Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 13 Team dan group. Berada dalam kelompok(group) merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari dan banyak dari kita akan menjadi milik berbagai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 13 Team dan group. Berada dalam kelompok(group) merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari dan banyak dari kita akan menjadi milik berbagai."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 13 Team dan group

2 Berada dalam kelompok(group) merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari dan banyak dari kita akan menjadi milik berbagai kelompok(group), misalnya: kelompok(group) keluarga, kelompok(group) sosial, kelompok(group) olahraga, komite, dll kelompok(group) yang telah dibentuk khusus untuk memenuhi beberapa tujuan, atau kelompok(group) yang bekerja bersama-sama dengan orang-orang yang memiliki pengalaman sama. Jenis kelompok(group) ini sering disebut sebagai sebuah tim.

3 DEFINISI A group is a collection of people with some common characteristics or purpose. Find more at: ml#ixzz2amZ1FEr8 ml#ixzz2amZ1FEr8

4 DEFINISI A team is generally more specific. Contoh :penumpang suatu maskapai penerbangan bukanlah sebagai sebuah tim, kecuali mereka jatuh di pulau terpencil dan diperlukan untuk bekerja sama untuk bertahan hidup. Perbedaannya adalah bahwa tim bekerja sama untuk tujuan bersama. Sekelompok(grup) anak sekolah mungkin di kelas yang sama, sedangkan tim sekolah dapat bekerja sama dalam sebuah proyek tertentu dalam kelas. grup tanpa tim tapi bukan tim tanpa grup.

5 Kelompok dapat terdiri dari sejumlah orang. Orang-orang dalam kelompok berinteraksi, terlibat dan mengidentifikasi satu sama lain, pada waktu yang teratur atau telah ditentukan dan tempat. Para anggota kelompok berbagi keyakinan, prinsip, dan standar tentang bidang yang menjadi kepentingan bersama dan mereka datang bersama-sama untuk bekerja pada tugas umum untuk tujuan dan hasil yang disepakati. Orang-orang dalam kelompok ditentukan oleh diri mereka sendiri dan oleh orang lain sebagai anggota kelompok, dengan kata lain individu menyadari bahwa mereka adalah bagian dari kelompok.

6 Grup meliputi: Orang-orang yang dapat mengidentifikasi satu sama lain. Berbagi ide, keyakinan dan / atau pengalaman. Orang yang sering dan teratur terlibat satu sama lain, menyepakati tujuan dan bekerja sama pada tugas-tugas bersama. Orang yang mengenali diri dan diakui oleh orang lain sebagai bagian dari kelompok.

7 JENIS GRUP Grup dapat secara formal, bersama-sama untuk tujuan tertentu, atau mungkin informal seperti kelompok keluarga, kelompok teman-teman atau rekan kerja. Macam/jenis grup : Kelompok kerja : formal, seperti tim, komite atau kelompok pelatihan, maupun informal mengatasi masalah ad-hoc(tertentu). Groups lingkungan : Contoh dari kelompok lingkungan bekerja sama untuk mengembangkan fasilitas lokal. Social Grup| kelompok Minat Khusus: Ini adalah kelompok yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan sektor tertentu (misalnya kelompok usia, jenis kelamin) atau kepentingan (misalnya musik atau olahraga). Contohnya termasuk Institut Perempuan dan Pramuka. Self-help Grup: kelompok tersebut sering didirikan untuk bekerja melalui emosi tertentu atau untuk memberikan dukungan bagi orang-orang dengan penyakit tertentu, misalnya membantu mengatasi kecanduan seperti Alcoholics Anonymous. Inter-Agency Groups: Ini dikembangkan antara lembaga / organisasi yang bekerja di bidang terkait untuk meningkatkan produk dan / atau jasa klien. Selain itu, membantu komunikasi dan mendirikan usaha patungan untuk mencegah duplikasi dan kebingungan. Tekanan Groups: Fungsi kelompok penekan adalah untuk menantang status quo, seringkali dengan menggunakan taktik tingkat tinggi untuk mendapatkan perhatian media untuk mencapai tujuan.

