Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Shift Register Application Chapter 22 Subject: Digital System Year: 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Shift Register Application Chapter 22 Subject: Digital System Year: 2009."— Transcript presentasi:

1

2 Shift Register Application Chapter 22 Subject: Digital System Year: 2009

3 Overview Basic of semiconductor memory RAM ROM

4 Basic of semiconductor memory Dalam istilah computer memory pada umumnya mengacu kepada RAM dan ROM. Sedangkan storage mengacu kepada Hard-disk, Floppy, CD-Rom, Flash drive. Memory adalah bagian dari sistem yang bertugas menyimpan data biner dalam jumlah yang besar. Semikonduktor yang dipakai untuk membuat memory pada umumnya terdiri dari array dari IC latch ataupun capasitor.

5 Basic of semiconductor memory Pada umumnya memory menyimpan data dalam jumlah data 1 sampai 8. Unit data yang terkecil adalah bit. Data dengan jumlah bit 8 disebut dengan byte. 1 byte dapat dibagi menjadi 2 data 4 bit yang disebut dengan nibbles. Sebuah unit yang berisi seluruh informasi memory pada umumnya disebut dengan word, yang terdiri dari 2 byte. Beberapa memory menyimpan data sebanyak 9-bit, yang terdiri dari 1byte data dan 1 bit parity.

6 Basic of semiconductor memory Setiap storage element yang terdapat dalam memory dapat meyimpan data 1 atau 0, dan disebut dengan nama cell. Memory tersusun dari beberapa array cell, sebagai contoh 64 cell. Setiap block dari memory array melambangkan 1 buah storage cell dan lokasinya dapat diidentifikasi dengan nomor baris dan kolom

7 Basic of semiconductor memory Sebuah memory diidentifikasi dari jumlah word data yang dapat disimpan dikalikan besar word nya, sebuah memory ukuran 16K x 8 dapat menyimpan word data yang besarnya masing-masing 8-bit. Sebuah inkonsistensi ada pada terminologi memory, jumlah word yang sebenarnya adalah 2 14 = Namun pada umumnya jumlah memory di bulatkan kepada angka ribuan terdekat yang dalam kasus ini memory tersebut disebut dengan 16K.

8 Basic of semiconductor memory Lokasi dari sebuah unit data dalam sebuah memory disebut dengan address. Alamat dari sebuah memory bergantung kepada cara memory tersebur disusun dalam penyimpanan data. Dalam sebuah PC sebuah random-access memory disusun dalam 8-bit atau 1 byte, hal ini berarti bahwa data yang paling kecil yang dapat diatur dan dialamatkan adalah 8.

9 Basic of semiconductor memory Kapasitas dari sebuah memory adalah jumlah total dari data yang dapat disimpan. pada umumnya sebuah PC mempunyai memory 256Megabyte memory.

10 Basic Operation of Memory Operasi write berarti memasukkan data kedalam suatu alamat tertentu kedalam memory. Operasi read berarti mengambil data dari alamat tertentu dari memory. Data unit dalam sebuah memory masuk dan keluar melalui jalur yang disebut data bus. Sedangkan jalur alamat untuk penulisan dan pembacaan memory disebut dengan address bus. Alamat dalam addres didecode secara internal ileh memory. Untuk memory 3 dimensi terdapat 2 decoder untuk baris dan kolom

11 Basic Operation of Memory Block diagram dari 2-dimensional memory dan 3-dimensional memory

12 RAM RAM adalah sebuah Read/Write memory dimana data dapat ditulis dan dibaca kapan saja. Ketika data ditulis dalam sebuah alamat, maka data yang lama akan digantikan oleh data baru tersebut. Ketika instruksi read dijalankan data pada memory hanya di copy-kan kedalam data buss dan tidak dihapus. Akan tetapi data akan hilang apabila RAM kehilangan daya atau tidak mendapat catu daya.

13 RAM

14 ROM Sebuah ROM dapat berisi data permanen atau non- permanen, yang dapat dibaca akan tetapi tidak dapat ditulis tanpa peralatan khusus. Sebuah ROM menyimpan data yang sering dipakai seperti table, conversion, atau perintah khusus untuk suatu microprocessor atau microcontroller ROM tetap menyimpan data meskipun kehilangan daya atau dimatikan

15 ROM


Download ppt "Shift Register Application Chapter 22 Subject: Digital System Year: 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google