Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ekonomi Sumberdaya Agraria SUWARDI Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, IPB Sumberdaya lahan: perkembangan, kelangkaan, dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ekonomi Sumberdaya Agraria SUWARDI Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, IPB Sumberdaya lahan: perkembangan, kelangkaan, dan."— Transcript presentasi:

1 Ekonomi Sumberdaya Agraria SUWARDI Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, IPB Sumberdaya lahan: perkembangan, kelangkaan, dan lingkungan

2 Materi Kuliah 1. Sumberdaya lahan: perkembangan, kelangkaan, dan lingkungan. 2. Pengelolaan jangka panjang dan konservasi sumberdaya lahan. 3. Perencanaan pemanfaatan sumberdaya lahan.

3 Sumberdaya Lahan Sumberdaya lahan terdiri dari sumberdaya kebumian (geo resources) dan sumberdaya hayati (bio-resources) Sumberdaya lahan terdiri dari sumberdaya kebumian (geo resources) dan sumberdaya hayati (bio-resources) Sumberdaya kebumian mencakup, tanah, air, batuan dan mineral dan dinamika proses- proses dan interaksi yang terjadi. Sumberdaya kebumian mencakup, tanah, air, batuan dan mineral dan dinamika proses- proses dan interaksi yang terjadi. Sumberdaya kebumian penting diketahui karena merupakan dasar (platform) sistem lingkungan hidup dan menentukan berbagai parameter sumberdaya fisik lainnya. Sumberdaya kebumian penting diketahui karena merupakan dasar (platform) sistem lingkungan hidup dan menentukan berbagai parameter sumberdaya fisik lainnya.

4 Sumberdaya lahan Sumberdaya hayati terdiri dari flora dan fauna sebagai sumber pangan, papan, obat-obatan, dan energi. Sumberdaya hayati terdiri dari flora dan fauna sebagai sumber pangan, papan, obat-obatan, dan energi. Sumberdaya hayati juga penting diketahui karena dinamika yang terjadi di permukaan bumi ini ditunjukkan oleh dinamika kehidupan Sumberdaya hayati juga penting diketahui karena dinamika yang terjadi di permukaan bumi ini ditunjukkan oleh dinamika kehidupan Kedua kelompok sumberdaya ini saling berinteraksi membentuk suatu keseimbangan yang dinamis. Kedua kelompok sumberdaya ini saling berinteraksi membentuk suatu keseimbangan yang dinamis. Terdapat hubungan yang erat antara flora, fauna dan manusia dalam rantai makanan. Terdapat hubungan yang erat antara flora, fauna dan manusia dalam rantai makanan. Manusia sebagai kunci pengelolaan sumberdaya agraria karena dapat merusak dan memperbaiki sumberdaya. Manusia sebagai kunci pengelolaan sumberdaya agraria karena dapat merusak dan memperbaiki sumberdaya.

5 Untuk melihat file lengkapnya silahkan menghubungi kami di


Download ppt "Ekonomi Sumberdaya Agraria SUWARDI Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, IPB Sumberdaya lahan: perkembangan, kelangkaan, dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google