Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengertian Intranet dan internet. A. INTERNET Pengertian internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengertian Intranet dan internet. A. INTERNET Pengertian internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan."— Transcript presentasi:

1 Pengertian Intranet dan internet

2 A. INTERNET Pengertian internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem. Sedangkan pengertian Internet secara khusus adalah suatu jaringan komputer terbesar di dunia karena menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia ini. Sedangkan Jaringan adalah cara untuk menghubungkan beberapa komputer sehingga setiap komputer yang ada di dalamnya bisa saling berhubungan dan berbagi sumber daya.

3 Komponen Penyusun Internet World Wide Web World Wide Web yang disingkat WWW adalah system server internet yang mendukung aplikasi hypertex untuk mengakses beberapa protocol internet antarmuka. Hampir semua protocol yang ada di internet dapat diakses melalui Web. Termasuk , FTP, Telnet, dan Usenet News. Surat Elektronik, atau , adalah layanan yang memudahkan userkomputer baik lokal maupun non lokal untuk saling bertukar pesan. Tiap user mempunyai kotak surat (mailbox) yang digunakan untuk menyimpan yang ditujukan ke user tersebut. Pesan yang dikirim melalui dapat diterima dalam hitungan detik. Telnet Telnet adalah suatu program untuk login ke komputer lain di internet sehingga dapat mengakses database online, katalog perpustakaan, layanan chatting, dan 48 banyak lagi. Untuk telnet ke komputer lain, perlu diketahui alamat computer tersebut. Alamat ini berupa kata (misal : mail.uns.ac.id) atau berupa angka ( ) FTP FTP singkatan dari File Transfer Protokol. FTP adalah program dan metode yang digunakan untuk mentransfer file dari satu komputer ke komputer yang lain di internet.Situs FTP berisi buku (e- book), artikel software, game, gambar dan semua file yang ada di komputer dapat ditransfer melalui FTP. Komputer terhubung langsung dengan internet dengan kabel Ethernet dapat menggunakan software FTP, seperti WS_FTP, Cute FTP atau Windows Commander untuk windows untuk lebih memudahkan pentransferan file.

4 Mailing List Salah satu keuntungan yang bisa diambil dari internet adalah kesempatan untuk saling berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan . Internet adalah tempat yang sangat luas bagi komunitas diskusi dengan topik tertentu yang didistribusikan melalui . Suatu wadah untuk mengumpulkan - dalam komunitas tertentu adalah dengan cara Mailing List atau dinamakan juga grup diskusi. Usenet News Usenet news adalah system diskusi dimana jutaan komputer saling bertukar informasi dalam banyak topik. Perbedaan utama antara usenet news dan mailing list adalah bahwa usenet messege disimpan di komputer pusat (server), dan user harus terhubung ke komputer tersebutuntuk membaca atau mendonwload pesan dikirim ke mailbox tiap-tiap anggota.

5 Teknologi Transmisi: Jaringan Broadcast: Memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama- sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan. Jaringan Point-to-point: Terdiri dari beberapa hubungan pasangan individu dari mesinmesin.

6 beberapa bentuk dan ukuran jaringan komputer : LAN (Lokal Area Network) suatu jaringan yang memiliki satu jaringan lokal yang berada dalam satu lokasi fisik yang sama yang menghubungkan komputer dengan komputer lain dengan menggunakan kabel yang terhubung ke perangkat yang digunakan bersama. Pada jaringan LAN ini memungkinkan pemakai dapat menggunakan printer dan alat penyimpanan secara bersamaan, menggunakan program dan saling berkirim pesan atau kesatu atau lebih pengguna komputer dalam kantor kecil yang sama MAN (Metropolitan Area Network) adalah versi LAN yang berukuran lebih besar dan mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan atau sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum. WAN (Wide Area Network) mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara atau benua.

7 Manfaat internet 1.Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. 2.Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja : sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.

8 Kelebihan dan Kelemahan Internet Penggunaan internet saat ini sudah merasuk pada hampir semua aspek kehidupan. Internet sangat bermanfaat bagi semua kalangan karena memberikan informasi yang up to date setiap saat. Dewasa ini telah merambah ke berbagai kehidupan, baik di bidang sosial, budaya, ekonomi, kesehatan, politik, maupun pendidikan. Internet sangat dibutuhkan dalam bertukar informasi dan berkomunikasi secara cepat tanpa ada batasan wilayah, ruang dan waktu. Dengan internet semua pekerjaan menjadi sangat mudah dan sangat efisien terhadap waktu. Internet juga bisa digunakan untuk memperluas pengetahuan serta memperluas pergaulan kita sebagai makhluk sosial. Penggunaan internet yang tepat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan pemikiran dan peradaban bagi bangsa yang selalu menginginkan perubahan ke arah positif. Internet merupakan bagian dari teknologi informasi dan komunikasi yang selalu mengalami perkembangan sangat pesat seiring dengan kemajuan teknologi.

