Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Keamanan Komputer Pertemuan ke 6 Hendra Di Kesuma, S.Kom., M.Cs. Sistem Informasi STMIK “BINA NUSANTARA JAYA”

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Keamanan Komputer Pertemuan ke 6 Hendra Di Kesuma, S.Kom., M.Cs. Sistem Informasi STMIK “BINA NUSANTARA JAYA”"— Transcript presentasi:

1 Keamanan Komputer Pertemuan ke 6 Hendra Di Kesuma, S.Kom., M.Cs. Sistem Informasi STMIK “BINA NUSANTARA JAYA”

2 Review Tipe-tipe program jahat (Devil Program): Bacteria Logic bomb Trapdoor Trojan Horse Virus worm

3 Review Antivirus Solusi ideal terhadap virus adalah pencegahan. Setelah pencegahan, maka pendekatan selanjutnya adalah : ◦Deteksi Tentukan apakah infeksi memang telah terjadi dan cari lokasi virus. ◦Identifikasi Identifikasi virus yang menginfeksi program. ◦Penghilangan Hilangkan semua jejak dari program yang terinfeksi dan program dikembalikan ke semula

4 Steganography Apa itu Steganography?? Berasal dari Bahasa Yunani, yaitu steganos yang berarti penyamaran atau penyembunyian dan graphein yang berarti tulisan. Jadi, steganography adalah seni menyamarkan atau menyembunyikan pesan tertulis ke dalam pesan lainnya.

5 Teknik Steganography Menandai karakter : menulis ulang pesan yang dipilih menggunakan pensil. Tanda yg ditulis diatas kertas tidak akan kelihatan kecuali bila dipegang atau diterawang di bawah sinar. Tinta yang tidak kelihatan : menulis pesan menggunakan tinta khusus sehingga pesan yang ditulis tidak bisa dilihat, kecuali dengan bahan kimia tertentu.

6 Teknik Steganography Pin Puncture : melubangi pesan yang dikirim menggunakan atau alat tertentu sehingga jika dilihat sekilas tdk terlihat adanya lubang pada pesan tsb. Pesan bisa dibaca kecuali menggunakan lampu dengan sudut tertentu Menipulasi pita pada mesin ketik : menggunakan garis antara dengan pita hitam yang menghasilkan tulisan yg tdk bisa dilihat kecuali menggunakan sorotan lampu yang benar-benar kuat.

7 Teknik Steganography Menulis pesan diatas panel kayu yg kemudian disembunyikan dg cara melapisinya dengan lilin untuk menutupinya yg dikenal dg istilah wax tablets. Menurut sejarah, metode ini pernah dilakukan oleh Demeratus pada tahun 400 SM.

8 Steganography VS Cryptography Secara mendasar, crpytography adalah pengacakan suatu pesan shg artinya tidak mudah dimengerti, sedangkan steganography adalah menghilangkan pesan shg pesan tsb tidak dapat dilihat. Cryptography melakukan proses pengacakan dataasli shg dihasilkan data terenkripsi yg benar- benar acak dan berbeda dg aslinya. Steganography menyembunyikan data dalam data lain dg cara menumpanginya tanpa mengubah data yang ditumpangi shg tampilannya tetap sama.

9 Steganography VS Cryptography Perbedaan antara Steganography dan Cryptography SteganographyCryptography Menyembunyikan pesan pada pesan lainnya, dan tampak seperti normal grafik, video atau file suara. Pesan disembunyikan dg menggunakan enkripsi, shg tidak memiliki arti Disimpan dalam bentuk koleksi gambar, video file, sound file di dalam harddisk, disket, CD, DVD, Flash Disk shg tdk mencurigakan Disimpan dalam bentuk koleksi karakter acak pada harddisk, disket, CD, DVD, USB, dan FD shg menimbulkan kecurigaan Seorang eavesdropper bisa mendeteksi sesuatu yg berubah pada format pesan (seperti teks ke graphic Images) Seorang Eavesdropper bisa mendeteksi komunikasi rahasia dari pesan yang sudah di encode-kan Memerlukan kewaspadaan ketika menggunakan kembali gbr atau soundfile Memerlukan kewaspadaan ketika menggunakan kembali kunci yang pernah digunakan

10 Steganography VS Cryptography Perbedaan antara Steganography dan Cryptography SteganographyCryptography Tidak ada asosiasi hukum pada steganography Ada beberapa asosiasi hukum untuk cryptography Kerahasiaan tergantung pada media dan teknik yang akan ditumpangi Kerahasiaan tergantung dari algoritma dan kunci yang akan digunakan Berbasis multimediaBerbasis huruf dan angka

11 Contoh Steganography Microdot Adalah ukuran foto yang telah diperkecil dg diameter 1mm. Populer pada perang dunia kedua. Foto atau gambar yg sudah diperkecil ditempel pada gambar yang lain shg tdk mungkin dilihat mata telanjang

12 Contoh Steganography Semagrams Adalah simbol yang memiliki makna. Semagram berasosiasi dg konsep dan tdk menggunakan tulisan utk menyembunyikan pesan.

13 Contoh Steganography Null Ciphers Adalah suatu pesan yang tdk dienkripsi. Pesan yang sebenarnya terletak pada pesan yang telah dimanipulasi. Pesan yg dikirim memiliki karakter yg sangat byk dan memiliki arti lain. Kerahasiaan pesan terletak pada kode yg hanya diketahui oleh pengirim dan penerima. Dengan begitu, pesan yang sebenarnya tidak bisa dideteksi karena tulisan yg ada memiliki makna tersendiri.

14 Contoh Steganography Null Ciphers Contoh : News Eight Weather: Tonight increasing snow. Unexpected precuoutatuib snitgers eastern towns. Be extremely cautions and use snowtires especially heading east. The highways are knowingly slippery. Highway evacuation is suspected. Police report emergency situations in downtown ending near Tuesday. Isi pesan sebenarnya adalah : Newt is upset because he thinks he is President.

15 Contoh Steganography Anamorphosis Adalah teknik dalam gambar atau pembuatan gambar. Gambar dapat dilihat dari sudut tertentu. Dalam teknik ini digunakan juga steganography dalam manipulasi gambar. Jadi setiap orang yang melihat gambar akan memiliki persepsi yang berbeda.

16 Contoh Steganography Anamorphosis Contohnya :

17 Contoh Steganography Anamorphosis Contohnya :

18 Contoh Steganography Newspaper Code Selama era Victorian, surat kabar (koran) sudah bebas digunakan dan dikirimkan. Kelas masyarakat miskin menggunakan kertas koran utk menyampaikan pesan. Cara yg digunakan sangat sederhana, yakni dg membuat lubang-lubang kecil pd kertas koran tsb.


Download ppt "Keamanan Komputer Pertemuan ke 6 Hendra Di Kesuma, S.Kom., M.Cs. Sistem Informasi STMIK “BINA NUSANTARA JAYA”"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google