Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Star page.......... Ayo Kita Belajar..... Semangat!!!

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Star page.......... Ayo Kita Belajar..... Semangat!!!"— Transcript presentasi:

1 Star page Ayo Kita Belajar..... Semangat!!!

2 Menu SK-KD Materi Simulasi Latihan Soal Video Assalamu’alaikum WR WB... Mari kita pelajari materi energi yang sangat menarik...

3 Menu SK-KD Materi Simulasi Latihan Soal Video 1. Standar Kompetensi Menganalisis gejala alam danketeraturan dalam cakupan mekanika benda titik. 2. Kompetensi dasar 2.1. Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik 2.2. Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari

4 Menu SK-KD Materi Simulasi Latihan Soal Video A. Pengertian Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Hukum kekekalan Energi : “ Energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, energi hanya dapat berubah bentuk.”

5 Energi Potensial Energi potensial adalah energi yang berkaitan dengan kedudukan benda terhadap titik acuan. Dengan demikian, titik acuan akan menjadi tolok ukur penentuan ketinggian suatu benda.

6 Energi potensial ada 3 : 1. Energi potensial gravitasi adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena ketinggiannya terhadap suatu bidang acuan tertentu (Ep). Keterangan: Ep : energi potensial (joule) m : massa (kg) g : percepatan gravitasi (m/s2) h : ketinggian terhadap titik acuan (m) Ep= m g h

7 2. Energi potensial gravitasi Newton Energi potensial gravitasi Newton adalah energi potensial gravitasi antara dua benda angkasa. Energi ini dirumuskan sebagai berikut. Keterangan: Ep : energi potensial gravitasi Newton (joule) M : massa planet (kg) m : massa benda (kg) r : jarak benda ke pusat planet (m) G : tetapan gravitasi universal = 6,673 x N.m2/kg2.

8 3. Energi potensial pegas Dari pembahasan sebelumnya diketahui bahwa hubungan antara pertambahan panjang dengan gaya pegas adalah sebagai berikut. Keterangan: Ep : energi potensial pegas (joule) k : konstanta pegas (N/m) x : pertambahan panjang (m)

9 Energi Kinetik Energi kinetik adalah energi yang berkaitan dengan gerak suatu benda. Persamaan energi kinetik dapat dirumuskan sebagai berikut. Keterangan: Ek : energi kinetik (joule) m : massa benda (kg) v : kecepatan gerak suatu benda (m/s)

10 Energi Mekanik Energi mekanik adalah energi total yang dimiliki oleh suatu benda. Hukum kekekalan energi mekanik : “Jumlah energi kinetik dan energi potensial benda selalu tetap.”

11 Menu SK-KD Materi Simulasi Latihan Soal Video

12 Menu SK-KD Materi Simulasi Latihan Soal Video 1. Sebuah bola bermassa 1 kg menggelinding dengan kecepatan tetap 8 m/s maka energi kinetik bola adalah … a.1 J b.8 J c.32 J d.64 J e.128 J

13 Jawab :

14 2. Energi potensial benda bermassa 5 kg pada ketinggian 5 meter adalah.. a.25 J b.50 J c.250 J d.500 J e.600 J

15 Jawab : Ep = m g h Ep = Ep = 250 joule

16 3. Sebuah mobil 1200 kg bergerak dari titik A ke titk B dan kemudian ke titik C (lihat gambar) a.Berapa enegi potensial di B dan C terhadap titik acuan A? b.Berapa perubahan energi potensial ketika mobil bergerak dari B ke C?

17 Jawab : 1. 2.

18 Menu SK-KD Materi Simulasi Latihan Soal Video 1.Apa yang dimaksud dengan energi dan sebutkan hukum kekekalan energi? 2.Sebut dan jelaskan macam-macam energi potensial? 3.Buah kelapa bermassa 2 kg berada pada ketinggian 8 m. Tentukan energi potensial yang dimilikibuah kelapa terhadap permukaan bumi! 4.Sebuah sepeda dan penumpangnya bermassa 100 kg. Jika kecepatan sepeda dan penumpannya 72 km/jam, tentukan energi kinetik yang dilakukan pemiliki sepeda!

19 5. Berapa energi potensial benda bermassa 6 kg pada ketinggian 5 meter. 6. Sebuah bola bemassa 1 kg menggelinding dengan kecepatan tetap 4 m/s, berapa energi kinetik bola!7. 7. Batu bata bermassa 2 kg jatuh dari ketinggian 20 meter. Jika g= 10 m/s², maka berapa energi kinetik benda ketika berada pada ketinggian 5 meter dari tanah?

20 8. sebuah pegas dengan konstanta pegas 200 N/m diberi gaya sehingga meregang sejauh 10 cm. Tentukan energi potensial pegas yang dialami pegas tersebut. 9. Benda 1 kg jatuh bebas dari ketinggian 6,25 m. Tentukan kecepatan benda saat mencapai tanah! 10. Sebuah peluru 20 gram ditembakkan dengan sudut elevasi 30° dan kecepatan awal 40 m/s. Jika gaya gesek dengan udara diabaikan, maka tentukan energi potensial peluru pada titik tertinggi!

21 Menu SK-KD Materi Simulasi Latihan Soal Video


Download ppt "Star page.......... Ayo Kita Belajar..... Semangat!!!"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google