Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BIDANG STUDI ILMU EKONOMI PERTEMUAN 1. 22 Ekonomi Kata Ekonomi berasal dari sebuah kata dalam bahasa Yunani “pihak yang mengelola rumah tangga.” Berkembang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BIDANG STUDI ILMU EKONOMI PERTEMUAN 1. 22 Ekonomi Kata Ekonomi berasal dari sebuah kata dalam bahasa Yunani “pihak yang mengelola rumah tangga.” Berkembang."— Transcript presentasi:

1 BIDANG STUDI ILMU EKONOMI PERTEMUAN 1

2 22 Ekonomi Kata Ekonomi berasal dari sebuah kata dalam bahasa Yunani “pihak yang mengelola rumah tangga.” Berkembang sejak tahun Adam Smith (Bapak Ekonomi), Ekonom Inggris. “An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations”

3 33 Masalah ekonomi dan kebutuhan membuat pilihan Membuat keputusan tentang cara terbaik untuk melakukan suatu kegiatan ekonomi Kegiatan Ekonomi merupakan kegiatan seseorang atau suatu perusahaan atau suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengkonsumsi (menggunakan)barang dan jasa tersebut. Alternatif yang terbaik.

4 44 Masalah Ekonomi Masalah Pokok Perekonomian Kekurangan atau Kelangkaan (scarcity) Kebutuhan Masyarakat Faktor Produksi Barang dan Jasa Kebutuhan Tak terbatas

5 55 Kekurangan atau Kelangkaan (scarcity) Kebutuhan Masyarakat Faktor-faktor Produksi

6 66 Kebutuhan Masyarakat Barang dan Jasa Kebutuhan tak Terbatas Keinginan disertai Kemampuan Membeli Permintaan Efektif Keinginan tidak disertai Kemampuan Membeli

7 77 Barang Ekonomi Barang Cuma-cuma Barang Konsumsi Barang Modal Barang Akhir Barang Setengah Jadi Berdasarkan Kepentingan Berdasarkan Penggunaan Barang Inferior Barang Esensial Barang Normal Barang Mewah Barang Pribadi Barang Publik

8 8 Sumber Daya Menghasilan Produk dan Jasa Faktor-faktor Produksi Sumber Daya Alam Natural Resources Kewiraswastaan Entreprenuership Modal Capital Sumber Daya Manusia Human Resources Tenaga kerja kasar Tenaga kerja terampil. Tenaga kerja terdidik.

9 99 Keterbatasan Kemampuan Memproduksi Faktor-faktor produksi yang ada di dalam masyarakat relatif terbatas. Kemampuan untuk memproduksi barang dan jasa jauh lebih rendah dari pada jumlah keinginan masyarakat.

10 10 Membuat pilihan untuk memaksimalkan kesejahteraan. Pilihan dalam mengkonsumsi. Pilihan dalam memproduksi. Masalah memebuat pilihan dalam kegiatan pemerintah: Mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang cepat dan tepat. Mengatasi masalha pengangguran. Menaikan taraf hidup. Menyamaratakan pendapatan.

11 11 Ilmu Ekonomi suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumberdaya terbatas – tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang & jasa serta mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada bergabagai individu dan golongan masyarakat (Prof. Paul. A. Samuelson)

12 12 Kajian bagaimana masyarakat menggunakan sumberdaya langka untuk memproduksi komoditi-komoditi berharga & mendistribusikannya pada masyarakat luas. Studi tentang bagaimana masyarakat mengelola berbagai sumberdaya yang selalu terbatas atau langka.

13 13 Analisa Ekonomi Ekonomi Deskriptif. Teori Ekonomi. Ekonomi Terapan (Applied economics).

14 14 Analisis Positif versus Normatif uPernyataan Positif, pernyataan yang mencoba menjelaskan dunia sebagaimana adanya.. uPernyataan Normatif, pernyataan yang mencoba menunjukkan dunia seharusnya.

