampir dapat dipastikan, karena para perancang tidak pernah berhasil dalam satu kali proses.

4 Tujuan Evaluasi dan feedback pada rancangan interaktif. Stakeholder, user dapat melihat, menyentuh, berinteraksi dengan prototyping. Anggota tim dapat berkomunikasi secara efektif. Para perancang dapat mengeluarkan ide-idenya. Memunculkan ide-ide secara visual dan mengembangkannya. Dapat menjawab pertanyaan Mendapatkan informasi dan pemahaman tentang pengalaman pengguna. Estimasi dan validasi tentang kesulitan perancangan, keputusan, dan keuntungan biaya. Investigasi, explorasi dan perbandingan solusi perancangan yang berbeda.

5 Tahapan

6 Keunggulan Adanya komunikasi yang baik antara pengembang dan pelanggan. Pengembang dapat bekerja lebih baik dalam menentukan kebutuhan pelanggan. Pelanggan berperan aktif dalam pengembangan sistem. Lebih menghemat waktu dalam pengembangan sistem. Penerapan menjadi lebih mudah karena pemakai mengetahui apa yang diharapkannya. Mengurangi biaya pengembangan dan pemeliharaan. Dapat bereksperimen dengan perancangan alternatif. Meningkatkan kualitas, kecepatan spesifikasi dan perancangan sistem. Dapat dipadukan dengan metode terstruktur. Dapat digunakan pada berbagai level.

7 Kelemahan Pelanggan tidak menyadari bahwa prangkat lunak yang ada belum mencantumkan kualitas perangkat lunak secara keseluruhan dan juga belum memikirkan kemampuan pemeliharaan untuk jangka waktu lama. Pengembang biasanya ingin cepat menyelesaikan proyek. Hubungan pelanggan dengan komputer mungkin tidak mencerminkan teknik perancangan yang baik.

8 Dimensi Penyajian Lingkup Executability Maturation

9 Metode non-komputer Sketsa, Mock-Ups Storyboarding Skenario Tutorial dan manual

10 Metode Computer-based Menirukan lebih banyak kemampuan sistem Pada umumnya hanya beberapa aspek atau fitur Dapat berpusat pada lebih banyak detail Para pemakai lebih segan untuk menyarankan perubahan sekali ketika mereka melihat prototype yang lebih realistis Prototype cepat digambarkan sebagai suatu metode berbasis komputer. Prototype interaktif dikembangkan Umpan balik diperoleh dari kolega atau pengalaman pengguna.

11 Terminologi Prototype horizontal Prototype vertikal Early prototyping Late prototyping Low-fidelity prototyping Mid-fidelity prototyping High--fidelity prototyping

12 Prototyping tools Draw/paint program Scripted simulation / slide show Interface builder


Download ppt "PROTOTYPING. Pengertian Suatu metode dalam pengembangan sistem yang menggunakan pendekatan untuk membuat susuatu program dengan cepat dan bertahap sehingga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google