Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Apa Itu PHP..????? PHP adalah singkatan dari “PHP: Hypertext Preprocessor”, yang merupakan sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. Sebagian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Apa Itu PHP..????? PHP adalah singkatan dari “PHP: Hypertext Preprocessor”, yang merupakan sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. Sebagian."— Transcript presentasi:

1

2 Apa Itu PHP..????? PHP adalah singkatan dari “PHP: Hypertext Preprocessor”, yang merupakan sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. Sebagian besar sintaks mirip dengan bahasa C, Java dan Perl, ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik.Tujuan utama penggunaan bahasa ini adalah untuk memungkinkan perancang web menulis halaman web dinamik dengan cepat.

3 Sejarah PHP  PHP pertama dibuatoleh RasmusLerdorf pada tahun 1995.Pada awalnya dia menamakan script ini “Personal Home Page Tool” yang merupakan bahasa sederhana dari bahasa pemrograman C, di mana Personal Home Page Tool ini dapat berkomunikasi dengan database dan bersifat Open Source.  Pada awalnya Rasmus membuat bahasa pemrograman ini bertujuan untuk menyimpan data pengunjung yang melihat biodata pada Website-nya.PHP/FI merupakan cikal bakal PHP yang sekarang.

4 Keuntungan Bahasa PHP  Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.  Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana – mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.  Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.  PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

5 Ruang Lingkup PHP  Sintax penulisan PHP  Comment dalam PHP Pembuatan comment dapat menggunakan “//” untuk membuat komentar satu baris dan /* */ untuk membuat comment yang lebih besar blok-nya (lebih dari 1 baris).

6 Ruang Lingkup PHP  Deklarasi Variabel PHP  Mendeklarasikan variabel di PHP harus dimulai dengan tanda $,  Karakter pertama tidak boleh angka dan harus berupa huruf atau garis bawah ( _ ),  Karakter selanjutnya boleh angka, huruf dan lainnya

7 Ruang Lingkup PHP Contoh Deklarasi Variabel

8 Operator Dalam PHP Arithmatic Operator Assignment Operator Comparison Operator Logical Operator

9 Statement If Statement If…Else Statement

10 Statement If …. Elseif …. Else Statement

11 Switch Statement Switch statement digunakan untuk memilih kode yang ingin dijalankan. Hal pertama yang dilakukan adalah membuat sebuah variabel. Variabel ini akan mengecek jika variabel nya sama dengan statement yang ada di switch maka akan menjalankan statement sesuai dengan statement yang terpilih.

12 Switch Statement

13 Looping atau Perulangan For Loop Statement Pada script diatas, pengulangan for dimulai dengan melakukan inisialisasi nilai variabel $i=1. Kemudian menentukan kondisi jika i lebih kecil sama dengan 5, maka proses pengulangan akan terus dilakukan sampai kondisi ini bernilai salah.

14 Looping atau Perulangan While Loop Statement While statement digunakan untuk memanggilkode secara berulang-ulang hingga menjadi TRUE/FALSE. Terdapat 2 while loop statement yaitu while dan do while:

15 Looping atau Perulangan Looping Do While Pada statement do … while, system terlebih dahulu menjalankan aksi yang ada di blok do baru kemudian mengecek kondisi dalam blok while. Dengan menggunakan while, maka aksi tetap akan dijalankan minimal sekali. Berbeda dengan while, aksi ada kemungkinan tidak dijalankan sama sekali karena kondisi dari awal bernilai salah.

16 Fungsi Function adalah bagian script dalam PHP yang hanya dijalankan ketika fungsi tersebut dipanggil. Sebagai contoh ketika kita membuat fungsi seperti ini: function fungsiNama(){ echo "Seameo Seamolec"; } Jika kita hanya menjalankan script diatas, maka yang ditampilkan di layar hanyalah tampilan kosong. Karena scrip pada baris echo tersebut hanya berjalan ketika fungsiNama() dipanggil. Sehingga script harus dibuat seperti ini:

17 Menggunakan Form Dalam membuat sebuah form kita akan menggunakan tag-tag HTML. Namun untuk melakukan proses input dan outputnya kita akan menggunakan PHP. Pada PHP terdapat dua method yang digunakan untuk mendistribusikan yaitu metode GET dan POST.

18 Menggunakan Form Method $_GET Pada method ini, seluruh informasi yang dikirimkan akan tampil dan dapat dilihat oleh semua orang. Informasi ini nantinya akan terlihat pada bar alamat website. Berikut adalah contoh script penggunaan form menggunakan method $_GET: Name :

19 Menggunakan Form Method $_POST $_POST memiliki fungsi yang sama dengan method $_GET, yaitu untuk mengirimkan informasi. Bedanya, jika kita menggunakan method ini maka informasi yang dikirim tidak dapat dilihat oleh pengakses website. Berikut contoh penggunaan form dengan method $_POST: Name :


Download ppt "Apa Itu PHP..????? PHP adalah singkatan dari “PHP: Hypertext Preprocessor”, yang merupakan sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. Sebagian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google