15 15 Sifat-sifat Teori Ekonomi Variabel-variabel. Asumsi.Hipotesis. Membuat ramalan.

16 16 Alat-alat Analisa Ilmu Ekonomi 1.Peranan Grafik. Sifat-sifat grafik. Hubungan antar variabel. 2.Peranan Ilmu statistik Angka indeks Indeks harga. Indeks produksi. Menguji kebenaran teori-teori ekonomi. 3.Peranan Ahli Ekonomi Menentukan tujuan yang ingin dicapai. Menentukan cara untuk mencapai tujuan tersebut.

17 17 Teori Mikroekonomi dan Makroekonomi Mikroekonomi memfokuskan atas individu dalam perekonomian. Bagaimana rumah tangga & perusahaan membuat keputusan dan bagaimana mereka berinteraksi di pasar. Makroekonomi melihat perekonomian secara keseluruhan. Mengkaji fenomena perekonomian secara luas, termasuk inflasi, pengganguran, dan pertumbuhan ekonomi.

18 18 Teori Mikroekonomi Tiga persoalan: Jenis-jenis barang dan jasa apa yang perlu diproduksi? Bagaimana barang dan jasa yang diperlukan masyarakat dihasilkan? Untuk siapa barang dan jasa yang diproduksi?

19 19 Aspek-aspek Mikroekonomi: Interaksi di pasar barang. Tingkah laku penjual dan pembeli. Interaksi di pasaran faktor.

20 20 Teori Makroekonomi Penentuan kegiatan perekonomian. Masalah pengangguran dan inflasi. Peranan kebijakan pemerintah.

21 21 Sistem Ekonmi dan Pola Kegiatan Ekonomi

22 22 Sistem Ekonomi Dapat dibedakan menjadi 3 bagian besar, 1.Ekonomi Pasar. Interaksi antara pembeli dan penjual. 2.Ekonomi Campuran. Adanya campur tangan pemerintah. 3.Ekonomi Perencanaan Pusat. Sepenuhnya dilakukan oleh pemerintah

23 Sistem ekonomi pasar dikemukakan oleh Adam Smith yang dimuat dalam bukunya yang berjudul An Inquiry Into the Nature and Causes of the wealth of Nation. Ciri sistem ekonomi pasar adalah sebagai berikut : a)Setiap individu bebas memiliki barang dan alat-alat produksi. b)Kegiatan ekonomi di semua sektor dilakukan oleh pihak swasta. c)Pemerintah tidak ikut campur tangan dalam kegiatan ekonomi. d)Modal memegang peranan penting dalam kegiatan ekonomi. e)Setiap orang diberi kebebasan dalam memakai barang dan jasa f)Semua kegiatan ekonomi didorong oleh prinsip laba. g)Berlakunya persaingan secara bebas.

24 Kebaikan sistem ekonomi pasar adalah : Adanya persaingan mendorong manusia atau individu untuk terus maju dan bertindak secara efektif dan efisiien. Tiap-tiap individu bebas memilih pekerjaan yang disukai sesuai dengan minat dan bakatnya. Produksi didasarkan atas kebutuhan masyarakat. Kebebasan memilih alat-alat produksi dan modal.

25 Keburukan sistem ekonomi pasar adalah : Persaingan dapat menyebabkan terjadinya penindasan dan monopoli. Karena motif memperoleh laba, tiap-tiap individu hanya mementingkan diri sendiri sehingga pemerataan pendapatan sulit dicapai atau tidak merata. Sulit menghindarkan naik turunnya kehidupan ekonomi sehingga krisis ekonomi lebih mungkin sering terjadi. Timbulnya dampak imbasan.