8 MENJADI PEMAIN TIM Saat ini model organisasi sudah bergeser dari kaya struktur menjadi kaya fungsi. Perubahan ini menuntut kerja sama yang tinggi di antara anggota organisasi, dan kerja sama ini ada dalam bentuk yang sangat besar atau dalam bentuk tim-tim yang kecil. Selain itu adanya perubahan pada pola interaksi bisnis, sebagai dampak dari pesatnya perkembangan teknologi informasi, membuat model komunikasi dan kerja sama antar sesama anggota organisasi juga telah bergeser. Jarak fisik bukan kendala lagi, dan interaksi global menuntut orang untuk memahami dan mempertimbangkan faktor budaya yang berbeda

9 Teknologi komunikasi juga menjadikan interaksi antar orang menjadi bukan hanya masalah fisik. Elektronik mail, internet, intranet, TV, Kabel TV, dan lainnya menjadikan interaksi antara anggota organisasi bukan masalah saling berhadapan muka, tetapi bagaimana masing- masing anggota memanfaatkan teknologi untuk saling berinteraksi

10 BENTUK TIM 1.Tim kerja : merupakan gabungan beberapa orang yang bekerja bersama-sama setiap hari, biasanya satu kantor, satu ruangan, satu lokasi yang sama, atau satu pekerjaan yang sama. 2.Tim bisnis : umumnya tidak spesifik menunjuk orang, melainkan sebuah tim yang merupakan gabungan dari beberapa unit kerja (cross-functional) 3. Tim Manajemen/eksekutif tim : merupakan kelompok manajemen yang mengelola satu kegiatan yang sama, atau kelompok manajemen yang akan menerima laporan yang sama.

11 PEMAIN TIM YANG EFEKTIF 1.Tim Yang Efektif 2.Ketua Tim Yang Efektif

12 Berikut ini adalah karakteristik yang perlu ada untuk membangun sebuah tim yang efektif:: Tujuan yang jelas· Fokus pada pencapaian hasil Rencana untuk mencapai tujuan· Pembagian peran dan tanggung jawab yang jelas· Komitmen untuk mencapai tujuan bersama· Anggota tim yang kompeten· Pengambilan keputusan berdasarkan konsensus· Setiap anggota tim memiliki peran yang berbeda· Kemampuan interpersonal yang efektif di antara anggota tim· Hubungan yang efektif dengan pemilik kepentingan (stakeholder)· Semangat kerja yang tinggi· Iklim hubungan yang bersifat informal· Dukungan dari manajemen· Keterbukaan pada ide-ide baru· Penilaian kinerja secara periodik· Pengakuan atau keberhasilan anggota tim· Kepemimpinan bersama· Ukuran tim yang relatif kecil· Sumber daya yang cukup

13 BERIKUT INI ADALAH KARAKTERISTIK DARI SEORANG PEMIMPIN ATAU KETUA TIM YANG EFEKTIF Memiliki keterampilan membimbing anggota timnya Memiliki rasa percaya diri Konsisten antara perkataan dan perbuatan Kreatif Memiliki kemampuan mendengarkan empatik Memiliki visi Memberikan inspirasi buat tim Memiliki integritas Fokus pada jangka panjang Memiliki keseimbangan antara kebutuhan individu dan kebutuhan tim Realistis Memiliki rasa kebanggaan dan keinginan untuk berhasil Memiliki kemampuan membuat prioritas Jujur Memiliki keahlian tehnik yang sesuai Dapat dipercaya dan mampu memercayai orang lain Memiliki keinginan untuk berbagi tanggung jawab Memiliki keinginan untuk berbagi keberhasilan

14 SELESAI


Download ppt "Pertemuan 13 Team dan group. Berada dalam kelompok(group) merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari dan banyak dari kita akan menjadi milik berbagai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google