Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Enskripsi. Pengertian  Salah satu untuk menjamin rahasia data dan informasi dlam komunikasi  enskripsi  Sandi, kode,  Merupakan proses untuk mengubah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Enskripsi. Pengertian  Salah satu untuk menjamin rahasia data dan informasi dlam komunikasi  enskripsi  Sandi, kode,  Merupakan proses untuk mengubah."— Transcript presentasi:

1 Enskripsi

2 Pengertian  Salah satu untuk menjamin rahasia data dan informasi dlam komunikasi  enskripsi  Sandi, kode,  Merupakan proses untuk mengubah pesan atau informasi sehingga tidak dapat terlihat / terbaca tanpa menggunakan kunci pembuka.  Melindungi data / informasi agar tidak terlihat oleh orang yang tidak berhak.

3 Masalah kerahasiaan  Julius Caesar  salah satu orang yang pertama kali menggunakan enskripsi dengan metoda substitusi. Pesan ini hanya dapat dibaca oleh para jendralnya  CAESAR CIPHER.  e-commerce sangat intensif memanfaatkan kripto ini. Paket lalulintas data di-enskrip, walaupun dapat ditangkat tetatpi tidak dapat dibacanya.  Juga digunakan untuk memverivikasi perangkat lunak yang di-download, bahwa data yang diambil tersebut adalah asli.

4 Informasi / pesan Informasi / pesan Plaintext Plaintext Chipertext Chipertext Encription Decription

5 Prinsip enksripsi konvensional

6 Enskripsi  Menggunakan rumus matematika  Hubungan simbiosis: Algoritma; Key; Data teks asli; Ciphertext.

7 Kategori enskripsi  Kunci rahasia Sebuah kunci digunakan untuk mengenskripsi dan mendeskripsikan informasi.  Kunci enskripsi publik Dua buah kunci yang digunakan, satu untuk proses enskripsi dan yang lain untuk proses deskripsi.  Fungsi one-way Berfungsi satu arah; Informasi yang dienskripsi untuk signature dari yang asli; Untuk keperluan autentikasi.

8 Fungsi  Confidentiality Mengamankan data dengan mengacak data sehingga sulit untuk dibaca  Integrity Meyakinkan tidak ada perubahan data  Authentication Memastikan identitas seseorang dengan digital signature

9 Model-model enkripsi  Enkripsi dengan Kunci Pribadi Simple substitution cipher Caesar cipher Vigenere cipher Enigma cipher Letter map Transportation cipher Data encrytption standart (DES) Triple DES Rivest code 2 (RC 2) dan Rivest code 4 (RC 4) Skipjack Blowfish Gost blok cipher  Enkripsi dengan Kunci Publik Sistem Diffe Hellman RSA PGP

10 ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ A ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ B BCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZA C CDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZAB D DEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZABC E EFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZABCD F FGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZABCDE G GHIJKLMNOPQRSTUVWXYZABCDEF H HIJKLMNOPQRSTUVWXYZABCDEFG I IJKLMNOPQRSTUVWXYZABCDEFGH J JKLMNOPQRSTUVWXYZABCDEFGHI K KLMNOPQRSTUVWXYZABCDEFGHIJ L LMNOPQRSTUVWXYZABCDEFGHIJK M MNOPQRSTUVWXYZABCDEFGHIJKL N NOPQRSTUVWXYZABCDEFGHIJKLM O OPQRSTUVWXYZABCDEFGHIJKLMN P PQRSTUVWXYZABCDEFGHIJKLMNO Q QRSTUVWXYZABCDEFGHIJKLMNOP R RSTUVWXYZABCDEFGHIJKLMNOPQ S STUVWXYZABCDEFGHIJKLMNOPQR T TUVWXYZABCDEFGHIJKLMNOPQRS U UVWXYZABCDEFGHIJKLMNOPQRST V VWXYZABCDEFGHIJKLMNOPQRSTU W WXYZABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUV X XYZABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVW Y YZABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWX Z ZABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXY Tabel Vigenere Kata kunci : RELATIONS Plain text : MID SEMESTER MINGGU DEPAN Susunan: RELAT IONSR ELATI ONSRE LA MIDSE MESTE RMING GUDEP AN Cara mencari Chipertext-nya Kata Kunci: RELAT IONSR ELATI ONSRE LA Plain text : MIDSE MESTE RMING GUDEP AN Chipertext : DMOSX USFLV VXIGO UHVVT LN

11 Kelemahan  Penanganan yang salah atau kesalahan manusia  Kekurangan dalam cipher  Serangan brute force

12 Penanganan yang salah  Memilih metode enskripsi, pastikan bahwa infrastruktur yang dimiliki telah benar, untuk mengadministrasikan key dengan cara yang benar pula.  Harus dapat membuat cukup banyak key yang unik untuk mengimbangi kebutuhan enskripsi data.  Jika menggunakan sebuah secret key cipher biasa, pastikan telah memilih metode yang aman untuk pertukaran informasi diantara host-host.  Jangan mengirimkan secret key cipher melalui kanal yang tidak aman.  Pastikan public key yang digunakan untuk enskripsi data telah diterima dari sumber yang benar, untuk itu lakukan validasi public key tersebut, seperti via telepon.

13 Kelemahan cipher  Merupakan tugas yang paling sulit untuk cryptographer  Cara memastikan enskripsi aman: Rumus matematika algoritma enskripsi harus sudah menjadi pengetahuan publik, jika algoritma yang masih rahasia mungkin memiiki kelemahan yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan cracking; Algoritma enskripsi sudah melalui pemeriksaan teliti oleh publik. Analisanya tidak dibatasi oleh perjanjian rahasia dan tidak tergantung kepada persetujuan cryptographer  kesepakatan merahasiakan algoritma kepada publik. Algoritma enskripsi harus tersedia kepada publik untuk sebuah jangka waktu yang lama, bahwa analisis telah dilakukan. Analisa publik tersebut tidak menghasilkan kelemahan- kelemahan.  Panduan diatas, anda membuat perkiraan yang baik mengenai keamana relatif untuk sebuah agoritma enskripsi.

14 Serangan brute force  Upaya yang dilakukan untuk mencoba semua kombinasi cipher key agar mendapatkan key untuk membuka chipertext.  Metode ini disebut juga exhaustive key search (pencarian key dengan semua kemungkinan)  Rata-rata algoritma enskripsi vulnerabe dengan serangan ini.  Serangan ini membutuhkan waktu: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencoba sebuah key; Berapa banyak kombinasi key yang digunakan.  Perhatikan tabel selanjutnya…..

15 Waktu untuk exhaustive key search (brute force) Ukuran Key (bit) Jumlah key alternatifWaktu yang dibutuhkan untuk 10 6 deskripsi /µs = 4.3 x milliseconds = 7.2 x jam = 3.4 x x years = 3.7 x x years Untuk standar masa depan  256, berapa jumah key alternatif dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuka?

16 Tujuan  Melindungi data dari pengintaian  Melindungi data dari perubahan


Download ppt "Enskripsi. Pengertian  Salah satu untuk menjamin rahasia data dan informasi dlam komunikasi  enskripsi  Sandi, kode,  Merupakan proses untuk mengubah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google