26 Sistem Ekonomi Terpusat Merupakan sisstem dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian. Pada sistem ini pemerintah menentukan barang dan jasa apa yang akan diproduksi, dengan cara atau metode bagaimana barang tersebut diproduksi, serta untuk siapa barang tersebut diproduksi. Ciri dari sistem ekonomi pasar adalah : 1)Semua alat dan sumber-sumber daya dikuasai pemerintah 2)Hak milik perorangan tidak diakui 3)Tidak ada individu atau kelompok yang dapat berusaha dengan bebas dalam kegiatan perekonomian 4)Kebijakan perekonomian diatur sepenuhnya oleh pemerintah Kebaikan dari sistem ekonomi terpusat adalah: 1. Pemerintah lebih mudah mengendalikan inflasi, pengangguran dan masalah ekonomi lainnya 5)Pasar barang dalam negeri berjalan lancar 6)Pemerintah dapat turut campur dalam hal pembentukan harga 7)Relatif mudah melakukan distribusi pendapatan 8)Jarang terjadi krisis ekonomi

27 Kelemahan dari sistem ekonomi terpusat 1.Mematikan inisiatif individu untuk maju 2.Sering terjadi monopoli yang merugikan masyarakat 3.Masyarakat tidak memiliki kebebasan dalam memilih sumber daya

28 Ekonomi campuran Merupakan gabungan dari sistem ekonomi pasar dan terpusatMerupakan gabungan dari sistem ekonomi pasar dan terpusat Barang modal dan sumber daya yang vital dikuasai oleh pemerintahBarang modal dan sumber daya yang vital dikuasai oleh pemerintah Pemerintah dapat melakukan intervensi dengan membuat peraturan, - menetapkan kebijakan fiskal, moneter, membantu dan mengawasi kegiatan swasta.Pemerintah dapat melakukan intervensi dengan membuat peraturan, - menetapkan kebijakan fiskal, moneter, membantu dan mengawasi kegiatan swasta. Peran pemerintah dan sektor swasta berimbangPeran pemerintah dan sektor swasta berimbang Penerapan sistem ekonomi campuran akan mengurangi berbagai kelemahan dari sistem ekonomi pasar dan komando dan ditujukan untuk meningkatkan - kesejahteraan rakyat.Penerapan sistem ekonomi campuran akan mengurangi berbagai kelemahan dari sistem ekonomi pasar dan komando dan ditujukan untuk meningkatkan - kesejahteraan rakyat.

29 29 Perekonomian Subsisten Produksi dan Perdagangan dalam Perekonomian Subsisten Produksi untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Tingkat produktivitas relatif rendah, tingkat produksi untuk kehidupan sederhana. Perdagangan Barter. Pertukaran barang dengan barang yang bersifat wujud atau Double coincidence of wants. Pola Perdagangan Subsisten. Uang digunakan sebagai alat perantara dalam tukar menukar.

30 30 Perekonomian Uang Pola Kegiatan Ekonomi dalam Perekonomian Uang Ciri-ciri Perekonomian Uang. Suatu perekonomian yang menggunakan uang dalam kegiatan perdagangan. Penggunaan uang memungkinkan adanya spesialisasi. Spesialisasai dan Perdagangan. - Wujudnya uang sebagai alat tukar akan melancarkan perdagangan - Perdagangan lancar dapat meningkatkan spesialisasi dalam pekerjaan.

31 31 Spesialisasi dan Perdangan dalam Perekonomian Uang PETANI (Makanan) TUKANG KAYU (Alat rumah tangga) TUKANG JAHIT (Pakaian)

32 32 Kebaikan Spesialisasi: 1.Mempertinggi efisiensi penggunaan faktor produksi. 2.Mempertinggi efisiensi memproduksi (economies of scale). 3.Mendorong perkembangan teknologi.

