Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : SUPARMUJI, S.Pd TUJUAN PEMBELAJARAN 1.Peserta didik dapat menunjukkan bagian- bagian sel. 2.Peserta didik dapat menjelaskan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : SUPARMUJI, S.Pd TUJUAN PEMBELAJARAN 1.Peserta didik dapat menunjukkan bagian- bagian sel. 2.Peserta didik dapat menjelaskan."— Transcript presentasi:

1 Oleh : SUPARMUJI, S.Pd

2 TUJUAN PEMBELAJARAN 1.Peserta didik dapat menunjukkan bagian- bagian sel. 2.Peserta didik dapat menjelaskan struktur bagian serta fungsinya.

3 BAGIAN-BAGIAN SEL Sel memiliki bagian-bagian utama, antara lain : 1.Membran Sel / Selaput Sel / Membran Plasma. 2.Sitoplasma / Cairan Sel 3.Nukleus / Inti Sel

4 MEMBRAN SEL Merupakan selaput tipis, dengan tebal sekitar antara 5 – 10 nm (1 nm = 1 x m). Tersusun atas LIPOPROTEIN, yaitu persenyawaan antara LEMAK dan PROTEIN. Dengan komposisi, 50% perbandingan antara keduanya. Lemak berupa fosfolipid (hidrifilik) dan sterol (hidropobik). Hal yang sama juga pada protein perifer (hidrofilik) dan protein integral (hidropobik).

5 ILUSTRASI MEMBRAN SEL

6 FUNGSI DARI MEMBRAN SEL Membran sel sebagai bagian terluar dari sebuah sel memiliki fungsi-fungsi antara lain : 1.Pelindung sel dari lingkungan yang tidak menguntungkan. 2.Tempat keluar masuknya zat. 3.Memberikan bentuk sel. 4.Tempat terjadinya reaksi kimia.

7 NUKLEUS Merupakan organ terbesar dari sel, dengan diameter 10 – 20 nm. Berperan sangat penting dalam kehidupan sel dan sintesa protein juga mengatur aktifitas serta reproduksi sel. Pada umumnya memiliki bentuk yang bulat dan lonjong. Dan setiap sel memiliki 1 atau 2 inti sel.

8 ILUSTRASI NUKLEUS

9 SITOPLASMA Bersifat KOLOID KOMPLEKS atau tidak padat tidak juga cair, sangat tergantung kondisi air dari sel. Tersusun dari air yang terlarut molekul-molekul, ion-ion dan partikel-partikel kecil yang transparan dengan ukuran 0,001 – 1 mikron. Berperan dalam transfortasi sel, memberi bentuk sel serta tempat organela-organela sel.

10 SITOPLASMA

11 ORGANELA SEL Di dalam sebuah sitoplasma, terdapat organela- organel yang masing-masing mempunyai fungsi dan perannya secara khusus. Antara lain : 1.Retikulum Endoplasma 2.Ribosom 3.Mitokondria 4.Badan/Aparatus Golgi 5.Vakuola

12 RETIKULUM ENDOPLASMA Berupa saluran-saluran dan tabung-tabung pipih, lebih tipis daripada membran plasma.Susunan kimia terdiri atas LIPOPROTEIN. Terbagi menjadi 2, yaitu : RE Kasar (granular) dan RE Halus (Agranular). Berperan dalam menghubungkan materi genetik dari nukleus ke sitoplasma, transfor protein dari ribosom dan sintesis fosfolipid, sterol dan glikolipid.

13 ILUSTRASI RETIKULUM ENDOPLASMA

14 RIBOSOM Merupakan struktur terkecil, dengan ukuran 17–20 mikron. Berfungsi sebagai organela sintesa protein, yang selanjutnya digunakan dalam pertumbuhan sel. Yang dapat berjumlah 25% bobot kering sel, dari sel yang aktif mengadakan sintesis protein. Terdapat pada sitoplasma atau menempel pada RE.

15 MITOKONDRIA Sebuah organela yang berperan dalam Respirasi Sel. Dari proses inilah dihasilkan sejumlah energi yang diperlukan oleh sel dalam bentuk ATP. Tersusun atas matriks (ruang) dan krista (lekukan), dengan ukuran antara 0,2 – 5 mikrometer. Proses pembentukan ATP, melalui 3 cara : Glikolisis, Siklus Krebs dan Transfor Elektron.

16 ILUSTRASI MITOKONDRIA

17 BADAN GOLGI Sekelompok kantong pipih yang membatasi membran. Ditemukan oleh Ilmuwan Italia (Camilio Golgi). Secara umum, berfungsi dalam : 1.Seksresi Sel 2.Membentuk dinding sel. 3.Menghasilkan lisosom. 4.Membentuk Akrosom pada Spermatozoa.

18 ILUSTRASI BADAN GOLGI

19 VAKUOLA Berbentuk cairan yang berisi enzim, lipid, alkoloid, garam mineral, asam dan basa. Pada Tumbuhan vakuola selalu ada, dan akan semakin besar jika semakin tua. Berperan dalam menyimpan zat makanan seperti sukrosa dan garam mineral, juga berfungsi sebgai tempat penimbunan sisa hasil metabolisme

20 ILUSTRASI VAKUOLA

21 TUGAS 1 Buatlah Makalah Deskripsi dari topik-topik permasalahan berikut : 1.MITOKONDRIA  Kelompok 1 2.RIBOSOM  Kelompok 2 3.MEMBRAN SEL  Kelompok 3 4.INTI SEL (NUKLEUS)  Kelompok 4 Buat dengan format eBOOK (PDF), lalu kirimkan ke

22 TUGAS 2 Buatlah Gambar Ilustrasi dari Tema-tema berikut : 1.STRUKTUR MEMBRAN SEL  Kel 1 2.STRUKTUR MITOKONDRIA  Kel 2 3.STRUKTUR RETIKULUM ENDOPLASMA  Kel 3 4.STRUKTUR NUKLEUS  Kel 4 Gambar dibuat pada kertas Karton dan berilah keterangan pada setiap gambar.


Download ppt "Oleh : SUPARMUJI, S.Pd TUJUAN PEMBELAJARAN 1.Peserta didik dapat menunjukkan bagian- bagian sel. 2.Peserta didik dapat menjelaskan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google