9 Dampak negatif penggunaan internet seiring perkembangannya antara lain – Adanya ancaman virus – Carding atau pencurian nomor kartu kredit – Adanya aktivitas cracking – Pembajakan karya intelektual – Penyebaran situs-situs yang tidak sesuai dengan moral (pornografi) Untuk menanggulangi dampak negatif penggunaan internet, maka perlu adanya pengawasan khusus dan aturan yang jelas tentang pemakaian internet terutama dikalangan pendidikan.

10 Aplikasi Internet Aplikasi-aplikasi di internet saat ini sangat banyak dan akan terus berkambang seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan kebutuhan yang beragam di berbagai bidang. Aplikasi internet yang sering digunakan antara lain Word Wide Web (www), , Mailing List (milis), Newsgroup, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Gopher, VoIP (Voice over Internet Protocol) dan lain-lain.

11 INTRANET Pengertian Intranet Intranet merupakan jaringan informasi intenal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet. Intranet dapat diartikan sebagai bentuk privat dari internet atau internet yang penggunaannya terbatas pada suatu organisasi/perusahaan. Akses intranet memerlukan identifikasi pengguna dan password sehingga hanya dapat diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan tersebut. Intranet biasanya digunakan untuk membagi kalender/jadwal kegiatan, dokumen, dan sarana diskusi internal yang tertutup, sehingga tidak dapat diakses oleh pihak luar. Teknologi dan konsep internet seperti client-server dan protokol internet seperti HTTP dan FTP juga digunakan untuk membangun sebuah intranet.

12 Keuntungan penggunaan intranet bagi suatu organisasi atau perusahaan antara lain : Produktifitas kerja Efisiensi waktu Komunikasi Sistem publikasi web Efektifitas biaya Keseragaman informasi Meningkatkan kerjasama

13 Intranet juga memiliki beberapa kelemahan antara lain 1.Informasi yang salah atau tidak sesuai sehingga mengurangi efektifitasnya 2.Interaksi di intranet yang mungkin tidak bertanggung jawab 3.Perlu pelatihan khusus untuk anggota dalam menggunakan intranet 4.Perlu tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi atau perusahaan 5.Bisa terjasi overload (data penuh) akibat pengiriman pesan antar pengguna yang tidak terkontril dengan baik.

14 Komponen pembentuk intranet Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, seperti: 1.aplikasi browser ( internet exploler, opra, mozilla firefox, netscape) 2.komputer server 3.perangkat jaringan 4.protokol TCP/IP 5.bahasa pemrograman (html, php, mysql, dll) 6.komputer client 7.perangkat bantu pengembang yang perlu ditambahkan dalam intranet apabila sebagianinformasi organisasi tersebut ingin diekspose agar dapat di akses jaringan luar (internet) adalah firewall dan router (intranet ini akan menjadi ekstranet

15 Kegunaan intranet Dasarnya perangkat lunak aplikasi yang digunakan di Intranet tidak berbeda jauh dengan yang digunakan di Internet. Di Intranet digunakan Web, dll. persis seperti yang digunakan di Intranet.

16 Web dengan perangkat database di belakangnya, biasanya merupakan alat bantu paling potensial untuk melakukan 2 hal utama yaitu: 1.Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin effisien, pendekatan yang dilakukan disini biasanya membuat system informasi manajemen yang berbasis Web & database. Cukup banyak rasanya orang di Indonesia yang mengerti masalah MIS ini. Jika MIS / ERP perusahaan telah ditata dengan baik langkah selanjutnya biasanya mengarah ke e-commerce (dagang melalui Internet). Perlu dicatat bahwa sebaiknya jangan masuk terlalu jauh ke e-commerce jika system backoffice MIS / ERP perusahaan tsb belum siap, karena akan tampak sekali cacatnya. 2. Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin kompetitif di dunia-nya. Bahkan jika mungkin menjadi pemimpin dalam usahanya. Membuat sebuah badan menjadi kompetitif hanya mungkin dilakukan jika kita dapat mengolah secara baik sumber daya manusia & sumber daya pengetahuan yang ada di internal badan / perusahaan tersebut. Ilmu / konsep yang berkaitan dengan hal ini adalah konsep knowledge management. Dasarnya adalah bagaimana kita melakukan percepatan proses daur ulang, analisis, sintesa dari pengetahuan baik itu yang bersifat implicit maupun eksplisit. Masih jarang ahli di Indonesia yang menguasai teknik tsb, sebetulnya yang paling baik proses penguasaan teknik ini adalah para pustakawan.


Download ppt "Pengertian Intranet dan internet. A. INTERNET Pengertian internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google