33 33 Pelaku Kegiatan Ekonomi: Pemerintah Rumah Tangga Perusahaan

34 34 Sirkulasi Aliran Pendapatan PERUSAHAAN RUMAH TANGGA Pengeluaran (Perbelanjaan) Barang dan Jasa Faktor-faktor produksi Gaji dan upah, bunga, sewa, untung

35 35 Dalam perekonomian akan wujud dua aliran, baik dari sisi permintaan maupun penawaran: Aliran barang Aliran uang

36 36 Sirkulasi Aliran Pendapatan dan Ekonomi Pasar P Q S D P Q S D (i) Pasar Barang (ii) Pasar Faktor PERUSAHAAN RUMAH TANGGA Aliran (1) Aliran (2) Aliran (3)Aliran (4)

37 37 Interaksi antara Sektor Rumah Tangga dan Perusahaan: Jenis-jenis barang dan jasa yang perlu diproduksi. (Kualitas) Jumlah produksi dari masing-masing barang dan jasa tersebut. (Kuantitas)

38 38 Aliran 1, penawaran berbagai jenis barang dan jasa oleh sektor perusahaan. Aliran 2, permintaan berbagai jenis barang dan jasa oleh sektor rumah tangga. Interaksi ini akan menentukan: Jenis-jenis barang dan jasa yang harus diproduksi. Tingkat harga dari masing-masing barang tersebut. Tingkat produksi masing-masing barang tersebut.

39 39 Aliran 3, permintaan faktor-faktor produksi oleh sektor perusahaan. Aliran 4, penawaran faktor-faktor produksi oleh sekotr rumah tangga. Interaksi ini akan menentukan: Berapakah modal sebaiknya digunakan? Berapakah dan bagaimanakah sebaiknya susunan tenaga kerja yang sebaiknya digunakan? Berapakah dan bagaimanakah jenis tanah yang diperlukan? Tenaga ahli dan tenaga manajemen yang bagaimanakah yang diperlulkan?

40 40 Mekanisme Pasar Kebaikan Mekanisme Pasar: Pasar dapat memberi informasi yang tepat. Pasar memberikan perangsang untuk mengembangkan kegiatan. Pasar memberi perangasang untuk memperoleh keahlian modern. Pasar menggalakkan penggunaan barang dan faktor produksi secara efisien. Pasar memberikan kebebasan yang tinggi kepasa masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi.

41 41 Kelemahan Mekanisme Pasar: Kebebasan yang tidak terbatas menindas golongan-golongan tertentu. Kegiatan ekonomi sangat tidak stabil kegiatannya. Sistem pasar dapat menimbulkan monopoli. Mekamisme pasar tidak dapat menyediakan beberapa jenis barang secara efisien. Kegiatan konsumen dan produsen mungkin menimbulkan eksternalitas yang merugikan

42 42 PEMERINTAH Tujuan Campur Tangan Pemerintah: Menjamin agar kesamaan hak untuk setiap individu tetap wujud dan penindasan dapat dihindarkan. Menjaga agar perekonomian dapat tumbuh dan mengalami perkembangan yang teratur dan stabil. Mengawasi kegiatan-kegiatan perusahaan besar yang dapat mempengaruhi pasar. Menyediakan barang bersama. Mengawasi agar eksternalitas kegiatan ekonomi yang merugikan dapat dihindari atau dikurangi.

43 43 Bentuk-bentuk Campur Tangan Pemerintah: Membuat Peraturan-peraturan. Menjalankan Kebijakan Fiskal dan Moneter. Melakukan kegiatan Ekonomi Secara Langsung.

44 Soal Diskusi 1.Mengapa sistem barter sudah jarang digunakan dalam perekonomian ? 2.Pikirkanlah sebuah produk, kemudian lakukanlah analisa dengan menggunakan siklus keterkaitan antara pelaku ekonomi 3.Menurut anda, apakah pemerintah perlu ikut mengatur kegiatan ekonomi yang ada? 44


Download ppt "BIDANG STUDI ILMU EKONOMI PERTEMUAN 1. 22 Ekonomi Kata Ekonomi berasal dari sebuah kata dalam bahasa Yunani “pihak yang mengelola rumah tangga.” Berkembang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google