Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp. +62-274-487711 Fax. +62-274-487748www.uajy.ac.id Hubungan Komunitas Gregoria Arum Yudarwati.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp. +62-274-487711 Fax. +62-274-487748www.uajy.ac.id Hubungan Komunitas Gregoria Arum Yudarwati."— Transcript presentasi:

1 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id Hubungan Komunitas Gregoria Arum Yudarwati

2 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id  “community relations, as a public relations, is an institution’s planned, active, and continuing participation with and within a community to maintain and enhance its environment to the benefit of both the institution and the community”

3 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id saling ketergantungan antara organisasi dengan komunitas  “We are important to those communities. Our payroll maybe the bulwark of the area’s economy. The taxes we pay support local schools and government. Our voluntary contributions, both financial both and in the form of employees’ personal services, help the communities grows and prosper.  And these communities are important to us. Without public acceptance, no industry can realize its full potential. The goodwill of the people who live in our plant communities is essential and must be earned.” (Grunig & Hunt 1984:266)

4 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id Yang diharapkan komunitas  tangible commodities : wages, employment, taxes  intangible commodities : appearance, participation, stability, pride

5 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id Yang diharapkan organisasi  pelayanan yang baik dari pemerintahan lokal  fair taxation  good living condition for employee  good labor support  dukungan terhadap bisnis dan produknya

6 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id Tujuan Hubungan Komunitas 1.memberikan informasi pada komunitas tentang organisasi itu sendiri, produk yang diahsilkan, pelayanan yang diberikan serta aktivitas yang dilakukan. 2.meluruskan kesalahapahaman dan menanggapai kritikan publik, disertai upaya menggalang dukungan dan opini yang positif. 3.mendapatkan dukungan secara hukum yang akan mempengaruhi iklim kerja di komunitas

7 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id 4.mengetahui sikap, pengetahuan dan harapan komunitas 5.mendukung sarana kesehatan, pendidikan, rekreasi dan aktifitas budaya. 6.mendapatkan pengakuan yang baik dari pemerintah setempat 7.membantu perkembangan ekonomi lokal dengan membeli barang- barang kebutuhan dari wilayah setempat.

8 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id Dari ketujuh tujuan tersebut nampak bahwa program community relations sesungguhnya tidak hanya masalah perbaikan ekonomi, namun disertai upaya pemberdayaan akses informasi dan komunikasi. Penentuan tujuan itu sendiri dipengaruhi oleh karakter komunitasnya. Ada beberapa karakter komunitas yang perlu diidentifikasi sebelum melaksanakan program community relations (Baskin et.al 2004),

9 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id How is the community structured ?  tingkat homogenitas atau heterogenitas  struktur kepemimpinan formal maupun informal  nilai-nilai yang ada dan berkembang di komunitas  media komunikasi

10 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id What are the community’s strengths and weaknesses ?  identifikasi permasalahan yang dihadapi komunitas  situasi dan kondisi ekonomi politik  sumber daya yang dimiliki komunitas, baik suber daya manusia, alam, maupun budaya.

11 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id What does the community know and feel about the organisation ?  pemahaman komunitas akan produk, jasa, aktivitas maupun kebijakan organisasi  sikap dan perasaan komunitas akan keberadaan organisasi  adakah kesalahpahaman terjadi  harapan komunitas terhadap organisasi Harapan komunitas terhadap organisasi: (1) sesuatu yang tangible seperti gaji, lapangan kerja, dan pajak; (2) intangible, seperti partisipasi organisasi, stabilitas dan keamanan, serta rasa bangga akan keberadaan organisasi.

12 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id empat bentuk hubungan organisasi dengan komunitas 1.enabling linkage Ini merupakan bentuk hubungan antara organisai dengan kelompok sosial yang memberikan otoritas dan kontrol yang memungkinkan organisasi eksis. Termasuk di sini hubungan dengan pemerintah lokal khususnya orang-orang kunci di dalamnya.

13 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id 2.functional linkage a) Input linkage meliputi hubungan dengan karyawan lokal, kelompok/asosiasi lokal, dan penyedia bahan- bahan mentah uang menyediakan input bagi organisasi. b) output linkage berkaitan dengan hubungan hubungan organisasi dengan organisasi lain yang menggunakan produknya, seperti para konsumen.

14 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id 3.normative linkage - hubungan organisasi dengan organisasi lain yang menghadapai masalah sama atau memiliki nilai-nilai yang sama. - Termasuk di sini organisasi lokal dengan kepentingan yang sama dengan organisasi.

15 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id 4.diffused linkage bentuk hubungan dengan elemen dalam masyarakat yang berperan dalam penyebaran opini publik, seperti hubungan dengan media lokal dan para pemuka pendapat lokal.

16 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id Tipe Hubungan Komunitas  Tipe program yang pertama merupakan program yang memfokuskan pada aktivitas untuk membantu komunikasi organisasi dengan pemimpin komunitas lokal.  Program kedua memfokuskan pada aktivitas yang melibatkan organisasi pada aktivitas komunitas, seperti dukungan terhadap proses pendidikan dan sekolah, maupun memberikan donasi pada organisasi lokal. (Grunig & Hunt 1984)

17 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id empat aktivitas penting yang perlu dijalankan seorang public relations 1.membantu organisasi agar para pimpinannya memandang penting relasi dengan komunitas dan melihat pentingntya peran organisasi dalam komunitas. 2.membantu menyadarkan organisasi bahwa komunitas tidak hanya sekedar terdiri dari para investor (stockholder), namun mereka juga terdiri dari para stakeholders, yaitu karyawan, konsumen, pesaing, pemasok bahan, dan kelompok publik lain di mana hubungan perlu dikembangkan.

18 Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp Fax www.uajy.ac.id 3.meyakinkan organisasi bahwa evaluasi keberhasilan organisasi tidak hanya dari sisi finansial, namun juga dilihat dari aplikasi tanggung jawab sosial organisasi dan penerimaan komunitas. 4.Akhirnya, peran keempat dari public relations adalah mengembangkan budaya dan nilai organisasi, termasuk menanamkannya ke seluruh anggota organisasi, yang menjamin berlangsungnya hubungan dengan komunitas yang baik.


Download ppt "Jl. Babarsari 44 Yogyakarta 55281Telp. +62-274-487711 Fax. +62-274-487748www.uajy.ac.id Hubungan Komunitas Gregoria Arum Yudarwati."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google